Oktober 15, 2019

PENGEMBANGAN PRODUK HIJAB MASA KINI

Sekarang perempuan mengenakan hijab tidak hanya sebagai kewajibannya sebagai muslimah untuk menutup aurat tetapi juga sudah menjadi tren fashion. Pengguna hijab ini mulai dari anak kecil hingga orang tua. Tidak dapat dipungkiri, tingginya kebutuhan hijab ini merupakan sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Sehingga tidak heran jika kini banyak pelaku bisnis yang menjual hijab sebagai bisnis utamanya. Agar bisnis hijab Anda  dapat bersaing, berkembang dan mendapatkan keuntungan yang terus meningkat maka Anda harus memiliki strategi pemasaran yang tepat. Lalu apa saja strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis hijab? Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan.









SURVEY
Untuk memasarkan hijab sebaiknya Anda lakukan survey terlebih dahulu. Survey dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi seperti selera pasar, perkembangan model tren hijab, dan sebagainya. Survey dapat dilakukan secara sederhana, misal dengan bertanya kepada orang-orang sekitar, mengamati gaya, melakukan survey dengan bantuan internet. Dengan begitu hijab yang akan Anda jual merupakan hijab masa kini yang dibutuhkan dan inginkan konsumen. Jika Anda tidak melakukan survey dikhawatirkan hijab yang ditawarkan merupakan hijab model lama yang sudah tidak banyak peminatnya.

MEMBUAT BRAND
Nama brand juga dapat menjadi sebuah strategi untuk marketing. Buatlah nama brand atau nama toko yang unik dan mudah diingat oleh pembeli. Sehingga saat pembeli menceritakan pengalamannya menggunakan produk hijab Anda dapat langsung menyebutkan brand Anda. Selain itu, di setiap produk sebaiknya juga diberikan brand Anda agar orang lain dapat melihat dari orang yang memakainya.

PERHATIKAN KUALITAS
Strategi pemasaran yang selanjutnya yakni menetapkan harga yang sesuai dengan kualitas dari hijab Anda. Jika kualitas produk hijab bagus, maka Anda dapat menetapkan harga yang tinggi. Namun, jika kualitas hijab tidak terlalu bagus maka berikan harga yang rendah. Jangan menetapkan harga tinggi dengan kualitas yang rendah. Hal ini karena dapat menghambat perkembangan bisnis Anda. Sekarang konsumen semakin pintar jadi berikan harga yang kompetitif. Ingat, kompetitor Anda juga banyak, akan sangat mudah bagi konsumen untuk memilihnya. Agar konsumen atau pembeli tidak menghilang maka berikan harga dan produk yang bersaing. Akan lebih baik jika Anda bisa menjual hijab dengan kualitas yang baik dan harga yang cukup rendah.





PEMASARAN
Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan media digital untuk memasarkan bisnis hijab Anda. Dengan perkembangan teknologi, digital marketing merupakan  metode pemasaran yang efektif untuk diterapkan. Untuk pemasaran menggunakan media digital atau media sosial Anda dapat menggunakan seperti:
a. Facebook ads
Facebook ads merupakan fitur iklan atau pemasaran yang ditawarkan oleh Facebook. Anda dapat membuat iklan suatu fanpage yang sebelumnya sudah dibuat dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan. Facebook ads merupakan media marketing yang cukup efektif pada saat ini.
b. Instagram
Selain Facebook, Anda juga dapat memanfaatkan instagram untuk berpromosi. Pengguna social media seperti instagram dari tahun ke tahun mengalami kenaikan sehingga ini merupakan peluang yang besar untuk memasarkan bisnis hijab Anda. Dengan begitu, produk hijab Anda akan semakin dikenal banyak orang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar