Selasa, Maret 10

Menumbuhkan dan Menerapkan Jiwa Kewirausahaan



Oleh : Annisa Nurfadhiilah (@Q19-ANNISA)


       Kewirausahaan adalah perilaku dan kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang bisa bermanfaat dan memiliki nilai jual. seorang yang memiliki semangat, sikap perilaku dan kemampuan kewirausahaan disebut dengan wirausaha.

            Jiwa wirausaha adalah jiwa kemandirian untuk mencari sebuah sumber penghasilan dengan membuka usaha ataupun menyalurkan kreatifitas yang dimiliki seseorang untuk kemudian dijadikan sebuah lahan untuk mencari penghasilan, jiwa kewirausahaan ditanamkan sejak seseorang mulai sadar bahwa uang itu penting dan seseorang tersebut memeliki keterampilan atau sesuatu hal seperti barang atau jasa yang bisa dijual, sesorang akan belajar untuk lebih mandiri, berfikir kritis, dan maju apabila ditanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini, kerena dia akan berfikir tentang bagaimana mengolah hasil dari keterampilan ataupun hasil pembelajaran yang selama ini dia lakukan untuk dijadikan sebuah karya yang dapat dijual, entah itu makanan, pakaian, jasa, atau barang-barang lain.

       Sebagian banyak orang akan ketakutan dan berfikiran apakah usaha yang akan dijalankan nantinya akan berhasil atau gagal dan bahkan menimbulkan kerugiaan. Tetapi pada dasarnya setiap orang memiliki peluang untuk menjadi seorang wirausaha. Namun karena sebagian orang tidak berani mengasah bakat dan minat yang dimiliki, sehingga dari beberapa pelaku usaha belum berani action atau melakukan perubahan dalam menjalankan usahanya dan sebagian lagi  pelaku usaha telah berhasil menjadi pengusaha sukses karena berani melakukan inovasi baru atau melakukan perubahan pada usahanya.
Tentunya kita tidak ingin menjadi salah satu orang yang gagal, maka dari itu dibutuhkan mental yang pemberani untuk menhilangkan semua rasa ketakutan tersebut serta tekad yang kuat untuk menumbukan jiwa kewirausahaan di diri sendiri.

Maka untuk menjadi wirausaha yang sukses dan tangguh , seorang pelaku usaha atau wirausaha harus menerapkan hal seperti berikut :

  1. Seorang wirausaha harus mampu berfikir secara kritis dan kreatif yaitu berani keluar dari kerangka bisnis yang ada dan menghasilkan ide-ide yang inovatif.
  2. Seorang wirausaha harus bisa membaca perkembangan dunia usaha.
  3. Seorang wirausaha harus dapat menunjukkan nilai lebih dari produk yang dimilikinya, agar konsumen tidak merasa produk yang ditawarkan terlalu mahal.
  4. Seorang wirausaha harus bisa menjawab tantangan masa depan dan mampu menjalankan konsep manajemen dan teknologi informasi. Hal ini bertujuan untuk mempelajari segala situasi bisnis atau usaha yang cepat berkembang dan berubah sangat cepat. Untuk itu perlunya daya kreativitas yang tinggi, analisis yang baik, intuisi yang tajam, kemampuan social media yang mendukung, serta strategi jitu dalam memasarkan produk atau jasa yang dimilikinya.

KESIMPULAN
Untuk menjadi seorang wirausaha harus memiliki mental yang kuat dan juga berfikir yang kritis agar bisa mencetuskan ide-ide yang inovatif untuk usahanya.


DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar