Kamis, Mei 9

Model bisnis konvensional, waralaba, E-commerce


ABSTRAK
Pada dasarnya memulai bisnis online itu sangatlah mudah, banyangkan ketika kamu memulai usaha konvensional berapa modal yang harus kamu keluarkan belum lagi masalah resiko yang di hadapi, beda dengan bisnis online waktu flexibel, resiko kecil mudah dijalankan dan bisa buka 24 jam.
Bisnis Online
Bisnis Online adalah kegiatan atau transaksi jual-beli yang dilakukan melalui media internet untuk mendapatkan keuntungan (uang).
Kelebihan dalam berbisnis online :
1. Lingkup pemasarannya luas, tidak terbatas pada daerah sekitar.
2. Dapat dipasarkan ke seluruh nusantara bahkan sampai ke luar negeri.
3. Tidak memerlukan stok barang yang banyak / berlebih Dapat dilakukan dimanapun asalkan memiliki akses internet yang baik.
4. Barang yang dipesan akan dibungkus rapi serta langsung diantarkan ke tempat tujuan.
5. Tidak memerlukan modal yang besar.
Kekurangan dalam berbisnis online :
1.Karena produk tidak dapat dilihat secara langsung, maka hasil pesanan menjadi kurang meyakinkan.
2. Banyak situs bisnis online yang menipu konsumen sehingga konsumen harus lebih berhati-hati dalam memilih situs bekanja online.
3. Dalam mengantarkan barang pesanan, terkadang beberapa situs bisnis online mengantar barang tidak tepat pada waktunya.
Bisnis Konvensional Bisnis
Konvensional atau yang lebih sering dikenal dengan bisnis offline adalah kegiatan atau transaksi jual-beli yang dilakukan secara langsung, bertatap muka antara penjual dengan pembeli. Kelebihan dalam bisnis konvensional : Pembeli langsung dapat melihat produk yang akan dibeli sehingga pembeli tidak merasa rahgu akan produk yang akan dibeli, pembeli juga dapat memilih produknya sendiri.
Umumnya bisnis konvensional memiliki tempat atau kios sendiri sehingga pembeli dapat mengunjungi kios dan dapat secara langsung bertemu dnengan penjual.
Memiliki banyak stok sehingga apabila sewaktu-waktu pembeli ingin membeli produk, mereka tidak perlu waktu yang lama untuk mendapatkan produk tersebut.
Terjamin, karena selain dapat melihat barang secara langsung, pembeli juga dapat mengetahui penjual secara langsung  (face to face), sehingga tindakan penipuan minim terjadi.
Kekurangan dalam bisnis konvensional :
Lingkup pemasarannya terbatas, jika ingin memperluas lingkup pemasaran, maka harus membuka cabang di berbagai daerah.
Membutuhkan modal yang cukup besar karena biasanya bisnis konvensional memerlukan tempat untuk memasarkan produknya.
Memerlukan banyak stok, ini juga berpengaruh terhadap modal yang dikeluarkan sehingga modal menjadi bertambah.
Apabila pembeli ingin membeli barang, maka harus pergi ke toko tempat dijualnya barang tersebut.
4 Model bisnis waralaba
1. Apotek
Saat ini, untuk waralaba apotek telah bercokol brand-brand ternama. Sebut saja Kimia Farma, Apotek  Century, Apotek K-24, Apotek Guardian, dan jaringan Apotek Mitrasana, milik produsen obat PT Kalbe Farma. Untuk mendapatkan lisensi daari apotek tersebut, Anda harus merogoh kocek cukup besar karena harganya bisa mencapai miliaran.
2. Laundry
Selain apotek, bisnis laundry juga diproyeksikan masih bisa terus tumbuh dalam beberapa tahun mendatang. Hengki Cahyadi, pemilik waralaba Koko Laundry beralasan jasa laundry sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat perkotaan saat ini. Di sisi lain, usaha laundry tidak terpengaruh perlambatan ekonomi karena sudah menjadi kebutuhan dasar tersebut.
3. Isi Ulang Nitrogen
Bisnis isi ulang nitrogen memang tengah menjadi tren baru. Salah satu pewaralaba bisnis ini adalah Green Nitrogen. Saat ini, Green Nitrogen memiliki 600 gerai yang tersebar di SPBU Jabotabek, Bali hingga ke Medan. Dari jumlah itu 200 gelai milik mitra.
4. Cuci & Salon Kendaraan
Saat ini usaha cuci mobil dan motor terus berkembang pesaat. Maklum jumlah kendaraan bermotor yang semakin banyak. Kondisi ini melahirkan berbagai peluang usaha cuci dan salon kendaraan. Salah satunya dari Million Go Wash.
Definisi E-commerce dan E-Business
E-Commerce didefinisikan sebagai kegiatan menjual dan membeli barang dagangan dan/atau jasa melalui media internet atau jaringan komputer.
E-Business didefinisikan sebagai penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendukung seluruh kegiatan usaha dan dapat dilakukan dengan menggunakan Web , Internet, intranet , extranet , atau beberapa kombinasi dari semuanya. Jadi E-business ini tidak hanya menangani kegiatan jual beli saja melainkan semua kegiatan yang ada pada usaha tersebut termasuk didalamnya yaitu e-commerce.
Konsep E-commerce
E-commerce merupakan kepanjangan dari Electronic Commerce yang berarti perdagangan yang dilakukan secara elektronik. Seperti halnya e-mail (Electronic Mail) yang artinya sudah diketahui yaitu pengiriman surat secara elektronik.
https://www.budiwahono.com/pengertian-bisnis-online-dan-bisnis-konvensional/
http://ideusahabisnis.com/4-model-bisnis-waralaba-franchise-yang-menguntungkan/
https://nikeyulianah.wordpress.com/2012/10/15/definisi-konsep-dan-model-e-commerce-dan-e-business/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar