Selasa, Oktober 15

Memulai Usaha Pembuatan Lilin dari Sampah Plastik

Septi N Argadewi (@N02-SEPTI)
Apa yang terbesit di pikiran kita kalau denger kata “sampah”? Pasti sebagian dari kita ada yang ngerasa jijik, ada yang cuek aja, mungkin ada juga yang gak mau ngebahas, tapi kalau misalnya ternyata sampah ini bisa jadi sebuah keuntungan buat kita gimana? Kalau kita tau gimana cara mengolahnya pasti kita gak akan mikir gitu lagi, karena ternyata sampah plastik ini bisa kita jadikan sebagai peluang usaha yang menguntungkan loh. Plastik itu memang merupakan bahan elastomer yang secara komersial digunakan oleh masyarakat dan industri untuk membuat barang-barang, ada juga yang diolah jadi pembungkus atau packing dari suatu komoditas, dan masih banyak lainnya. Jaman sekarang ini kita sudah sering lihat, ada begitu banyak industri dari berbagai bidang yang berlomba-lomba menggunakan dan bahkan menciptakan plastik jenis baru untuk produk buatannya, tentunya semua itu disesuaikan dengan kegunaannya. Seperti misalnya kita sering lihat ada banyak makanan dan minuman olahan yang menggunakan berbagai macam jenis plastik, tujuannya itu yang untuk bisa menarik konsumen sebanyak mungkin. Mulai dari plastik berlapis alumunium foil, sampai plastik multilayer yang dianggap aman dan bisa menjaga produk tetap higienis. Makanya pada kali ini saya mau bahas tentang prospek usaha plastik, khususnya usaha pembuatan lilin dari sampah plastik ini.
parafin
1.) Kesiapan Peralatan dan Karakteristik Bahan Baku
Hal pertama yang harus kita perhatikan dalam memulai usaha ini adalah memahami karakteristik bahan bakunya. Kalau pada pembuatan lilin ini, jenis plastik yang bisa kita gunakan adalah jenis PET (Polyethyelene Terephthalate) yang biasanya digunakan untuk pembuatan botol plastik, dan kalau kita bakar kemasannya itu bisa digunakan untuk membuat lilin. Kenapa plastiknya jenis ini? Karena dengan menggunakan jenis PET untuk membuat lilin diharapkan bisa mengurangi limbah plastik yang makin hari makin diabaikan masyarakat. Jadi, dengan kita mengurangi volume limbah plastiknya, sampah-sampah palstik yang cuma dibuang itu akan menurunkan polusi lingkungan. Makanya kita jangan sampai salah memilih jenis plastiknya.
Selain itu, persiapan yang perlu kita lakukan adalah meliputi persiapan dalam pemilihan dan penyediaan tempat serta sarana dan prasarana untuk menunjang proses produksi. Persiapan dan pengadaan  bahan baku serta perlengkapan alat-alat dan mesin pengolah sampah plastik untuk langkah awal memulai suatu usaha. Persiapan bahan baku yang lengkap akan memudahkan saat proses produksi
2.) Kelebihan Produk
Kalau kita lihat, sekarang ini sudah ada banyak banget barang-barang maupun kerajinan tangan yang terbuat dari sampah plastik, ya karena memang harga produksinya jadi lebih murah dan plastik masih punya nilai ekonomis yang tinggi. Bahkan sampah plastik ini sudah menjadi produk fashion tersendiri yang berasal dari barang daur ulang, biasanya sih disebut dengan “Trash Fashion” atau singkatnya jadi “Trashion”. Nah dengan menjadi ‘trashion’ ini, produk-produk kerajinan daur ulang sampah kering nantinya bisa dinikmati gak cuma kalangan menengah ke bawah aja, tapi juga kalangan menengah atas yang biasanya sangat memperhatikan kualitas produk kerajinan yang mau dibeli.
Produk ini sebetulnya merupakan pengembangan dari pengolahan limbah sampah plastik yang diolah sedemikian rupa jadi produk yang lebih bermanfaat. Keunggulannya dari produk ini adalah memanfaatkan limbah sampah plastik yang kesannya gak berguna, tapi bisa diolah jadi sesuatu yang bisa bermanfaat. Lilin berbahan dasar limbah plastik ini juga bisa kita bentuk sesuai dengan keinginan kita, bisa lebih variatif, jadi bisa lebih meningkatkan nilai ekonomisnya
3.) Perolehan Bahan Baku
Sebetulnya untuk bahan bakunya sendiri kita gak perlu susah-susah sih, kalau mau gampang sebetulnya bahan bakunya ini bisa kita peroleh dari para pemulung atau pengepul sampah plastik dari berbagai daerah di sekitar rumah kita.
4.) Peluang Pasar
Peluang pasar dari lilin ini kalau dibilang sih punya prospek yang cukup cerah, kenapa? Karena dengan kita buat berbagai macam bentuk dan wangi dari lilin ini jadi bisa dijadikan gak cuma sebagai alat penerang saja, tapi juga bisa dijadikan sebagai hiasan di dalam atau di luar rumah. Selain, itu lilin ini juga bisa dijadikan sebagai buah tangan. Jadi lilin ini bisa menarik perhatian masyarakat dan bisa membuka peluang pasar yang cukup besar
  1. Strategi Pemasaran
Jadi, yang saya maksud dengan strategi pemasaran disini itu adalah strategi harga, proses promosi, dan cara distribusinya. Kalau secara umum sih, dalam proses pemasaran produk yang baru, sektor promosi iniah yang sangat penting untuk kita lakukan, karena dari sini nanti orang akan tau kalau kita punya produk baru yang kita jual. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan produk, yaitu:
a.) Penyebaran informasi secara langsung
Cara yang satu ini yang paling simpel, gak butuh modal, dan bisa kita lakukan dimana aja dan kapan aja. Penyebaran informasi secara langsung ini kita lakukan dengan cara promosi dari mulut ke mulut, ya bisa dimulai dari keluarga, tetangga dan teman-teman kita. Nanti kalau sudah, diharapkan kita bisa memberi kejelasan produk yang lebih efektif dan setelah itu, diharapkan konsumen secara otomatis akan bisa menyebarkan keunggulan produk kita kepada orang lain lebih banyak lagi.
b.) Penyebaran informasi secara tidak langsung
Cara yang ini lebih ke cara konvensional, yaitu dengan menyebarkan brosur atau pamflet ke orang-orang atau juga bisa menempelkan poster di beberapa titik keramaian. Pokoknya isinya itu adalah kita menyampaikan dan menggambarkan keunggulan produk lilin buatan kita ini.
c.) Penyebaran informasi melalui sarana teknologi
Nah cara ini nih yang sekarang paling sering dipakai orang-orang, karena memang caranya yang gampang, praktis, dan juga gak perlu modal banyak. Semakin berkembangnya teknologi dan fasilitas internet, kita jadi lebih mudah melakukan promosi dan menjangkau ke tempat yang lebih jauh lagi. Jadi, promosi ini bisa kita lakukan melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram, .dll. Bisa juga via portal situs penjualan online, dan juga bisa melalui broadcast BlackBerry Messanger. Pokoknya masih banyak cara yang lainnya deh.
6.) Kebijakan Distribusi
Cara distribusi yang bisa kita lakukan adalah dengan menjualnya secara langsung kepada konsumen. Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang berkaitan seperti toko, pusat oleh-oleh, minimarket juga perlu jadi kita bisa menitipkan produk di tempat itu.
Usaha pembuatan lilin dari sampah plastik gak cuma menguntungkan, tapi kita juga bisa memberikan dampak positif untuk lingkungan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar