Minggu, Mei 5

KOMUNIKASI MELAHIRKAN JIWA PEMIMPIN

Dibuat Oleh : @M18-NOFIYANTO

ABSTRACT
In the group or organization, there is a form of leadership that become  an important thing  for the running of  life group, it is consisted of superiors and unsuperiors. Between the two sides there should be a two way communication (two-way communication) or reciprocal communication to achieve the goals and ideals of the group or organization. Deal with  the leadership, so  the good communication is very important because it is owned by a leader. It is deal with to his duty to influence, guide, direct, encourage members to perform certain activities in order to achieve the stated goals and effectiveness in leadership.
Related to leadership, good communication is very important to be owned by a leader because it is related to his duty to influence, guide, direct, encourage members to perform certain activities in order to achieve the established goals and achieve effectiveness in leadership, planning, control, coordination, conflict management as well as other organizational processes.
John. W. Gardner said, "If I were to call a versatile leadership instrument, my answer was communication." It means that communication has a very vital role in various aspects of life especially in leadership.
Kata Kunci: Kepemipinan dan komunikasi


PENDAHULUAN
Komunikasi merupakan suatu proses interaksi antara sesama makhluk tuhan baik dengan menggunakan symbol – symbol, sinyal – sinyal, maupun perilaku, dan tindakan. Komunikasi melibatkan dua orang atau lebih dengan menggunakan cara – cara berkomunikasi yang biasa dilakukan oleh seseorang seperti melalui lisan, tulisan, maupun tuisan non-verbal. Pada saat ini komunikasi yang efektif berpengaruh terhadap proses kewirausahaan untuk mencapai kesuksesan dan keberhasilan menjual produk-produknya, serta memperluas relasi terhadap pihak eksternal meliputi investor, pemegang saham, konsumen, dan relasi lainnya.
Komunikasi yang tidak efektif sering menimbulkan berbagai masalah yang kemudian berpengaruh terhadap aktivitas bisnis tersebut. Solusi untuk menciptakan keharmonisan berbisnis antara konsumen dan pihak kerjasama adalah dengan berkomunikasi secara efektif yang terdapat aturan-aturan didalamnya seperti etika. Pandai berkomunikasi dapat melahirkan seorang pemimpin, karena  pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang mampu  berkomunikasi dengan baik kepada siapa saja.
Pemimpin yang dapat mempresentasikan produknya dengan baik akan memberikan kepercayaan kepada konsumen. Konsumen akan merasa puas terhadap proses produksi dan kualitas produknya. Meningkatnya kualitas pemimpin menunjukkan bahwa pemimpin tersebut lebih profesional menyikapi bisnisnya.
MASALAH
Banyak masalah yang kita temui tentang pemimpin yang tidak menciptakan komunikasi yang baik dengan para anggotanya. Banyak diantara mereka yang semena-mena dengan jabatan yang mereka miliki. Sehingga terkadang menciptakan problem diantaranya yaitu menurunnya produktifitas pekerja, sehingga tidak tercapainya tujuan yang kita inginkan.
PEMBAHASAN
Komunikasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalahpengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Komunikasi didefinisikan sebagai proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan.
Komunikasi kepemimpinan adalah proses komunikasi yang dilakukan pemimpin (sebagai komunikator) kepada bawahan organisasinya (sebagai komunikan).
 GAYA KEPEMIMPINAN
1.    Gaya Kepemimpinan Kharismatis
Gaya kepemimpinan kharismatis adalah gaya kepemimpinan yang mampu menarik atensi banyak orang, karena berbagai faktor yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang merupakan anugerah dari Tuhan. Gaya kepemimpinan kharismatis bisa efektif jika : Mereka belajar untuk berkomitmen, sekalipun seringkali mereka akan gagal. Dan Mereka menempatkan orang-orang untuk menutupi kelemahan mereka, dimana kepribadian ini berantakan dan tidak sistematis.

2.    Gaya Kepemimpinan Otoriter
Gaya kepemimpinan otoriter adalah gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Pemimpin yang menjalankan gaya kepemimpinan ini juga berperan sebagai pengawas terhadap semua aktivitas anggotanya dan pemberi jalan keluar bila anggota mengalami masalah. Dengan kata lain, anggota tidak perlu pusing memikirkan apappun. Anggota cukup melaksanakan apa yang diputuskan pemimpin.

3.    Gaya Kepemimpinan Demokratis
Gaya kepemimpinan demokratis adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Pada gaya kepemimpinan demokrasi, anggota memiliki peranan yang lebih besar. Pada kepemimpinan ini seorang pemimpin hanya menunjukkan sasaran yang ingin dicapai saja, tentang cara untuk mencapai sasaran tersebut, anggota yang menentukan. Selain itu, anggota juga diberi keleluasaan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Gaya kepemimpinan demokratis ini akan efektif bila : Pemimpin mau berjuang untuk berubah ke arah yang lebih, dan punya semangat bahwa hidup ini tidak selalu win-win solution, ada kalanya terjadi win-loss solution. Pemimpin harus mengupayakan agar dia tidak selalu kalah, tetapi ada kalanya menjadi pemenang.

4.    Gaya Kepemimpinan Moralis
Gaya kepemimpinan moralis adalah gaya kepemimpinan yang paling menghargai bawahannya. Gaya kepemimpinan moralis ini efektif bila : Keberhasilan seorang pemimpin moralis dalam mengatasi kelabilan emosionalnya seringkali menjadi perjuangan seumur hidupnya. Dan, Belajar mempercayai orang lain atau membiarkan melakukan dengan cara mereka, bukan dengan cara anda.

CARA KOMUNIKASI PEMIMPIN YANG BAIK
1.    Pemimpin yang baik tau siapa audiens-nya
2.    Mereka ahli dalam ‘Body Language
3.    Pemimpin yang Baik Berbicara Kepada Group secara Individual
4.    Mereka menggunakan kata ‘Saya Salah’, ‘Saya Minta Maaf
5.    Sang pemimpin mempunyai telinga, dan mereka menggunakannya

CONTOH KASUS
Presiden Joko Widodo
Terlebih dahulu untuk mengetahui perjalanan hidup Jokowi kita harus kembali ke masa kecil Joko Widodo atau Jokowi, dimana ia termasuk seorang anak yang berasal dari keluarga sederhana atau kurang mampu.
Selepas tamat dari SMA, ia kemudian mencoba kuliah di perguruan tinggi, ia kemudian diterima di jurusan Kehutanan di Universitas Gajah Mada. Disana ia belajar sangat giat mengenai kayu, teknologi pengolahannya serta pemanfaatnnya hingga ia kemudian banyak dikenal sebagai Juragan Mebel. Jokowi menyelesaikan kuliahnya tahun 1985.

MEMULAI USAHA BERBISNIS MEBEL

Di Solo, yang pertama yang ia lakukan adalah bekerja di perusahaan milik pamannya, di CV Roda Jati, kemudian setelah banyak pengalaman yang ia dapat, ia kemudian memberanikan diri untuk membuka usaha kayu sendiri dengan membuat badan usaha bernama CV. Rakabu pada tahun 1988 di bidang mebel kayu, nama badan usahanya terinspirasi dari nama Anak pertamanya yaitu Gibran Rakabuming. Bisnis kayu Jokowi dibawah naungan CV. Rakabu mengalami pasang surut bahkan hampir kolaps atau bangkrut namun pada tahun 1990 berkat suntikan pinjaman sebesar 30 juta rupiah dari ibunya, Jokowi kemudian mencoba bangkit kembali.   
Dan tidak ada yang menyangka putra dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudhiatmi yang berprofesi sebagai juragan Mebel ini bakal menduduki puncak dari kepemimpinan di Indonesia, dimana semuanya dimulai di Tahun 2005 ketika ia menjadi walikota Solo. Lalu dia menjadi Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2012-2014. Dan pada tahun 2015 Jokowi menjadi pemimpin negara di Indonesia hingga 2020 nanti.
KESIMPULAN
Pemimpin adalah sesuatu yang dapat :memutuskan serta memberikan kebijakan terhadap suatu tujuan yang dimiliki sebuah perusahaan ataupun organisasi. Sepatutnya sudah menjadi kewajiban pemimpin untuk menciptakan komunikasi yang baik untuk tujuan meningkatkan produktivitas para anggotanya. Terdapat beberapa cara untuk menjadi pemimpin yang baik dalam berkomunikasi, langkahnya yaitu :

1.    Pemimpin yang baik tau siapa audiens-nya
2.    Mereka ahli dalam ‘Body Language
3.    Pemimpin yang Baik Berbicara Kepada Group secara Individual
4.    Mereka menggunakan kata ‘Saya Salah’, ‘Saya Minta Maaf
5.    Sang pemimpin mempunyai telinga, dan mereka menggunakannya

DAFTAR PUSTAKA
https://id.wikipedia.org/wiki/Joko_Widodo (Diunduh tanggal 01 Mei 2019)
https://kbbi.web.id/komunikasi (Diunduh tanggal 03 Mei 2019)
digilib.unila.ac.id/15583/14/BAB%20II.pdf (Diunduh tanggal 03 Mei 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar