Selasa, Oktober 15

Mendalami Arti Pengembangan Produk Baru

Oleh: Hari Setiawan (@N38-HARI)

Pengembangan produk baru adalah suatu proses dari pencarian ide-ide untuk barang-barang dan pelayanan-pelayanan baru, dan mengubahnya menjadi tambahan lini produk yang berhasil secara komersil ( Darymple & Parsons, 2000, p. 219 ). Alasan dasar perusahaan mengembangkan produk baru adalah untuk menggantikan item-item yang telah kehilangan minat dari konsumen. Pengenalam item baru membantu meningkatkan pendapatan dan keuntungan bagi perusahaan

Berikut ini penjelasan pengembangan produk  dari beberapa tokoh:
1.      Assaury (1996) mengatakan bahwa pengembangan produk (product development) adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan dalam menghadapi kemungkinan perubahan suatu produk ke arah yang lebih baik sehingga dapat memberikan daya guna maupun daya pemuas yang lebih besar.
2.      Guiltinan (1991) mengatakan bahwa pengembangan produk (product develpoment) adalah suatu kebutuhan dan keinginan yang selalu berubah mengakibatkan adanya segmen baru atau adanya persaingan dan perubahan teknologi.
3.      Sigit (1992) mengatakan bahwa pengembangan produk (product development) disebut juga merchandising adalah kegiatan-kegiatan manufacturer ( pembuat barang ) atau middlemen ( perantara ) yang bermaksud melakukan penyesuaian barang-barang yang dibuat atau ditawarkan untuk dijual atas permintaan pembeli.
4.      Kotler dan Armstrong (1996) mengatakan bahwa pengembangan produk adalah strategi untuk pertumbuhan perusahaan dengan menawarkan produk baru atau yang dimodifikasi ke segmen pasar yang sekarang.
               Keempat pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa pengembangan produk adalah suatu usaha yang dilakukan perusahaan melalui perbaikan bentuk, penyederhanaan, pembentukan kembali, menambah desain atau model dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan konsumen atau pelanggan.                

Contohnya adalah perusahaan teh botol sosro yang semula hanya menjual teh dalam kemasan botol beling yang tidak convenient bagi sebagian orang. Lalu produk tersebut dikembangkan dengan membuat variasi kemasan yang lebih fleksibel agar konsumen dapat membawa dan menyimpan minumannya dengan lebih nyaman. Variasi kemasan dilakukan dengan memproduksi produk teh botol dalam kemasan kotak berbahan seperti karton yang tebal. Hal ini terbukti berhasil dan dapat masuk ke pasar sehingga konsumen tidak perlu direpotkan lagi dengan kemasan botol kaca yang tidak nyaman jika dibawa-bawa. Pengembangan produk adalah penting dilakukan mengingat tren dan kemajuan teknologi yang begerak dinamis secara terus-menerus. Agar dapat bertahan, perusahaan yang memproduksi produk tertentu harus mampu beradaptasi dengan lingkungan dan perkembangan zaman. Pengembangan produk sebuah perusahaan adalah hasil dari kepekaan sebuah perusahaan terhadap perkembangan zaman dan kemajuan teknologi agar pasar dapat terus dijangkau.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar