Senin, Maret 23

KUIS3-IDE BISNIS-41819010058


Nama                                    : Marisa Fatimah
NIM                                      : 41819010058
Kode pebisnis                       : @Q24-MARISA
Bidang bisnis                        : Makanan
Nama Produk bisnis              : M’Seblak

Usaha kuliner merupakan jenis usaha yang banyak diminati di kalangan masyarakat , mengapa demikian karena usaha kuliner dapat menghasilkan jumlah pendapatan yang menjanjikan. usaha kuliner itu banyak jenisnya mulai dari makanan , minuman , serta kue - kue yang bentuknya menarik dan lain lain. dalam karya ini jenis kuliner yang akan dibahas adalah kuliner makanan yaitu seblak , kuliner ini sudah banyak dijumpai dimana mana karena makanan yang mempunyai harga yang terjangkau dan makanan yang mempunya cita rasa yang enak sekali.Usaha kuliner di kalangan masyarakat sudah tidah aneh lagi mengapa demikian karena usaha kuliner dapat menghasilkan jumlah pendapatan yang menjanjikan . banyak dari masyarakat ingin membuat usaha kuliner karena mereka melihat usaha kuliner berkembang sangat baik sekali prospeknya, dengan begitu banyak masyarakat yang ingin mencoba bisnis atau usaha kuliner.
 Bisnis yang akan saya tekuni yaitu bisnis kuliner seblak . seblak adalah makanan khas daerah sunda , jawa barat , yang disajikan dengan bumbu pedas dan seblak terbuat dari kerupuk yang direbus atau kerupuk yang dibantatkan dengan diberi bumbu bawang merah , bawang putih , garam , tomat dan jenis bahan lainnya . usaha seblak ini jenis usaha yang sangat diminati karena usaha ini dapat menghasilkan jumlah penghasilan yang sangat baik , seblak makanan yang mempunyai cita rasa yang enak kemudian dapat membuat efek ketagihan bagi yang telah membelinya.
Apapun bisnis yang akan ditekuni haruslah memiliki perancanaan yang baik,tujuannya untuk  bisnis yang kita tekuni agar berjalan dengan baik.Kita perlu merancang ide atau gagasan untuk statregi bisnis contohnhya stategi bisnis dalam bidang makanan yang bernama M’seblak ini saya merancang bisnis saya untuk kedepannya bagaimana bisnis ini berjalan.
I. Strategi Operasional
-Desain Kemasan dan Branding Merek, hal ini akan memberikan nilai tambah dan image produk
Standarisasi Produk, hal yang perlu dijaga adalah kualitas dan citra rasa produk. Ciri khas masakan Anda yang telah dikenal oleh user tidak boleh berubah-ubah, Anda perlu membuat “Standard Recipe” atau standarisasi resep masakan
-Membuat Daftar Menu, Jika Anda melayani usaha catering di perumahan, perkantoran, atau di pabrik, membuat siklus daftar menu harian, mingguan, hingga bulanan adalah suatu keharusan, buatlah variasi menu dengan teliti dengan mempertimbangkan aspek biaya yang secara signifikan mempengaruhi harga jual ;
-Perencanaan Sumber Daya Manusia, sebagai persiapan dimana bisnis Anda akan berkembang pesat di masa yang akan datang, sudah seharusnya Anda mempersiapkan calon tenaga
-Perencanaan kapasitas produksi yang optimal, Kita harus bisa menghitung berapa jumlah kapasitas produksi minimum yang menghasilkan laba sama dengan nol atau Break Event Point (BEP) dimana jumlah kapasitas produksi harus bisa menutupi seluruh biaya yang telah dikeluarkan, buat target usaha di awal dan Anda harus bisa melampaui angka ini.
-Perencanaan Harga Jual, Anda harus menetapkan harga jual yang bersaing baik dari sisi kualitas maupun kuantitas, dapat mengklasifikasi biaya (Cost Accounting) dalam penentuan HPP atau Harga Pokok Produksi (Cost of Good Sold), pastikan seluruh komponen biaya dihitung baik secara langsung (Direct Cost) maupun tidak langsung (Indirect Cost) dan termasuk di dalamnya biaya penyusutan peralatan (Depreciation Cost) ;
-Perencanaan Manajemen Persediaan, Kita harus mampu merencanakan berapa jumlah persediaan (Inventory) yang paling minimum dan efektif namun tidak menggangu proses produksi.
-Pengendalian dan pengawasan kualitas produk (Quality Control), Kita harus mampu mengawasi proses produksi mulai dari awal hingga produk jadi. Pilihlah supplier bahan baku yang terpercaya, namun harus tetap memeriksa apakah bahan baku yang dikirim kualitasnya dalam kondisi baik, dan yang terpenting periksalah kualitas produk jadi apakah sudah sesuai dengan standarisasi yang telah ditetapkan hal ini untuk menjaga tingkat kepuasan konsumen.

Alasan atau faktor mengapa seblak banyak yang menjual  :
  1. Seblak mempunyai harga yang murah
 Makanan yang mempunyai harga yang murah biasanya banyak dibeli dan banyak dicari orang , salah satunya seblak , selain harganya enak disisi lain harganya murah dan dapat dijumpai dimana mana .
 2.Modal tidak terlalu besar
Modal dalam pembuatan usaha sangat penting karena dengan adanya modal usaha yang akan dibuat atau diinginkan dapat terlaksana. dalam usaha seblak , modal yang dipakai tidak terlalu besar.
3. Peluang usaha seblak sangat baik kedepannya              
 jenis usaha seblak ini merupakan jenis usaha yang prospek kedepannya baik karena banyak dari masyarakat yang mencari dan membelinya mulai dari anak kecil , kaum remaja , hingga yang sudah tua . seblak makanan yang mempunyai rasa yang enak , gurih , pedas , asin dan juga seblak mempunyai berbagai variasi rasa maka seblak mampu bertahan dan maju di persaingan bisnis usaha kuliner .
                Dan ternyata selain itu saya juga pernah membaca di sebuah web ada beberapa manfaat jika kita mengkonsumsi seblak,manfaat itu diantaranya:
1.Berat Badan menurun
Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa makanan pedas dapat membakar lebih banyak kalori karena mampu meningkatkan metabolisme hingga 8 persen. Selain itu, biasanya orang tidak akan mampu menghabiskan satu porsi makanan pedas, sehingga kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit.
2.Membuat jantung sehat
Senyawa capsaicin dalam makanan pedas dapat memunculkan sensasi panas di lidah. Rasa panas di lidah terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat. Dalam sebuah studi oleh American Chemical Society disebutkan bahwa kandungan capsaicin dapat membantu mengurangi penumpukan kolesterol sekaligus meningkatkan aliran darah dengan menghambat gen yang menyebabkan penyempitan arteri di jantung.
3.Mencegah kanker
Menurut data dari American Cancer Society, beberapa makanan pedas terbukti memiliki sifat penangkal kanker. Capsaicin telah terbukti memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab kanker prostat. Selain cabai, rempah-rempah pedas yang mengandung curcumin antioksidan aktif juga diklaim dapat mencegah kanker.
4.Menurunkan tekanan darah
 Senyawa capsaicin dapat meningkatkan nitric oxide yang dapat melindungi peradangan dan menurunkan tekanan darah. Dari semua makanan pedas, cabai rawit diyakini paling cepat menurunkan tekanan darah dibanding jenis cabai lain.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar