Kamis, Juni 13

@Proyek-M07 : Dasar Manajemen dan Fungsi Manajemen Dalam Organisasi Bisnis


\Hasil gambar untuk fungsi manajemenBerlaku  
Berlaku :14  - 20 Juni 2019

Simak bahan kajian pekan ini dengan baik dan cerdas, supaya mendapat pemahaman.

Buatlah artikel dilengkapi contoh kasus dan mind mapping berkaitan dengan Bahan Kajian Materi Pembelajaran.

Cermati Panduan Proyek Pekan Ini :

1. Baca bahan belajar pekan ini secara  cermat dan pahami dengan baik (Modul  8 : Dasar Manajemen dan Fungsi Manajemen Dalam Organisasi Bisnis)

2. Buat artikel dengan mengacu pada topik yang mengacu pada modul tersebut (Poin 1), dengan judul singkat, aktual dan menarik. Artikel merupakan perpaduan antara teori dan contoh kasus.

3. Sistematika Artikel meliputi : Judul (tidak boleh sama dengan judul modul); Nama,  Kode Peserta dan Kode Kelompok; Abstrak; Kata Kunci; Pendahuluan; Isi/Permasalahan; Pembahasan; Kesimpulan; Daftar Pustaka. 

4. Artikel ditulis dengan mengacu pada berbagai  sumber, selain modul, juga dilengkapi text book,artikel ilmiah (jurnal),  artikel ilmiah populer dan sebagainya (minimal lima sumber).

5. Panjang artikel 300 - 500 kata. Dilarang keras Copas, silahkan Kutip.

6. Cantumkan daftar pustaka , sesuai dengan kaidah penulisan dan penyusunan yang benar.

7. Lengkapi dengan mind mapping yang menarik

8. Posting artikel di web-blog Teknokreatipreneur.com ini dengan label : Kode Peserta, Kode Kelompok dan Kode Proyek (@Proyek-M07).

9. Share artikel Anda melalui berbagai media sosial (minimal 1.000 viewer).

10. Presentasi melalui tayangan mind mapping pada pekan berikutnnya.



Kegiatan Kelas Hari Ini :

Presentasi 

Berikan komentar untuk setiap kelompok yang presentasi, sertakan kode kelompok dan peserta pada bagian atas kolom komentar.


Lihat :




Lihat di sini:



Lihat juga :




Lihat lagi :



Lihat juga :


24 komentar:

  1. @M21-LU'LU (41618010027)
    1). Secara etimologi, kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno management, yang memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur”. Manajemen adalah suatu cara/seni mengelola sesuatu untuk dikerjakan oleh orang lain. Ilmu Manajemen sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya Piramida di Mesir. Piramida tersebut dibangun oleh lebih dari 100.000 orang selama 20 tahun. Piramida Giza tak akan berhasil dibangun jika tidak ada orang yang melaksanakan manajemen sehingga mampu merencanakan apa yang harus dilakukan, mengorganisir manusia serta bahan bakunya, memimpin dan mengarahkan para pekerja, dan menegakkan pengendalian tertentu guna menjamin bahwa segala sesuatunya dikerjakan sesuai rencana.
    Menurut Nickel, Mc Hugh and Mc Hugh tahun 1997 fungsi – fungsi manajemen terdiri dari empat elemen fungsi, yaitu :
    Perencanaan – Planning
    Proses menyangkut upaya yang dilakukan mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
    Pengoganisasian – Organizing
    Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan di desain dalam sebuah struktur oragnisasi yang tepat dan tangguh,
    Pengimplemtasian – Directing
    Proses imlementasi program agar bisa dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktivitas yang tinggi.
    Pengendalian dan pengawasan – Controlling
    Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasiadan diimplementasikan bisa berjalan sesuai dengan target yang diharapkan, walaupun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
    fungsi manajemen, menurut Nickels, Mc Hugh and Mc Hugh tahun 1997, beberapa kegiatan yang terkait dengan setiap fungsi manajemen adalah :
    Fungsi perencanaan
    Fungsi pengorganisasian
    Fungsi pengimplementasian
    Fungsi pengawasan

    2). Manajemen fungsional adalah untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.
    Manajemen fungsional dilihat dari pendekatan manajemen klasik terdiri dari dan merupakan fungsi fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian dan pengendalian dan pengawasan.
    3). Sumber daya manusia merupakan bagian dari faktor ekonomi organisasi atau perusahaan dan merupakan factor produksi yang masuk dalam proses produksi, memiliki sifat tidak dapat di pisahkan dari fungsi manajemen. Sumber daya manusia memiliki peranan penting dan tersendiri dalam proses manajemen perusahaan, sukses dan pencapaian tujuan perusahaan. Terdapat dua alasan sumber daya manusia memiliki peranan penting dalam organisasi atau perusahaan :
    Mempengaruhi efisiensi dan efektivitas organisasi
    Merupakan pengeluaran utama organisasi dalam menjalankan bisnis

    Manajemen Sumber Daya Manusia adalah sebuah ilmu atau cara untuk mengatur bagaimana hubungan serta perananan tenaga kerja (sumber daya / obyek utama) secara efektif dan efisien sehingga dapat dimaksimalkan untuk mencapai tujuan bersama, baik perusahaan, karyawan maupun masyarakat.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. @M20-Syahida
    SYAHIDA NUR AFINI
    41618010025

    1. Dasar manajemen: suatu saat akan berada dalam ruang lingkup suatu organisasi dan memiliki kepentingan untuk terlibat ataupun memperbaiki cara-cara pengelolaan organisasi tempat kalian bekerja atau bekerjasama atau menjalakan usaha. Cara-cara pengelolaan organisasi yang kalian peroleh dari manajemen dengan berbagai macam ruang lingkupnya
    Fungsi manajemen dalam organisasi bisnis , yaitu :
    1. Fungsi perencanaan
    • Menetapkan tujuan dan target bisnis.
    • Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis.
    • Menentukan sumber – sumber daya yang di perlukan.
    • Menetapkan standar atau indicator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis.
    2. Fungsi pengorganisasian
    • Mengadakan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas dan menetapkan prosedur yang diperlukan.
    • Menetapkan struktur organisasi yang menunjukan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab.
    • Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengenbangan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat.
    3. Fungsi peng implementasikan
    • Mengimplementasikan proses kepemimpinan , pembimbingan dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan.
    • Memberikan tugas dan penjelasan mengenai pekerjaan.
    • Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan
    4. Fungsi pengawasan
    • Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indicator yang telah di tetapkan.
    • Mengambil langkah klasifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan.
    •Melakukan berbagai alternative solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis.
    2. Manajemen fungsional adalah untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.
    3. Manajemen Sumber Daya Manusia adalah sebuah ilmu atau cara untuk mengatur bagaimana hubungan serta perananan tenaga kerja (sumber daya / obyek utama) secara efektif dan efisien sehingga dapat dimaksimalkan untuk mencapai tujuan bersama, baik perusahaan, karyawan maupun masyarakat
    Manajemen operasi dan produksi : serangkaian kegiatan yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output. Mengerjakan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan bersama.

    BalasHapus
  4. @M03-PUTRI
    @STARTUP-M07
    Putri Nuur Habibah
    41417010012

    1. Dasar Manajemen adalah suatu proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengevaluasi pekerjaan anggota dan menggunakan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Adapun 4 fungsi-fungsi manajemen dalam organisasi, yaitu; planning, organizing, activating, controlling.
    - Perencanaan (planning)
    menentukan Tujuan Organisasi dan memutuskan cara yang terbaik untuk mencapainya.
    - pengorganisasian (organizing)
    Mengatur pekerjaan-pekerjaan, orang-orang dan sumber-sumber daya untuk mencapai tujuan.
    - Pemimpinan (activiting)
    Memotivasi, mengarahkan, mendorong dan mempengaruhi orang-orang untuk bekerja keras meraih tujuan organisasi.
    - pengontrolan (controlling)
    Memantau kinerja, membandingkan dengan tujuan, dan mengambil langkah-langkah perbaikan.
    Sebagai seorang manajer memiliki tugas seperti : memahami misi perusahaan, mengantisipasi keadaan dan persoalan masa depan, menentukan tujun, menyiapkan sumber daya, mengendalikan penggunaan sumber daya, siap menghadapi kontingensi. Untuk tingkatan manajer dalam suatu organisasi yaitu; manajemen puncak, manajemen menengah, manajemen lini pertama.
    Proses manajemen strategis
    1. Mendefinisikan kegiatan utama organisasi (core business)
    2. Menetapkan visi dan misi organisasi
    3. Menetapkan tujuan organisasi yang terukur
    4. Menyusun strategi untuk mencapai tujuan
    5. Mengimplementasikan dan mengeksekusi strategi

    2. Manajemen fungsional adalah sebuah bentuk supaya kontribusi pada dalam suatu departemen dapat bertahan pada tingkatan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dimana manajer fungsional mempunyai tanggung jawab hanya atas satu kegiatan organisasi seperti ; produksi, pemasaran, keuangan, kepegawaian, akuntansi, dll.
    3. - manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses dan upay untuk mengembangkan, memotivasi serta melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan perusahaan dalam mencapai tujuan. Karna pada dasarnya manajemen SDM melibatkan kebijakan dan keputusan yang berpengaruh terhadap tenaga kerja
    - manajemen operasi dan produksi
    Operasi dan produksi merupakan kegiatan yang berhubungan dengan usaha untuk menciptakan dan menambah kegunaan atau utilitas suatu barang atau jasa. Jadi manajemen operasi dan produksi adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan dengan menggunakan atau mengkordinasikan kegiatan-kegiatan orang lain. Manajemen operasi dan produksi bertujuan untuk mengatur dan mengkordinasikan penggunaan sumber-sumber daya yang berupa sumber daya manusia, sumber daya alat dan sumber daya dana serta bahan, secara efektif dan efisien, untuk menciptakan dan menambah kegunaan (utility) sesuatu barang atau jasa.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. @M23-APRILIA
    Aprilia Wahyuni (41618010051)

    1. •Dasar Manajemen
    Pengertian Bisnis yang berkaitan dengan manajemen secara umum kata bisnis berasal dari Bahasa Inggris business, dari kata busy yang berarti “sibuk” secara individu, komunitas, atau masyarakat. Dapat diartikan juga sibuk dalam mengerjakan aktivitas dalam pekerjaan yang mendatangkan sebuah keuntungan, baik pribadi maupun sekitarnya.
    Definisi manajemen didefinisikan secara beragam berdasarkan pakar manajemen. Teori manajemen banyak ragamnya, demikian pula fungsi-fungsinya, dari yang sangat sederhana sampai yang kompleks maka dari itu dibuat model manajemen dalam suatu organisasi.
    Ilmu manajemen dapat diterapkan bagi semua bentuk organisasi, seperti perusahaan, pemerintah, pendidikan, sosial, politik, keagamaan, dan lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, seseorang mempelajari manajemen diharapkan memiliki pengetahuan dasar manajemen dan dapat menerapkannya pada situasi yang ada, dan mampu fleksibel terhadap perubahan lingkungan di sekitarnya.
    Mengapa Manajemen dibutuhkan :
    - Untuk mencapai tujuan
    - Untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan
    - Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas.

    •Fungsi Manajemen
    A. Perencanaan (Planning)
    Pada dasarnya, Perencanaan atau Planning adalah menentukan Tujuan Organisasi dan memutuskan cara yang terbaik untuk mencapainya.

    B. Pengorganisasian (Organizing)
    Pada dasarnya, yang dimaksud dengan Pengorganisasian (Organizing) adalah mendelegasikan tugas-tugas yang telah ditetapkan dalam perencanaan kepada individu ataupun kelompok yang terdapat dalam organsasi yang bersangkutan.

    C. Pengimplementasian (Directing)
    • Mengimplementasikan proses kepemimpinan , pembimbingan dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan.
    • Memberikan tugas dan penjelasan mengenai pekerjaan
    • Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan

    D. Pengendalian (Controlling)
    Dalam fungsi pengendalian seorang manajer selalu mengawasi jalannya suatu tugas atau kegiatan yang terarah ke pencapaian Tujuan Organisasi yang telah ditetapkannya.

    2. Manajemen fungsional adalah untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.
    • Aktivitas manajemen fungsional
    a. Manajemen sumber daya manusia (msdm)
    b. Manajemen operasional
    c. Manajemen pemasran
    d. Manajemen keuangan

    3. Manajemen Sumber Daya Manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan kegiatan-kegiatan pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pelepasan sumber daya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu, organisasi dan masyarakat.
    Terdapat dua alasan sumber daya manusia memiliki peranan penting dalam organisasi atau perusahaan :
    1. Mempengaruhi efisiensi dan efektivitas organisasi
    2. Merupakan pengeluaran utama organisasi dalam menjalankan bisnis

    •Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia
    a. Staffing
    b. Evaluasi
    c. Penghargaan atau penpenggantian
    d. Pelatihan dan penasehat.
    e. Membangun Relasi.
    f. Menciptakan kondisi aman dan sehat.
    g. Mendalami Masalah.
    h. Pengintegrasian.
    i. Pemeliharaan.
    j. Pemberhentian.

    3. Manajemen produksi dan operasi merupakan salah satu dari fungsi utama perusahaan di samping manajemen pemasaran, manajemen personalia, manajemen keuangan dan akuntansi. Adapun tujuan manajemen produksi dan operasi adalah pencapaian produktivitas yang tinggi dalam kegiatan produksi.
    Manajemen produksi dan operasi tidak hanya menyangkut pemrosesan berbagai barang (manufacturing) saja, tetapi juga menyangkut dalam bidang jasa. Pada hakikatnya, manajemen produksi dan operasi adalah suatu sistem yang dapat mengubah masukan-masukan sumber daya menjadi barang dan jasa yang lebih optimal dan bermanfaat.

    BalasHapus
  7. @M04-NURAFIFAH
    @STARUP-M07
    Nurafifah sirait (41417010017)

    1. Fungsi manajemen dalam organisasi

    Fungsi-fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.  Adapun fungsi-fungsi manajemen yaitu antara lain :

    1. Planning (perencanaan)
    2. Organizing (pengorganisasian)
    3. Staffing (penyusunan staf) 
    4. Directing (pengarahan)
    5. Controlling

    Planning (perencanaan) adalah sesuatu yang dinyatakan hari ini untuk mencapai tujuan atau dengan kata lain bagaimana menetapkan tujuan yang diinginkan dan kemudian menyusun rencana strategi bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut.

    Organizing (pengorganisasian) adalah fungsi manajemen bagaimana mengatur semua sumber daya baik manusia maupun fisik agar tersusun secara sistematis berdasarkan fungsinya masing-masing.

    Staffing (penyusunan staf) adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan penyusunan personalia mulai dari recruitmen, peletakan, training, dan pengembangan serta penempatan dan pemberian orientasi pada karyawan dalam lingkungan kerja yg menguntungkan dan produktif, pada intinya meletakan orang yang cocok sesuai pada posisi yang tepat.

    Directing (pengarahan) adalah fungsi manajemen dalam hal pengarahan lebih menekankan pada upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi kinerja dengan optimal.

    Controlling (pengendalian/pengawasan) adalah upaya untuk menilai suatu kinerja yang berpatokan kepada standar yang telah dibuat, juga melakukan perbaikan apabila memang dibutuhkan dengan cara mengevaluasi keberhasilan dan target dengan cara mengikuti standar indikator yang sudah ditetapkan, melakukan klarifikasi dan koreksi terhadap penyimpangan yang ditemukan dan memberi alternatif solusi yang mungkin bisa mengatasi masalah yang terjadi.

    2. Manajemen fungsional adalah untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.

    3. Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia - bukan mesin - dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis.[butuh rujukan] Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi, dan lain-lain.

    Pengertian Produksi Dan Operasi

    Istilah produksi dan operasi sering dipakai dalam suatu organisasi yang menghasilkan keluaran output, baik berupa barang maupun jasa. 

    Pengertian produksi dan operasi dalam ekonomi adalah merupakan kegiatan yang berhubungan dengan usaha untuk menciptakan dan menambah kegunaan atau utilitas suatu barang atau jasa. 
       
    Pengambilan Keputusan Dalam Manajemen Produksi Dan Operasi

    Pengambilan keputusan dimaksudkan untuk memudahkan proses pemilihan alternatif atau penggunaan peralatan analisis, bagi penentuan keputusan, sehingga dapat diketahui bagaimana keputusan-keputusan yang rasional harus diambil, dan dengan demikian dapat ditentukan dan disusun rencana-rencana logis dari keputusan-keputusan yang diambil atas dasar peralatan ilmu pengetahuan dan matematika atau analisis kuantitatif serta kenyataan yang terjadi.

    BalasHapus
  8. Nama: Rofiqoh Awaliyah
    Nim: 41618010028
    Kode peserta: @M22-Rofiqoh
    1. Dasar Manajemen, Funsi Manajemen dalam organisasi bisnis
    Jawab: Manajemen dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang diarahkan pada sumber daya organisasi yang bertujuan untuk mencapai sasaran organisasi dengan cara yang efisien dan efektif. Berdasarkan definisi diatas, jelas bahwa Manajemen dalam sebuah organisasi memiliki 4 Fungsi Dasar. diantaranya adalah:
    -) Perencanaan (Planning), Pada dasarnya, Perencanaan atau Planning adalah menentukan Tujuan Organisasi dan memutuskan cara yang terbaik untuk mencapainya.
    -) Pengorganisasian (Organizing) adalah mendelegasikan tugas-tugas yang telah ditetapkan dalam perencanaan kepada individu ataupun kelompok yang terdapat dalam organsasi yang bersangkutan.
    -) Pimpinan (Leading), dalam Manajemen adalah serangkaian proses yang digunakan agar setiap anggota yang berada dalam organisasi dapat bekerjasama dalam mencapai sasaran organisasi.
    -) Pengendalian atau Controlling, Fungsi Pengendalian ini berkaitan dengan penghimpunan informasi-informasi yang digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja organisasi, memantau perkembangan tugas yang telah direncanakan sebelumnya dan mengambil tindakan korektif terhadap penyimpangan yang terjadi
    Segala kegiatan harus terarah kepada sasarannya, mengingat kegiatan yang tidak terarah kepada sasarannya hanyalah merupakan pemborosan terhadap tenaga kerja, uang, waktu dan materi atau dengan kata lain merupakan pemborosan terhadap tools of management. Itulah mengapa management dibutuhkan dalam suatu organisasi bisnis, karna fungsi managemen sendiri adalah meminimalisir hal-hal yang tidak termanage.
    2. Manajemen Fungsional
    Jawab: Manajemen fungsional adalah untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi. Manajemen fungsional dapat dilihat dari pendekatan manajemen klasik terdiri dari dan merupakan fungsi fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian dan pengendalian dan pengawasan.
    3. Manajemen sumber daya manusia dan manajemen operasi dan produksi
    Jawab:
    Manajemen sumber daya manusia (MSDM) adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. Dengan didasari konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia - bukan mesin - dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis.Terdapat dua alasan sumber daya manusia memiliki peranan penting dalam organisasi atau perusahaan : Mempengaruhi efisiensi dan efektivitas organisasi dan merupakan pengeluaran utama organisasi dalam menjalankan bisnis.
    Dengan menerapkan manajemen sumber daya manusia yang baik dalam perusahaan atau bisnis maka memiliki beberapa manfaat berikut ini:
    1. Staffing/ Employmen
    2. Evaluasi
    3. Compensasi
    4. Training and Development
    5. Employe Relation
    6. Safety and Healt.
    7. Personnel Research

    Manajemen Operasi dan Produksi
    Istilah produksi dan operasi sering dipakai dalam suatu organisasi yang menghasilkan keluaran output, baik berupa barang maupun jasa. Secara umum produksi diartikan sebagai suatu kegiatan atau proses yang mentransformasikan masukan (input) menjadi hasil keluaran (output). Dalam arti sempit, pengertian produksi hanya dimaksud sebagai kegiatan yang menghasilkan barang, baik barang jadi, barang setengah jadi, bahan industri, suku cadang, dan komponen. Karena adanya batasan pengertian produksi dalam arti sempit, maka dipergunakanlah istilah produksi dan operasi, sehingga mencakup pembahasan dalam arti luas untuk kegiatan masukan (inputs) menjadi keluaran (output) yang berupa barang atau jasa.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  10. Nama : Rekso A.S
    NIM : 41616010046
    Kode Peserta : @M06-rekso


    1. Kata "manajemen" tampaknya sudah begitu sering kita dengar. Manajemen erat kaitannya dengan konsep organisasi. Sehubungan dengan hat tersebut, maka ada baiknya kita memahami dulu pengertian dari organisasi. Menurut Griffin (2002), organisasi adalah a group of people working together in a structured and coordinated fashion to achieve a set of goals. Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu. Atau dengan bahasa lain, penulis mendefinisikan organisasi sebagai sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerja sama.
    • Fungsi Perencanaan (Planning)
    Manajer akan bertindak untuk merencanakan dan mempersiapkan kegiatan bisnis yang berkaitan dengan sumber daya.
    Ini akan menjadi langkah penting untuk menentukan keputusan seperti apa yang akan diambil di masa depan sehingga dapat menghindari kebingungan. Secara teknis perencanaan bisa dilakukan melalui koordinasi dalam rapat yang membahas terkait rencana kerja dan angarannya.



    • Fungsi Pengorganisasian (Organizing)
    Dalam fungsi ini, manajer diharuskan membuat kebijakan terbaik terkait penggunaan sumber daya. Fungsinya adalah untuk mendapatkan kinerja yang terbaik dari karyawan.
    Sebagai contoh, jika perusahaan memiliki kegiatan tertentu yang berkaitan dengan peningkatan pemasaran maka pemilihan sumber daya untuk kegiatan tersebut harus dipilih dari divisi yang menangani pemasaran.
    • Fungsi Kepegawaian (Staffing)
    Suatu organisasi harus memiliki management yang baik untuk menciptakan suasana kerja yang sehat di dalam organisasi tersebut. Selain itu, perekrutan anggota yang tepat juga akan memberikan sumbangsih yang besar pada organisasi
    • Fungsi Pengarahan (Lead)
    Sudah bukan hal yang asing lagi bahwa seorang manajer berperan untuk mengarahkan anggota tim sesuai target yang jelas. Fungsinya adalah supaya sumber daya bekerja dengan arah yang benar sesuai dengan tujuan perusahaan.
    • Fungsi Kontrol (Controling)
    Selain itu manajer juga harus berperan sebagai pengendali terhadap setiap kegiatan yang melibatkan sumber daya. Jika terjadi tindakan-tindakan yang bisa merugikan perusahaan yang dilakukan oleh salah seorang maupun tim perusahaan, maka manajer berhak untuk mengambil keputusan terkait hal tersebut.
    • . Fungsi Manajemen Waktu (Time Management)
    Organisasi yang menerapkan fungsi manajemen waktu yang efektif dapat berkembang dengan cepat dan sehat. Hal ini berkaitan dengan cara kerja pegawai yang tepat waktu dan dengan cara kerja yang benar.
    • Fungsi Motivasi (Motivation)
    Manajemen perusahaan juga berperan penting dalam memberikan motivasi kepada anggotanya. Dengan adanya motivasi tersebut maka para anggota akan termotivasi untuk bekerja lebih baik.
    2. Manajemen Fungsional
    Sedangkan pengertian manajemen fungsional (manajer fungsional) sendiri adalah aktivitas dari manajer madya untuk dapat mencapai tujuan dari sebuah perusahaan.

    3. Manajemen Sumberdaya manusia dan Manejemen operasi.produksi
    Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia bukan mesin dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis semata.
    Menurut sojan assauri manajemen produksi dan operasi merupakan proses pencapaian dan pengulitisasian sumber sumber daya untuk memproduksi atau menghasilkan barang barang atau jasa jasa yang berguna sebagai usaha

    BalasHapus
  11. @M25-Randi
    Randi Arifin (43117010345)

    1. Manajemen dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan (termasuk perencanaan dan pembuatan keputusan, pengorganisasian, pimpinan dan pengendalian) yang diarahkan pada sumber daya organisasi (tenaga kerja, keuangan, fisik dan informasi) yang bertujuan untuk mencapai sasaran organisasi dengan cara yang efisien dan efektif. fungsi-fungsi manajemen meliputi :
    • Perencanaan (planning)
    Perencanaan atau Planning adalah menentukan Tujuan Organisasi dan memutuskan cara yang terbaik untuk mencapainya.
    • Pengorganisasian (organizing)
    yang dimaksud dengan Pengorganisasian (Organizing) adalah mendelegasikan tugas-tugas yang telah ditetapkan dalam perencanaan kepada individu ataupun kelompok yang terdapat dalam organsasi yang bersangkutan.
    • Pengarahan (commanding)
    pengarahan dilakukan untuk memberikan arahan kepada Sumber Daya Manusia sebagai pegawai di dalam suatu organisasi atau perusahaan agar pegawai tersebut mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik.
    • Pengkoordinasian (coordinating)
    Supaya semua unsur manajemen (6M) dan pekerjaan masing-msing individu karyawan harus membantu tercpainya tujuan organisasi.

    • Pengendalian (controlling).
    pengendalian adalah proses pengaturan berbagai faktor dalam suatu perusahaan, agar pelaksanaan sesuai dengan ketetapan-ketetapan dan rencana.

    2. Manajemen fungsional adalah untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.
    Aktivitas manajemen fungsional
    1. Manajemen sumber daya manusia (msdm)
    2. Manajemen operasional
    3. Manajemen pemasaran
    4. Manajemen keuangan

    3. Manajemen SDM
    Dalam konsep ekonomi, terdapat banyak istilah bagi manusia, bisa sebagai produsen, konsumen, atau pedagang. Dan setiap manusia yang ingin menjalankan setiap aktivitas tersebut membutuhkan manusia lain, di mana dalam konteks ekonomi umumnya disebut sebagai sumber daya manusia. Hal ini sudah menjadi sifat rasional manusia, di mana mereka akan mengupayakan sumber daya manusia untuk mencapai kepuasan maksimal dalam mencapai tujuannya. Sebagai produsen, manusia umumnya mengupayakan produksi yang optimal dengan mengombinasikan faktor-faktor produksi agar bisa memberi hasil yang bisa memberi keuntungan optimal. Sedangkan sebagai konsumen, manusia akan mengalokasikan pemasukannya untuk dapat memenuhi kebutuhannya secara maksimal. Kemudian sebagai pedagang, manusia akan menginvestasikan modalnya untuk dapat memperoleh keuntungan maksimal dari barang atau jasa yang ditawarkannya. Bahkan ada yang berpendapat bahwa sebuah perusahaan tidak akan pernah bisa berjalan jika tidak ada sumber daya manusia yang menjalankannya.

    Manajemen Operasional
    Definisi manajemen operasional adalah sebuah bentuk pengelolaan menyeluruh dan optimal dalam penggunaan berbagai faktor produksi mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM), barang, mesin, peralatan, bahan baku (raw materials), serta faktor produksi lainnya yang dapat dijadikan sebuah barang atau jasa untuk diperjualbelikan.

    Manajemen Produksi
    Pengertian Manajemen Produksi adalah sebagai penataan proses pengubahan bahan mentah menjadi produk atau jasa yang diinginkan sehingga memiliki nilai jual. produksi ini dikategorikan menjadi beberapa bagian berdasarkan teknik:
    • Produksi yang diambil dari bahan mentah langsung
    kemudian diekstrak menjadi produk yang diinginkan. Misalnya ekstraksi minyak untuk dibuat menjadi berbagai macam produk.
    • Produk yang didapatkan dengan cara memodifikasi bahan baik secara kimiawi atau parameter mekanis tanpa mengubah atribut fisiknya. Misalnya dilakukan dengan memanaskan bahan baku di suhu yang tinggi.
    • Produksi dengan cara perakitan, misalnya komputer atau mobil.

    BalasHapus
  12. @M24-GHINA
    Ghina Nadira Said ( 42317010008)

    1.Dasar Manajemen, Fungsi Manajemen dalam organisasi bisnis :
    Manajemen dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang diarahkan pada sumber daya organisasi yang bertujuan untuk mencapai sasaran organisasi dengan cara yang efisien dan efektif. Berdasarkan definisi diatas, jelas bahwa Manajemen dalam sebuah organisasi memiliki 4 Fungsi Dasar. diantaranya adalah:
    -) Perencanaan (Planning), Pada dasarnya, Perencanaan atau Planning adalah menentukan Tujuan Organisasi dan memutuskan cara yang terbaik untuk mencapainya. 
    -) Pengorganisasian (Organizing) adalah mendelegasikan tugas-tugas yang telah ditetapkan dalam perencanaan kepada individu ataupun kelompok yang terdapat dalam organsasi yang bersangkutan.
    -) Pimpinan (Leading), dalam Manajemen adalah serangkaian proses yang digunakan agar setiap anggota yang berada dalam organisasi dapat bekerjasama dalam mencapai sasaran organisasi. 
    -) Pengendalian atau Controlling, Fungsi Pengendalian ini berkaitan dengan penghimpunan informasi-informasi yang digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja organisasi, memantau perkembangan tugas yang telah direncanakan sebelumnya dan mengambil tindakan korektif terhadap penyimpangan yang terjadi
    Segala kegiatan harus terarah kepada sasarannya, mengingat kegiatan yang tidak terarah kepada sasarannya hanyalah merupakan pemborosan terhadap tenaga kerja, uang, waktu dan materi atau dengan kata lain merupakan pemborosan terhadap tools of management. Itulah mengapa management dibutuhkan dalam suatu organisasi bisnis, karna fungsi managemen sendiri adalah meminimalisir hal-hal yang tidak termanage. 
    2. Manajemen Fungsional:
    Manajemen fungsional adalah untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.
    Manajemen fungsional dapat dilihat dari pendekatan manajemen klasik terdiri dari dan merupakan fungsi fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian dan pengendalian dan pengawasan.
    3. Manajemen sumber daya manusia dan manajemen operasi dan produksi:
    Manajemen sumber daya manusia (MSDM) adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. Dengan didasari konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia - bukan mesin - dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis.
    Terdapat dua alasan sumber daya manusia memiliki peranan penting dalam organisasi atau perusahaan :
    -Mempengaruhi efisiensi dan efektivitas organisasi
    -Merupakan pengeluaran utama organisasi dalam menjalankan bisnis. 
    Manajemen produksi dan operasi merupakan salah satu dari fungsi utama perusahaan di samping manajemen pemasaran, manajemen personalia, manajemen keuangan dan akuntansi. Adapun tujuan manajemen produksi dan operasi adalah pencapaian produktivitas yang tinggi dalam kegiatan produksi.
    Manajemen produksi dan operasi tidak hanya menyangkut pemrosesan berbagai barang (manufacturing) saja, tetapi juga menyangkut dalam bidang jasa. Pada hakikatnya, manajemen produksi dan operasi adalah suatu sistem yang dapat mengubah masukan-masukan sumber daya menjadi barang dan jasa yang lebih optimal dan bermanfaat.


    BalasHapus
  13. @M09-IRVIN
    Muhammad Irvin R (41618010001)
    1. Manajemen ialah proses perencanaan, organisasi,
    kepemimpinan dan pengawasan terhadap usaha-usaha anggota organisasi dan
    penggunaan semua sumber-sumber organisasi lainnya untuk mencapai tujuan
    organisasi yang telah ditetapkan.

    Proses ini terdiri dari kegiatan-kegiatan manajemen :
    1. perencanaan
    2. pengorganisasian
    3. pemimpinan
    4. pengendalian

    Fungsi – fungsi manajemen adalah serangkaian kegiatan yang dijalankan dalam
    manajemen berdasarkan fungsinya masing – masing dan mengikuti satu tahapan – tahapan
    tertentu dalam pelaksanaannya.

    2.Manajemen fungsional adalah untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.

    Aktivitas manajemen fungsional :

    1. Manajemen sumber daya manusia (msdm)
    2. Manajemen operasional
    3. Manajemen pemasran
    4. Manajemen keuangan

    3. Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia - bukan mesin - dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis

    Manajemen produksi dan operasi adalah serangkaian kegiatan atau aktivitas untuk menciptakan, mengkoordinasi, mengatur dan mengelola operasional sistem dengan memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki (tenaga kerja, peralatan, mesin, tanah, bangunan, bahan baku dan modal) secara efektif dan efisien sehingga menghasilkan suatu barang atau jasa dengan biaya optimum untuk meningkatkan laba perusahaan.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Nama : Risza Kurniawan
    Nim. : 41618010005

    • Secara umum, pengertian manajemen merupakan suatu seni dalam ilmu dan pengorganisasian seperti menyusun perencanaan, membangun organisasi dan pengorganisasiannya, pergerakan, serta pengendalian atau pengawasan. Bisa juga diartikan bahwa manajemen merupakan suatu ilmu pengetahuan yang sistematis agar dapat memahami mengapa dan bagaimana manusia saling bekerja sama agar dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain maupun golongan tertentu dan masyarakat luas.

    Pada dasarnya, fungsi manajemen dibagi menjadi tiga, yaitu:
    - Perencanaan (Planning)
    - Pengorganisasian (Organizing)
    - Pengarahaan (Directing)


    • Manajemen fungsional adalah untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.


    • Secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia bukan mesin dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis semata.
    Menurut sojan assauri manajemen produksi dan operasi merupakan proses pencapaian dan pengulitisasian sumber sumber daya untuk memproduksi atau menghasilkan barang barang atau jasa jasa yang berguna sebagai usaha

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. 41618010012
    @M16-ARIS

    1. Secara etimologi, kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno management, yang memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur”. Manajemen adalah suatu cara/seni mengelola sesuatu untuk dikerjakan oleh orang lain. Ilmu Manajemen sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya Piramida di Mesir. Piramida tersebut dibangun oleh lebih dari 100.000 orang selama 20 tahun. Piramida Giza tak akan berhasil dibangun jika tidak ada orang yang melaksanakan manajemen sehingga mampu merencanakan apa yang harus dilakukan, mengorganisir manusia serta bahan bakunya, memimpin dan mengarahkan para pekerja, dan menegakkan pengendalian tertentu guna menjamin bahwa segala sesuatunya dikerjakan sesuai rencana.
    Menurut Nickel, Mc Hugh and Mc Hugh tahun 1997 fungsi – fungsi manajemen terdiri dari empat elemen fungsi, yaitu :
    Perencanaan – Planning
    Proses menyangkut upaya yang dilakukan mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
    Pengoganisasian – Organizing
    Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan di desain dalam sebuah struktur oragnisasi yang tepat dan tangguh,
    Pengimplemtasian – Directing
    Proses imlementasi program agar bisa dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktivitas yang tinggi.
    Pengendalian dan pengawasan – Controlling
    Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasiadan diimplementasikan bisa berjalan sesuai dengan target yang diharapkan, walaupun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
    fungsi manajemen, menurut Nickels, Mc Hugh and Mc Hugh tahun 1997, beberapa kegiatan yang terkait dengan setiap fungsi manajemen adalah :
    Fungsi perencanaan
    Fungsi pengorganisasian
    Fungsi pengimplementasian
    Fungsi pengawasan

    2. Manajemen fungsional adalah untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.
    Manajemen fungsional dilihat dari pendekatan manajemen klasik terdiri dari dan merupakan fungsi fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian dan pengendalian dan pengawasan.

    3. Sumber daya manusia merupakan bagian dari faktor ekonomi organisasi atau perusahaan dan merupakan factor produksi yang masuk dalam proses produksi, memiliki sifat tidak dapat di pisahkan dari fungsi manajemen. Sumber daya manusia memiliki peranan penting dan tersendiri dalam proses manajemen perusahaan, sukses dan pencapaian tujuan perusahaan. Terdapat dua alasan sumber daya manusia memiliki peranan penting dalam organisasi atau perusahaan :
    Mempengaruhi efisiensi dan efektivitas organisasi
    Merupakan pengeluaran utama organisasi dalam menjalankan bisnis

    Manajemen Sumber Daya Manusia adalah sebuah ilmu atau cara untuk mengatur bagaimana hubungan serta perananan tenaga kerja (sumber daya / obyek utama) secara efektif dan efisien sehingga dapat dimaksimalkan untuk mencapai tujuan bersama, baik perusahaan, karyawan maupun masyarakat.

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. @M01-Novian
    Nama: Novian Adi Pratama
    NIM: 41118010026


    1. Manajemen dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan (termasuk perencanaan dan pembuatan keputusan, pengorganisasian, pimpinan dan pengendalian) yang diarahkan pada sumber daya organisasi (tenaga kerja, keuangan, fisik dan informasi) yang bertujuan untuk mencapai sasaran organisasi dengan cara yang efisien dan efektif. fungsi-fungsi manajemen meliputi :
    • Perencanaan (planning)
    Perencanaan atau Planning adalah menentukan Tujuan Organisasi dan memutuskan cara yang terbaik untuk mencapainya.
    • Pengorganisasian (organizing)
    yang dimaksud dengan Pengorganisasian (Organizing) adalah mendelegasikan tugas-tugas yang telah ditetapkan dalam perencanaan kepada individu ataupun kelompok yang terdapat dalam organsasi yang bersangkutan.
    • Pengarahan (commanding)
    pengarahan dilakukan untuk memberikan arahan kepada Sumber Daya Manusia sebagai pegawai di dalam suatu organisasi atau perusahaan agar pegawai tersebut mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik.
    • Pengkoordinasian (coordinating)
    Supaya semua unsur manajemen (6M) dan pekerjaan masing-msing individu karyawan harus membantu tercpainya tujuan organisasi.

    • Pengendalian (controlling).
    pengendalian adalah proses pengaturan berbagai faktor dalam suatu perusahaan, agar pelaksanaan sesuai dengan ketetapan-ketetapan dan rencana.

    2. Manajemen fungsional adalah untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.
    Aktivitas manajemen fungsional
    1. Manajemen sumber daya manusia (msdm)
    2. Manajemen operasional
    3. Manajemen pemasaran
    4. Manajemen keuangan

    3. Manajemen SDM
    Dalam konsep ekonomi, terdapat banyak istilah bagi manusia, bisa sebagai produsen, konsumen, atau pedagang. Dan setiap manusia yang ingin menjalankan setiap aktivitas tersebut membutuhkan manusia lain, di mana dalam konteks ekonomi umumnya disebut sebagai sumber daya manusia. Hal ini sudah menjadi sifat rasional manusia, di mana mereka akan mengupayakan sumber daya manusia untuk mencapai kepuasan maksimal dalam mencapai tujuannya. Sebagai produsen, manusia umumnya mengupayakan produksi yang optimal dengan mengombinasikan faktor-faktor produksi agar bisa memberi hasil yang bisa memberi keuntungan optimal. Sedangkan sebagai konsumen, manusia akan mengalokasikan pemasukannya untuk dapat memenuhi kebutuhannya secara maksimal. Kemudian sebagai pedagang, manusia akan menginvestasikan modalnya untuk dapat memperoleh keuntungan maksimal dari barang atau jasa yang ditawarkannya. Bahkan ada yang berpendapat bahwa sebuah perusahaan tidak akan pernah bisa berjalan jika tidak ada sumber daya manusia yang menjalankannya.

    Manajemen Operasional
    Definisi manajemen operasional adalah sebuah bentuk pengelolaan menyeluruh dan optimal dalam penggunaan berbagai faktor produksi mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM), barang, mesin, peralatan, bahan baku (raw materials), serta faktor produksi lainnya yang dapat dijadikan sebuah barang atau jasa untuk diperjualbelikan.

    Manajemen Produksi
    Pengertian Manajemen Produksi adalah sebagai penataan proses pengubahan bahan mentah menjadi produk atau jasa yang diinginkan sehingga memiliki nilai jual. produksi ini dikategorikan menjadi beberapa bagian berdasarkan teknik:
    • Produksi yang diambil dari bahan mentah langsung
    kemudian diekstrak menjadi produk yang diinginkan. Misalnya ekstraksi minyak untuk dibuat menjadi berbagai macam produk.
    • Produk yang didapatkan dengan cara memodifikasi bahan baik secara kimiawi atau parameter mekanis tanpa mengubah atribut fisiknya. Misalnya dilakukan dengan memanaskan bahan baku di suhu yang tinggi.
    • Produksi dengan cara perakitan, misalnya komputer atau mobil.

    BalasHapus
  20. @M17-LUTHFIAH
    @STARTUP-M07
    41618010019

    1. Dasar manajemen: suatu saat akan berada dalam ruang lingkup suatu organisasi dan memiliki kepentingan untuk terlibat ataupun memperbaiki cara-cara pengelolaan organisasi tempat kalian bekerja atau bekerjasama atau menjalakan usaha.
    Fungsi manajemen dalam organisasi bisnis , yaitu :
    1. Fungsi perencanaan
    • Menetapkan tujuan dan target bisnis.
    • Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis.
    • Menentukan sumber – sumber daya yang di perlukan.
    • Menetapkan standar atau indicator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis.
    2. Fungsi pengorganisasian
    • Mengadakan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas dan menetapkan prosedur yang diperlukan.
    • Menetapkan struktur organisasi yang menunjukan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab.
    • Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengenbangan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat.
    3. Fungsi peng implementasikan
    • Mengimplementasikan proses kepemimpinan , pembimbingan dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan.
    • Memberikan tugas dan penjelasan mengenai pekerjaan.

    4. Fungsi pengawasan
    • Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indicator yang telah di tetapkan.
    • Mengambil langkah klasifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan.
    •Melakukan berbagai alternative solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis.
    2. Manajemen fungsional adalah untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.
    3. Manajemen Sumber Daya Manusia adalah sebuah ilmu atau cara untuk mengatur bagaimana hubungan serta perananan tenaga kerja (sumber daya / obyek utama) secara efektif dan efisien sehingga dapat dimaksimalkan untuk mencapai tujuan bersama, baik perusahaan, karyawan maupun masyarakat
    Manajemen operasi dan produksi : serangkaian kegiatan yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output. Mengerjakan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan bersama

    BalasHapus
  21. Teodorus Ivan Kurniawan Bago
    @M02-Teodorus

    1. Dasar Manajemen, untuk mencapai suatu tujuan yang dibutuhkan dalam mencapai pokok pokok atau sasaran terhadap keseimbangan terhadap kuantitaf terhadap produktifitas serta kualitas bermanajemen. Dan tujuan terhadap organisasi menciptakan karakteristik serta kerjasama dalam menyeimbangkan produk serta sasaran dalam kegitan kegiatan yang berkepentingan terhadap pihak pihak yang telah ditentukan sebagaimana mestinya
    2. Manajemen fungsional yakni, untuk mempertahankan kontribusi pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Terlebih dalam sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.
    3. Manajemen Suber Daya : perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta pengawasan kegiatan dalam peran strategis terhdap bisnnis dari segi teori sumber daya. Serta kemampuan yang merupakan competitive advantage dai perusahaan atau organisasi dan memberikan nilai tambah (added value) sebagai tolak ukur keberhasilan bisnis.

    BalasHapus
  22. Dwi Arif Rahman (41618010010)
    @M14-DWI
    @STARTUP-M05

    1. Pengertian Manajemen adalah sebuah proses untuk mengatur sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Secara etimologi kata manajemen diambil dari bahasa Perancis kuno, yaitu menagement, yang artinya adalah seni dalam mengatur dan melaksanakan. Manajemen dapat juga didefinisikan sebagai upaya perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efisien dan efektif.
    Fungsi Manajemen adalah sebagai elemen dasar yang harus melekat dalam manajemen sebagai acuan manajer (seseorang yang mengelola manajemen) dalam melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan dengan cara merencanakan, mengorganisir, mengordinasi dan mengendalikan.
    2. Manajemen fungsional adalah untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.
    3. Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Manajemen operasi adalah area bisnis yang berfokus pada proses produksi, serta memastikan pemeliharaan dan perkembangan berlangsung secara efektif dan efesien. Manajemen produksi merupakan salah satu bagian di bidang manajemen yang mempunyai peran dalam mengkoordinasikan kegiatan untuk mencapai tujuan. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu di buat keputusan-keputusan yang berhubungan dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang direncanakan. Dengan demikian, manajemen produksi menyangkut pengambilan keputusan yang berhubungan dengan proses produksi untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

    BalasHapus
  23. @M10-ERLANGGA
    Erlangga Maulana Sakhi (41618010002)

    Jawab :

    1. Pengertian menejemen adalah sebuah proses untuk mengatur sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Manajemen dapat juga didefinisikan sebagai upaya perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efisien dan efektif. Efektif dalam hal ini adalah untuk mencapai tujuan sesuai perencanaan dan efisien untuk melaksanakan pekerjaan dengan benar dan teroganisir.
    Dalam dunia bisnis menejemen menjadi hal vital, karena manajemen mampu menentukan berhasil atau tidaknya sebuah bisnis yang sedang dijalankan mau dalam tahap perencanaan. Fungsi utamanya adalah mengatur atau menentukan dari biaya, SDM, material dan sebagainya dalam dunia bisnis agar dapat mendapatkan keuntungan.
    2. Manajemen fungsional adalah untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi. Manajemen fungsional dapat dilihat dari pendekatan manajemen klasik terdiri dari dan merupakan fungsi fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian dan pengendalian dan pengawasan.
    3. Menejemen sumberdaya manusia adalah pengaturan terhadap pekerja didalam sebuah perusahaan. Pemilihan tenaga kerja didalam dunia bisnis sangatlah penting, karena smber daya manusia jika tidak dikelola dengan baik maka akan menimbulkan kerugian bagi pelaku bisnis. Oleh karena itu pemilihan seseorang atau pekerja sangatlah perlu pertimbangan atau pengaturan agar tidak rugi dikemudian hari.
    Menejemen operasi dan produksi menurut saya adalah cara bagaimana mengatur atau menentukan metode, material, dan keuangan dalam sebuah perusahaan. Jika ada sbuah perusahaan yang memiliki sistem produksi “make to order” maka manajemen operasi dan produksi sangatlah penting diperhatikan. Karena penentuan metode, pemilihan material dan perhitungan keuangan dapat dilakukan terlebih dahulu sebelum membuat barang tersebut. Dengan kata lain menggunakan prinsip POAC (planning, organitation, actualitation , controlling).

    BalasHapus
  24. @M11-Syaiful
    Syaiful Nur Cahyo (41618010003)
    1. Dasar manajemen: Teori manajemen banyak ragamnya, demikian pula fungsi-fungsinya, dari yang sangat sederhana sampai yang kompleks maka dari itu dibuat model manajemen dalam suatu organisasi. Cara-cara pengelolaan organisasi yang anda peroleh dari manajemen dengan berbagai macam ruang lingkupnya.
    Ilmu manajemen dapat diterapkan bagi semua bentuk organisasi, seperti perusahaan, pemerintah, pendidikan, sosial, politik, keagamaan, dan lainnya. Menurut James A.F. Stoner Manajemen ialah proses perencanaan, organisasi, kepemimpinan dan pengawasan terhadap usaha-usaha anggota organisasi dan penggunaan semua sumber-sumber organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
    Fungsi - fungsi manajemen :
    1. Planning: Proses menyangkut upaya yang dilakukan mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
    2. Organizing: Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan di desain dalam sebuah struktur oragnisasi yang tepat dan tangguh, system dan lingkungan organisasi yang konduksif dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien
    3. Pengimplementasian: Proses imlementasi program agar bisa dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktivitas yang tinggi.
    4. Pengendalian dan pengawasan: Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasiadan diimplementasikan bisa berjalan sesuai dengan target yang diharapkan, walaupun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.


    2. Manajemen fungsional: Manajemen fungsional adalah untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.
    Aktivitas manajemen fungsional ituu sendiri fungsinya sama dengan fungsi-fungsi manajemen.



    3. Manajemen Sumber Daya Manusia adalah sebuah ilmu atau cara untuk mengatur bagaimana hubungan serta perananan tenaga kerja (sumber daya / obyek utama) secara efektif dan efisien sehingga dapat dimaksimalkan untuk mencapai tujuan bersama, baik perusahaan, karyawan maupun masyarakat
    Manajemen operasi dan produksi : serangkaian kegiatan yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output. Mengerjakan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan bersama

    BalasHapus