Selasa, Maret 10

Pengusaha Muda yang Membuka Lapangan Pekerjaan



Pengusaha Muda yang Membuka Lapangan Pekerjaan


Disusun oleh:
Muhammad Yoga Farrasshidiq
(41819010025)



         Kewirausahaan adalah perilaku dan kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang bisa bermanfaat dan memiliki nilau jual. seorang yang memiliki semangat, sikap perilaku dan kemampuan kewirausahaan disebut dengan wirausaha.
Seseorang yang berani mendirikan usaha adalah orang yang mengerahkan sumber daya. Upaya untuk memaksimalkan sumberdaya tersebut adanya rancangan, ide, inovasi, proses, pengendalian dan  tujuan. Peluang usaha sangat banyak tergantung bidang apa yang ingin di tekuni. Mendirikan usaha juga ada resiko yang perlu di pertimbangkan dengan baik. Kerena itu akan menjadi ancaman bagi mereka pengusaha.

Seseorang yang memiliki sifat kewirausahaan adalah orang-orang yang berjiwa dagang. Memiliki kemampuan mengelolah uang dan memutar uang untuk memperbesar usahanya. Seorang wirausaha juga harus bersifat kreatif dan inovatif yang bisa di tuangkan dalam memenejemen usahanya.

         Generasi muda adalah tumpuan harapan bangsa yang akan banyak berperan dalam menentukan perubahan lingkungannya terhadap cara pandang masyarakat dalam menghadapi perubahan global yang berubah secara dinamis. Pada generasi muda inilah kita tanamkan semangat berpikir untuk memajukan nilai kewirausahaan dan memiliki semangat untuk menjadi wirausaha. Kesadaran pada diri mereka untuk menjadi wirausaha tentu saja didorong dengan dukungan dari lingkungan keluarga dan akademis.

         Makin banyaknya para wirausahawan muda yang lahir maka beban lingkungan dan negara akan ketersediaan lapangan pekerjaan akan berkurang. Negara kita dengan populasi hampir 300 juta penduduknya sangat membutuhkan lapangan kerja yang besar. Tercatat juga Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah angkatan muda terbesar didunia. Ini merupakan sumber daya yang besar dari segi bangsa. Alangkah dashyatnya bangsa ini apabila angkatan mudanya mempunyai semangat kewirausahaan, karena secara statistik negara ini dengan luas wilayah dan bentuknya yang kepulauan sangat membutuhkan masyarakat yang mau membuat usaha sendiri sehingga mereka dapat berdiri sendiri tanpa membebani pemerintah.

         Peran pemerintah juga diharapkan dalam mendukung gerakan pemuda dalam meningkatkan kewirausahaan yang berbasis ekonomi kerakyatan. Dengan menggiatkan program usaha kecil dan menengah dan didukung oleh para pelatih yang berpengalaman sehingga menularkan rasa ingin tau dan ingin berkecimpung dalam kewirausahaan. Diharapkan juga pemerintah dapat menyalurkan program bantuan dana hibah bagi kepentingan terciptanya generasi muda yang berkesinambungan dalam menciptakan perannya mengharumkan banngsa dengan berwirausaha.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar