Minggu, Maret 22

kuis kwh 3

Nama : Erlin Setyowati
Nim    : 41819010048
Jenis usaha : Tshirt
  

Tshirt /shirt (baju atau kaos) merupakan salah satu usaha peluang usaha yang sangat cocok digeluti anak muda. Saya katakan demikian karena dalam membuat kaos distro dibutuhkan kreatifitas, baik dari segi desain maupun strategi promosi produknya. Namun demikian pangsa pasar kaos distro tidak terbatas pada kaum muda saja. Cakupan bisnis kaos distro cukup luas, mulai dari anak-anak hingga dewasa, laki-laki maupun perempuan. Tergantung pada konsep distro yang hendak kita bangun .berikut maind mapping mengenai perencanaan bisnis tim saya.


                         
Mind mapping diatas menjelas mengenai perencanaan bisnis kaos distro saya dan tim saya mulai pembuatan, pemasaran atau penjualan



Minggu pertama :
Pada saat minggu pertama saya mulai mencari orang-orang yang tidak mengambil mata kuliah kewirausahaan seusai ketentuan dari dosen saya , dan akhirnya saya mendapatkan orang-orang yang tidak mengambil mata kuliah kewirausahaan.  Selanjutnya saya mengrekrut mereka untuk masuk menjadi tim saya sebanyak tiga orang untuk bias diajak bekerjasama dalam menjalankan bisnis bersama saya. Berikut biodata saya dan tim saya :
Biodata kelompok :
1.      Nama : Erlin setyowati
Nim : 41819010048
Universitas : Mercu Buana
Prodi : Sistem Informasi
Angkatan : 2019
No hp : 081312154611
Email : erlinsetywati154@gmail.com
Kemampuan : Mampu berkomunikasi dengan baik, berorganisasi

2.      Nama : Didin Suseno
Nim : 43117010393
Universitas : Mercu Buana
Prodi : Manajemen
Angkatan : 2017
No hp : 089601184431
Email : didinsuseno@gmail.com
Kemampuan : Organisasi, Komunikasi, Enterpreneur

3.      Nama : Fiastara Seikha Arthanev
Nim : 41819010074
Universitas : Mercu Buana
Prodi : Sistem informasi
Angkatan : 2019
No hp : 08953227774755
Email : fiasseikha@gmail.com
Kemampuan : Organisasi, Komunikasi, Enterpreneur
                                   
4.      Nama : Thimothy Kurnia
Nim : 41819010076
Universitas : Mercu Buana
Prodi : Siatem informasi
Angkatan : 2019
No hp : 088211872680
Email : timothykurnia6@gmail.com
Kemampuan : Organisasi, Komunikasi, Enterpreneur
Minggu kedua
Diminggu kedua ini saya dan tim saya mulai sering berkumpul besama untuk berdiskusi perihal membahas, diantaraanya :
Mencari konsep yang unik yang tujuannya yaitu untuk mencari konsep yang unik dan punya nilai jual.
Tentukan mitra yang cocok berkaitan dengan konsep bisnis kami yaitu kaos distro kita akan membutuhkan mitra bisnis. Seperti misalnya mitra sablon yang megerjakan produksi kaos yang kami buat desainnya, dan mitra supplier untuk menjual kaos kami yang sudah jadi.
Desain strategi promsi, dalam bisnis kaos distro ini kita mungkn bukanlah pemain pertama, sudah banyak distro-distro yang sudah berdiri sejak lama dan  sudah ‘punya nama’. Jadi sebagai pemain baru, kita harus mimiliki strategi yang manjur, salah satu contohnya seperti strategi pemasarasan kaos distro.
Mempersiapkan modal, awalnya kami menggali modal untuk memluai bisnis kaos distro ini dari berbga sumber akan tetapi modal yang terkumpul masih sangat kurang, akhirnya kami memutuskan dengan bekeja sama bersama dengan supplier kaos, yang konsepnya kami tinggal mendesain gambar untuk kaos distro tersebut setelah itu desain gambar tersebut kami berikan kepada supliernya, setelah jadi supplier akan memberikan kaos distro yang sudah jadi kepada kami untuk kami jual, intinya disini kami lebih fokus mendesain gambar, dan menjual produk tersebut.
Minggu ketiga
Diminggu ketiga kami telah mendiskusikan menngenai tips sukses bisnis kaos distro diantaranya :
1.      Desain Yang Kuat. Sebagaimana tadi disebutkan diawal bahwa kekuatan utama usaha distro adalah DESAIN. Jadi jika ingin sukses dalam usaha distro tim saya harus memiliki desain yang bagus, unik, punya ciri khas, dan disukai banyak orang.

2.       Limited dan Berkualitas. Selain desain, limited  (terbatas) dan berkualitas juga menjadi kunci keberhasilan usaha kaos distro. Salah satu alasan kenapa membeli baju distro adalah karena produk distro dibuat secara terbatas. Keterbatasan jumlah membuat kaos distro menjadi terkesan unik dan eksklusif. Jadi kami harus  bisa menjaga eksklusifitas desain kaos distro yang kami hasilkan. Batasi jumlah produksi tiap desainnya. Dan jangan lupa jaga kualitas.


3.       Kuasai Satu Ceruk Market. Sebagai pemula dalam usaha kaos distro, Anda tidak bisa berharap serta merta mengusai semua pangsa pasar. Akan lebih bijak jika Anda memulainya dengan satu ceruk market yang tertarget. Bidik satu komunitas, jika mampu buat komunitas untuk bisnis distro tim saya. Kekuatan komunitas ini akan menjadi kekuatan pasar bagi usaha distro yang Anda rintis.

4.       Jangan Lupakan Bisnis Plan. Setiap memulai usaha baru, selalu awali dengan membuat bisnis plan. Begitu pentingnya bisnis plan, dialah yang akan menuntun tim saya kembali jika suatu saat ditengah jalan ada salah satu tim saya yang main serong dengan bisnis lain, atau jika suatu saat bisnis melenceng dari yang sudah direncanakan.

5.       Go Online. Bidang fashion menempati urutan pertama dalam penjualan barang secara online. Jadi tim saya menggeluti usaha bidang fashion namun tidak merambah pemasaran online, maka tim saya termasuk orang-orang yang merugi. Apalagi usaha kaos distro yang pangsa pasar utamanya adalah anak muda. Generasi mudah menempati urutan pertama kelompok usia sebagai konsumen bisnis online. Jadi tunggu apalagi… Segera buat website dan susun strategi pemasaran online. Perhatikan Cara Bisnis Baju Online seperti yang pernah dimuat di Pojok Bisnis.

6.       Bangun Brand. Jangan hanya jualan, tapi bangunlah brand. Jualan itu penting untuk mendatangkan cash flow, namun brand lah yang bakal menyangga bisnis Anda untuk jangka waktu yang lama. Jadi jika ingin bisnis jangka panjang, selalu bangunlah brand.
    




Tidak ada komentar:

Posting Komentar