Selasa, Maret 10


Wirausaha Budidaya Lele

Peranan Kewirausahaan Dalam Pekerjaan Sehari-hari

Seorang wirausaha berperan baik secara internal maupun eksternal. Secara internal seorang wirausaha berperan dalam mengurangi tingkat kebergantungan terhadap orang lain, meningkatkan kepercayaan diri, serta meningkatkan daya beli pelakunya. Secara eksternal, seorang wirausaha berperan dalam menyediakan lapangan kerja bagi para pencari kerja. Dengan terserapnya tenaga kerja oleh kesempatan kerja yang disediakan oleh seorang wirausaha, tingkat pengangguran secara nasional menjadi berkurang.
Nah, contoh wirausaha dalam pekerjaan sehari-hari yaitu, budidaya ikan lele.
Minat anak muda pada dunia pertanian dan peternakan jaman sekarang kian menurun. Padahal potensi usaha dalam bidang tersebut sangat menjanjikan. Menjadi seorang wirausaha tidak harus memiliki modal yang besar. Jika Anda punya tekad dan niat, maka tidak ada sesuatu yang tidak mungkin.
Budidaya ikan air tawar adalah peluang yang bisa Anda kembangkan khususnya budidaya ikan lele. Dengan modal pembuatan kolam terpal yang rata rata di pasaran dibandrol mulai harga 1 juta dan seterusnya.  Tergantung diameter dan luas kolam yang ingin Anda miliki. Bahkan ketahanannya pun hingga 4-5 tahun. Untuk masalah lahan pun Anda tidak membutuhkan lahan yang luas. Anda bisa memulainya dengan 1-2 kolam dan bisa ditempatkan di teras rumah Anda. Permintaan ikan lele saat ini semakin meningkat. Ini merupakan peluang emas bagi Anda yang ingin memanfaatkannya.
Secara global dihitung misalkan biaya pembuatan kolam 2 juta, biaya benih 500 ribu, biaya pakan perkilo adalah 9.500 dan kebutuhan pakan sekitar 400 kg dan obat obatan untuk ikan lele 200 ribu. Jadi total biaya yang dikeluarkan untuk sekali produksi adalah 4.500.000.
Untuk harga jual ikan lele di pasaran sekitar 17.000 perkilo dengan estimasi hasil panen 500 kg untuk 2 kolam. Keuntungan yang Anda dapatkan dalam budidaya lele adalah 8.500.000 dan umur panen dalam sekali budidaya sekitar 2 bulan. Dari modal yang dikeluarkan dan hasil yang didapatkan maka keuntungan sekali panen adalah 4 juta.
Apalagi jika Anda bisa menambah jumlah kolam terpalnya, maka keuntungan yang didapatkan pasti akan lebih besar. Bagi para pemuda, sangat disarankan untuk memulai usaha ternak ikan lele di kolam terpal ini. Mudah, murah dan kita bisa menyelamatkan generasi muda yang saat ini mulai enggan bertani.


Nama           :    Dian Kartika 41819010099
No. Absen   :     27   Kode  :  @Q27-DIAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar