Jumat, Oktober 18

ALAT BANTU UNTUK PEKERJAAN SOLDER PADA KOMPONEN ELEKTRONIKA


HAND VICE EQUIPMENT SEBAGAI ALAT BANTU KERJA

Oleh BOY RAJA SAHAT TARULI TUA SITUMORANG ( @P08-BOY)

Dalam sebuah pekerjaan teknik maupun non teknik, peralatan adalah sebuah pelengkap yang sangat penting bagi mununjangnya kenyamanan, keselamatan dan peningkatan pencapaian hasil kerja atau pencapaian target. 

 
Gambar di atas adalah proses teknik penyolderan PCB dimana proses tersebut dilakukan secara manual dan sederhana tanpa alat bantu untuk memegang PCB tersebut, dan tentunya kondisi tersebut sangat tidak nyaman karena kita tidak memiliki kebebasan gerak ketika melakukan pekerjaan menyolder dan hal tersebut nantinya tentu akan mempengaruhi hasil pekerjaan, maka dari itu saya memiliki ide untuk mengembangkan sebua produk baru  dan saya harapkan produk yang saya kembangkan dapat membantu dan mempermudah pekerjaan penyolderan.          



Gambar diatas adalah gambar penyolderan dengan alat bantu jepit untuk memegang PCB yang akan di solder, salah satu produk peralatan yang saya kembangkan yaitu sebuah alat yang dapat membantu dan mempermudah dalam pekerjaan soldering pada bidang elektronika dimana alat tersebut merupakan alat yang pengoperasiannya secara manual, sederhana dan sangat mudah dalam penggunaannya sehingga pengopersiannya tidak membutuhkan pelatihan khusus, seperti pada gambar. Di era yang modern seperti saat sekarang ini, kita tidak terhindarkan dari dunia elektronik dan tentunya hal tersebut sudah pasti meningkatkan persentasi pekerjaan dalam bidangnya tersendiri dan tentu pekerjaan soldering akan selalu meningkat.
Pekerjaan soldering pada komponen elektronika membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian yang sangat tinggi sehingga kenyamanan ketika melakukukan pekerjaan soldering sangatlah mempengaruhi hasil akhir pekerjaan, maka dengan demikian saya kembangkan produk baru yang bertujuan meningkatkan kenyamanan bekerja dan diharapkan hasil pekerjaan soldering lebih maksimal, baik dalam pencapaian kapasitas hasil kerja dan kwalitas hasil pekerjaan.
Kelebihan alat yang saya kembangkan yaitu sangat sederhana dalam pengunaannya dan tidak membutuhkan tempat yang luas karena produk yang saya sedang kembangkan saat ini merupakan alat yang desainnya berukuran kecil dan dari segi konstruksi dapat dibagi menjadi beberapa bagian atau dapat dibongkar pasang, sehingga mudah dibawa kemana saja dan tidak membutuhkan ruang yang luas untuk penyimpanannya.
Tujuan utama untuk pemasaran produk yang saya kembangkan adalah usaha-usaha kelas menengah yang bergerak di industri jasa perbaikan peralatan elektronika yang berhubungan dengan proses soldering ( service HP, LAPTOP,TELEVISI dan lain-lain ), sekolah - sekolah teknik yang berhubungan dengan pelajaran soldering pada jurusan ( elektronika, teknik computer dan lain-lain ) dan juga untuk masyarakat luas yang memiliki hobby dalam reparasi atau modifikasi peralatan elektronik.

Dari hasil kreasi dan inovasi yang temukan dan aktualisasikan semoga semakin banyak lagi kreasi dan inovasi yang dapat di kembangkan lagi, sehingga pengetahuan terhadap pengembangan produk tidak akan berhenti dan selalu berkembang.
Munculnya ide dalam pengembangan produk tersebut juga merupakan hasil dari pengalaman pribadi jika ada kalimat atau kata yang salah saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Demikian artikel saya mengenai inovasi produk baru hasil temuan saya. Jika ada pertanyaan silahkan ajukan pertanyaan dikolom komentar, sekian Saya ucapakan Terimakasih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar