Juli 25, 2019

Tentang Bisnis


ABSTRAK

Bisnis merupakan kegiatan yang dapat memberikan banyak keuntungan bagi kamu yang dapat memenejemen bisnisnya dengan baik. Lantas apakah kalian tahu pengertian manajemen bisnis dan strategi yang harus di jalankan untuk memulai suatu bisnis? mari kita pelajari sama-sama.
Manajemen bisnis ialah kegiatan dalam merancang, mengelola dan mengoperasikan sebuah usaha atau bisnis. dia mencangkup semua pengaturan baik dari dalam proses pengerjaan suatu bisnis untuk mencapai suatu tujuan yang kamu inginkan. Dari usaha besar sampai usaha kecil pun harus menggunakan manajemen bisnis agar laju usaha kamu mempunyai target dan dapat memenuhinya.
Rencana dalam berbisnis tentu menjadi poin penting yang sangat berperan dalam kesuksesan untuk para pebisnis. Terlepas dari status sebagai pemula atau senior, manajemen bisnis yang baik akan mampu membawa bisnis ke arah yang lebih baik juga. Selain itu ketahanan akan segala jenis tantangan dan hambatan juga bisa menjadi faktor penting dalam berjalannya bisnis Anda. strategi dalam berbisnis pun harus bisa disusun untuk bisa mengetahui tren di pasaran sehingga bisnis tetap bertahan.
Mengingat rencana bisnis adalah seperti konsep pengembangan tertulis dalam bisnis, mala semua gambaran pengelolaan, manajemen, keuangan, pengembangan hingga target dan pemasarannya pun harus terencana secara sempurna. Jangan abaikan target pencapaian jangka pendek hingga jangka panjangnya sehingga hal ini bisa berpengaruh terhadap tata kelola dan manajemen bisnis yang akan Anda jalankan. Perencanaan secara keseluruhan dengan detil dan matang akan membuat gambaran dari bisnis bisa lebih tampak nyata yang membuat Anda lebih mudah dalam menjalankannya.
Sebagai sarana untuk mencapai tujuan bisnis tersebut maka manajemen bisnis memiliki 5 (lima) fungsi yaitu :
1. Perencanaan
Fungsi perencanaan merupakan titik awal untuk anda memnbuat rencana bisnis dan juga bagaimana anda mencapainya.
Namun tahap perencanaan ini tidaklah semudah yang dibanyangkan karena anda harus membuat rencana yang realistis mengenai tujuan bisnis.
Serta anda juga harus memetakan strategi bisnis secara detail dan juga membuat alternatif rencana B jika rencana A gagal.
Dengan demikian anda dapat menjalankan usaha dengan efektif untuk mencapai tujuan atau sasaran.
2. Pengorganisasian
Fungsi manajemen bisnis selanjutnya adalah pengorganisasian yang mengikuti perencanaan yang telah dibuat.
Didalam pengorganisasian, andaharus mengatur segala sumber daya yang dimiliki dalam bisnis lalu mengkombinasikan dan menyinkronisasikan dengan benar.
Dengan fungsi pengorganisasian maka anda dapat menetapkan bidang pekerjaan, hirarki perusahaan dan koordinasi diantara sumber daya yang ada.
3. Staffing
Fungsi staffing atau penetapan staf berhubungan dengan mendapatkan, memaksimalkan dan mempertahankan tenaga kerja yang trampil untuk mencapai tujuan bisnis.
Tujuan dari staffing ini adalah membuat dampat positif terhadap efektifikas bisnis serta dengan staffing maka anda akan memperoleh seseorang yang tepat pada posisi yang tepat untuk melakukan pekerjaan dengan tepat.
Istilah paling populer untuk staffing atau penentapan staf ini adalah delegasi tugas.

4. Leading
Fungsi paling penting dalam proses manajemen bisnis adalah leading atau kepemimpinan.
Memimpin merupakan cara anda menyelaraskan tugas karyawan dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh.
Seorang pemimpin harus pandari untuk memotivasi, mempengaruhi serta meninspirasi karyawan serta membuat kinerja mereka menjadi baik ditempat kerja.
Dengan tenaga kerja yang termotivasi akan mempermudah anda dalam mencapai tujuan usaha atau bisnis.
Karyawan yang termotivasi juga akan memberikan kinerja terbaik mereka serta berpartisipasi secara sukarela untuk mencapai pertumbuhan atau perkembangan perusahaan.
5. Pengendalian
Pengendalian dalam manajemen bisnis adalah proses pemantauan yang dilakukan secara aktif dan konstan terhadap karyawan, proses dan sumber daya lainnya didalam perusahaan.
Hal ini dilakukan untuk melacak seluruh kinerja sumber daya yang ada dan memastikan semuanya telah berjalan pada jalur yang tepat.
Dengan pengendalian sumber daya yang ada dengan akurat maka anda dapat melakukan evaluasi apakah sumber daya tersebut telah optimal digunakan untuk perkembangan usaha.
Selain itu anda dapat melakukan koreksi kapanpun apabila terjadi kesalahan ataupun terjadi penyimpangan.
Jenis manajemen yang dibutuhkan dalam bisnis
1. Manajemen keuangan
Fungsi manajemen keuangan adalah mengatus seluruh keuangan perusahaan agar cash flow dapat berjalan dengan optimal sehingga keuangan perusahaan dalam kondisi yang baik.
Pengelolaan keuangan ini akan membuat seluruh komponen keuangan perusahaan akan terdata rapi serta mempermudah anda dalam melakukan analisa dalam pengambilan keputusan.
2. Manajemen SDM
Salah satu hal terpenting dalam menjalankan usaha adalah sumber daya manusia yang berkualitas.
Hal ini dikarenakan manusia adalah pelaku utama untuk menjalankan usaha dan segala strategi perusahaan yang telah direncanakan.
Karena fungsi SDM sangatlah vital maka diperlukan pengaturan dan pengelolaan khusus dengan sistem yang sering disebut dengan manajemen SDM.
Dengan adanya manajemen SDM maka seluruh SDM akan dapat bekerja sama dengan efektif dan efisien untuk mencapai tujuan atau sasaran perusahaan.
3. Manajemen Operasional
Manajemen operasional adalah proses pengelolaan sumber daya yang ada secara maksimal seperti tenaga kerja, peralatan usaha, mesin, bahan baku, dll.
Fungsi dari manajemen operasional adalah menjalankan dan melaksanakan selurh fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, staffing, kepemimpinan serta pengendalian.
Manajemen operasional sangat penting bagi bisnis karena jenis manajemen ini akanmemastikan seluruh output bisnis anda memiliki kualitas yang baik.
4. Manajemen pemasaran
Tujuan manajemen pemasaran dalam bisnis adalah memastikan bahwa produk yang ditawarkan di minati oleh konsumen.
Oleh sebab itu perusahaan harus mampu untuk melakukan promosi agar target market anda mengetahui tentang produk anda.
Disinilah pentingnya manajemen pemasaran untuk menetapkan tujuan pemasaran bagi perusahaan dengan mempertimbangkan sumber daya yang ada dan peluang pasar.

DAFTAR PUSTAKA


Unknown. Pengertian Manajemen Bisnis. 

Pahlevi . Pengertian bisnis. https://www.pahlevi.net/pengertian-manajemen-bisnis/. September 15 2018




Tidak ada komentar:

Posting Komentar