Kamis, Juli 25

BISNIS


ABSTRAK
            Saat pertama kali kalian mempelajari manajemen muncul pertanyaan mendasar adalah mengapa saya harus mempelajari manajemen? Untuk apa? Jawabannya adalah suatu saat kalian akan berada dalam ruang lingkup suatu organisasi dan kalian memiliki kepentingan untuk terlibat ataupun memperbaiki cara-cara pengelolaan organisasi tempat anda bekerja atau bekerjasama atau menjalakan usaha. Artikel berikut akan membahas dasar-dasar manajemen beserta fungsinya secara mendasar.

Bisnis adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang di dalam bidang perindustrian. Organisasi bisnis terdiri dari pasar, perusahaan, pihak eksternal, dan konsep perubahan. Manajemen perusahaan harus mampu menggunakan sumber daya konseptual maupun sumber daya fisik Untuk mencapai keunggulan kompetitif. (anonim).

        Dalam dunia bisnis menejemen menjadi hal vital, karena manajemen mampu menentukan berhasil atau tidaknya sebuah bisnis yang sedang dijalankan mau dalam tahap perencanaan. Fungsi utamanya adalah mengatur atau menentukan dari biaya, SDM, material dan sebagainya dalam dunia bisnis agar dapat mendapatkan keuntungan.
Terdapat banyak cabang-cabang manejemen diantaranya adalah :
1.      Menejemen sumberdaya manusia adalah pengaturan terhadap pekerja didalam sebuah perusahaan. Pemilihan tenaga kerja didalam dunia bisnis sangatlah penting, karena smber daya manusia jika tidak dikelola dengan baik maka akan menimbulkan kerugian bagi pelaku bisnis. Oleh karena itu pemilihan seseorang atau pekerja sangatlah perlu pertimbangan atau pengaturan agar tidak rugi dikemudian hari.
2.      Menejemen operasi dan produksi
menurut saya adalah cara bagaimana mengatur atau menentukan metode, material, dan keuangan dalam sebuah perusahaan. Jika ada sbuah perusahaan yang memiliki sistem produksi “make to order” maka manajemen operasi dan produksi sangatlah penting diperhatikan. Karena penentuan metode, pemilihan material dan perhitungan keuangan dapat dilakukan terlebih dahulu sebelum membuat barang tersebut. Dengan kata lain menggunakan prinsip POAC (planning, organitation, actualitation , controlling).
3.      Menejemen pemasaran
Pemasaran merupakan kegiatan perusahaan yang menjadi ujung tombak perusahaan untuk bertahan dan juga berkembang serta mendapatkan keuntungan.Manajemen pemasaran dapat di defiisikan sebagai proses penetapan tujuan pemasaran sebuah organisasi dengan mempertimbangkan sumber daya yang tersedia dan juga peluang pasar. Hal yang harus di pertimbangkan adalah perencanaan dan juga pelaksanaan untuk mencapai tujuan serta mengukiur pencapaiannya.
4.      Manajemen keuangan
Manajemen keuangan dapat diartikan sebagai kegiatan perencanaan, pemeriksaan, penganggaran, pengelolaan, pencarian, pengendalian dan juga penyimpanan dana yang dimiliki perusahaan atau organisasi.
5.      Manajemen Informasi
Manajemen informasi dapat di artikan sebagai pengelolaan data yang di dalamnya terdiri dari proses mencari, menyusun, proses klasifikasi serta memperlihatkan semua data yang terkait dengan kegiatan perusahaan.
Dengan informasi yang di sajikan tersebut dapat dijadikan sebagai landasan untuk mengambil keputusan oleh manajemen.

DAFTAR PUSTAKA
Candra Wijaya, Muhammad Rifa’i. 2016. “dasar-dasar manajemen” dalamhttp://repository.uinsu.ac.id/2836/1/Dasar-Dasar%20Manajemen.pdf (diunduh 20 juni 2019)
  Anonym. 2019. Pengertian Menejemen : Fungsi, Tujuan, Unsur, dan Jenis-Jenis menejemem. Dalam https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/pengertian-manajemen.html , diakses pada (20 Juni 2019).
Pahlevi. 2018. Macam-Macam Manajemen. Dalam https://www.pahlevi.net/macam-macam-manajemen/ , diakses pada (20 juni 2019).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar