Selasa, Oktober 15

Kunci Sukses Pengembangan Produk Baru


Oleh : Nia Kurnia Asih (@N16-NIA)


Pengembangan produk merupakan salah satu bentuk dari manajemen pemasaran. Dengan dilakukannya pengembangan terhadap produk yang sudah dihasilkan perusahaan mengharapkan mampu untuk menaikkan minat pasar seiring waktu berjalan dan dengan kondisi produk yang terus berkembang.

Perusahaan penting mengembangkan produk baru karena untuk mempertahankan tingkat pertumbuhan dan keunggulan perusahaan dan mengganti produk lama. Kenapa perlu adanya pengembangan produk, hal ini salah satu strategi untuk memperpanjang daur hidup produk (life cycle product) sehingga produk tidak mengalami tahap decline. Pengembangan produk ini diperlukan jika produk sudah memasuki tahap maturity yaitu, dimana produk perusahaan mengalami titik jenuh, ditandai dengan tidak terjadi penambahan konsumen sehingga angka penjualan tetap di titik tertentu. Jika produk sudah mencapai tahap ini, dan perusahaan tidak segera melakukan strategi untuk menarik perhatian konsumen dan para pedagang. Hal ini akan mengakibatkan keuntungan yang diperoleh semakin menurun serta penjualan yang cenderung turun.

Sebagian besar pelaku usaha pastinya berusaha untuk menciptakan produk baru yang belum pernah ada sebelumnya. Strategi ini memang cukup efektif, sehingga produk yang diciptakan memiliki daya saing yang cukup kuat dan mampu bertahan di tengah padatnya persaingan pasar. Selain menciptakan produk baru, juga bisa mengembangkan produk yang sudah ada menjadi produk yang luar biasa. 

Dalam hal ini bisa meningkatkan kualitasnya, memperbaharui bentuknya, atau mempercantik kemasan produknya





Saat ini product life cycle begitu pendek, serangan produk-produk impor impor begitu gencar dan persaingan harga tak terhindarkan lagi. Bagaimana menghadapi fenomena tersebut? Banyak pakar marketing memakai strategi USP (unique selling preposition).

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana menciptakan produk dengan USP yang unggul?

Langkah-langkah dalam pengembangan produk baru adalah sebagai berikut:

1. Mencari sumber gagasan produk baru
     Gagasan produk baru bisa diperoleh dari top manajemen, karyawan apakah team sales, tehnisi, atau karyawan pabrik. Saran dan keluhan konsumen, produk competitor, produk lain, catalog, brosur atau iklan.

2. Analisis pengembangan produk baru
Langkah langkah untuk membuat produk unggul adalah sebagai berikut :
  • Mengidentifikasikan peluang yang ada dari sisi sosial, tehnologi, dan ekonomi
  • Mengerti kebutuhan konsumen, yaitu produk harus memenuhi aspek manfaat bagi pembeli, mudah digunakan dan memberikan hasrat untuk memakai.
  • Mengintegrasikan ketiganya melalui rekasaya engeneering, desain industri dan strategi marketing
3. Mengintegrasikan pengembangan produk baru.
Setelah dilakukan analisis pengembangan produk baru, langkah berikutnya adalah menerapkan dalam aspek produksi sebagai berikut:
  • Menggabungkan aspek desain dengan marketing melalui brand image, lifestyle image, easy to use dan harga yang tepat, sehingga menghasilkan produk yang menumbuhkan hasrat untuk membeli.
  • Gabungkan aspek marketing dan engineering melalui fitur fungsional, aman dan tahan banting sehingga menghasilkan produk yang bermanfaat untuk jangka panjang.
  • Menggabungkan aspek desain dan engineering agar menghasilkan produk yang mudah dioperasikan dengan pemilihan material yang tepat dan nilai yang sesuai.


Setelah dilakukan ketiga proses di atas, mudah untuk menentukan keunggulan dari produk yang mau kita buat tersebut, sehingga tidak dengan mudah bersaing hanya dengan cara memangkas harga.


Referensi :
Robert Cooper, Product Leadership: Pathways to Profitable Innovation, Basic Books.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar