Senin, Desember 30

REVIEW ENFEST 2019 @P37-ARDIAN

Pusat Kewirausahaan Universitas Mercu Buana kembali menyelenggarakan Entrepreneur Festival 2018 dengan mengusung tema “How to Find the Perfect Idea for your Business”. Sebanyak 64 stand dan 104 poster ambil bagian dalam Festival Kewirausahaan (Entrepreneur Festival) Universitas Mercu Buana Tahun 2019.
Rektor Universitas Mercu Buana Prof Dr Ngadino Surip dalam sambutannya ketika membuka Festifal Kewirausahaan, berharap agar ide-ide kreatif mahasiswa tidak berhenti sampai di sini saja, tetapi pembinaannya harus berkesinambungan. Tidak berhentik pada satu kegiatan saja, sehingga UMB dapat menciptakan entrepreneur baru yang tangguh dan handal.
“Jiwa Kewirausahaan yang dibangun sekarang ini akan dirasakan manfaatnya pada masa yang akan datang. Generasi milenial tidak lagi mencari pekerjaan, tapi justru membuka lapangan kerja untuk masyaraka,” ucap Prof. Dr. Ngadino Surip di kampus UMB, Jakarta, Kamis (20 Desember 2018)
Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Festival Kewirausahaan 2018, Wahyu Hari Haji, di sela-sela pameran mengatakan, setiap stand terdiri dari 3 hingga 5 orang mahasiswa lintas fakultas, dan menampilkan 5-10 produk yang berbeda. Sementara Festival Poster menyuguhkan berbagai ide kreatif mahasiswa berikut analisis permasalahan dan solusi serta peluang bisnisnya ke depan.
Wahyu mengakui, jumlah wirausahawan di Indonesia masih sangat rendah yakni baru mencapai 3,1 persen dari jumlah penduduk. Untuk itulah, di Universitas Mercu Buana proses penciptaan wirausahawan ini mendapat prioritas khusus dan dimulai sejak dini.
"UMB mendorong alumninya kelak bisa menjadi pengusaha serta menciptakan lapangan perkerjaan bagi masyarakat, bukan hanya mencari pekerjaan di perusahaan-perusahaan atau instansi/lembaga,” ungkapnya.
Wahyu menambahkan, dari Festival Kewirausahaan ini biasanya muncul ide-ide usaha yang bisa dikembangkan menjadi startup (bisnis rintisan) dan dapat memanfaatkan skema-skema insentif yang ditawarkan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).
"Alhamdulillah, tahun kemarin UMB berhasil mendapatkan insentif Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Karsa Cipta dari Kemristekdikti. Didapatkannya insentif ini tentunya tidak terlepas dari kesinambungan UMB menggelar Festival Kewirausahaan semacam ini,"
Jakarta, Sabtu (6/7/2019) - Jiwa kewirausahaan yang dibangun sekarang ini akan dirasakan manfaatnya pada masa yang akan datang. Dengan semangat yang dipersiapkan ini, mahasiswa diharapkan dapat menciptakan sendiri lapangan kerjanya dan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat.
Hal tersebut menjadi latar belakang penyelanggaraan kegiatan Entrepreneur Festival (Enfest) 2019 yang diadakan oleh Pusat Pengembangan Kewirausahaan Universitas Mercu Buana dan berlangsung dari Kamis (4/7/2019)-Sabtu (6/7/2019).
Komunitas Sahabat UMKM BPD DKI Jakarta mendapatkan kesempatan untuk menjadi narasumber pada kegiatan Seminar Nasional Kewirausahaan yang menjadi rangkaian kegiatan dalam Enfest 2019.
Ketua BPD DKI Jakarta, Intan Anggraeni Mokoginta, hadir sebagai narasumber dalam kegiatan seminar dan berbagi semangat kewirausahaan kepada para mahasiswa yang hadir di acara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar