Selasa, Maret 10

CIRI CIRI WIRAUSAHA YANG BAIK DAN BENAR

Pengertian Kewirausahaan 

Secara umum, pengertian kewirausahaan adalah suatu proses dalam melakukan atau menciptakan sesuatu yang baru dengan cara kreatif dan penuh inovasi yang memberikan manfaat bagi orang lain dan bernilai tambah.

Ada juga yang menjelaskan definisi kewirausahaan adalah suatu sikap mental seseorang yang memiliki kreativitas, aktif, bercipta daya untuk membuat sesuatu yang unik dan baru dan dapat bermanfaat bagi banyak orang. Kewirausahaan memiliki proses yang dinamis untuk menciptakan sesuatu yang disertai tenggang waktu, modal, sumber daya dan juga risiko.

Secara bahasa , arti kewirausahaan adalah suatu proses untuk mengembangkan, mengindentifikasi, dan mewujudkan visi dan misi dalam kehidupan. Kata “Kewirausahaan” berasal dari kata wira dan usaha. Menurut Kamus Bahasa Indonesia, Wira berarti; pejuang, berani dan berwatak agung, berbudi luhur. Sedangkan kata Usaha berarti; bekerja, berbuat amal, berbuat sesuatu.



Berikut , Ciri Ciri Wirausaha yang Baik dan Benar

1. Selalu berpikir positif

Berpikir positif selalu menjadi hal yang penting dalam setiap langkah yang kita ambil dalam hidup. Begitu pun dengan berwirausaha, harus selalu berpikir positif akan setiap peluang yang ada sehingga anda tidak dihantui oleh rasa takut akan gagal dan anda akan bersikap optimis pada setiap hal yang terjadi saat menjalankan usaha.

2. Bersikap percaya diri

Selain memiliki sikap yang berani kita juga harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi dalam menjalankan usaha dan perusahaan yang anda dirikan sendiri. Secara tidak langsung, sikap percaya diri ini akan mendukung anda dalam mengerjakan setiap pekerjaan serta menjalaninya dengan sikap yang tenang.

3. Berani mengambil setiap resiko yang ada

Resiko akan selalu ada dalam setiap pilihan atau keputusan yang kita ambil, maka dari itu kita harus selalu berani menghadapi resiko apapun yang mungkin terjadi pada usaha anda. Resiko yang mungkin terjadi itu misalnya kecelakaan, kerugian, dan kegagalan. Semua itu harus selalu anda hadapi, karena dalam berbisnis semakin tinggi resikonya maka keuntungannya pun akan semakin besar.

4. Berjiwa pemimpin

Ini juga menjadi modal utama anda dalam mendirikan suatu perusahaan karena di sini kita menjadi pemimpinnya. Jika terjadi suatu persoalan atau masalah yang tiba-tiba muncul, kita harus sigap berada di depan untuk menghadapinya dan berusaha memecahkannya tanpa membebankan orang lain.

5. Selalu berorientasi ke depan

Seorang enterpreuner sejati harus selalu siap dalam berpikir bagaimana situasi ke depan serta memiliki prediksi yang tepat dalam mencari peluang yang baru untuk kemajuan usahanya. Seorang wirausaha harus memiliki literasi yang kuat dan keluasan wawasan untuk mengembangkan setiap ide untuk masa depan.

6. Berorientasi pada hasil

Setiap menjalankan tugas sebagai seorang wiraswasta, maka kita harus selalu berorientasi pada setiap hasil yang ada. Ini juga penting karena setiap hambatan yang mungkin muncul tidak akan membuat kita menyerah tapi kita akan merasa tertantang sehingga hasilnya pun sesuai dengan yang sudah direncanakan.

7. Memiliki semangat dan kemauan keras 

Seorang dapat dikatakan wirausaha selain berani mengambil risiko haruslah memiliki semangat dan kemauan yang keras untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar