Senin, Maret 9

Peranan Semangat Wirausaha

Berwirausaha memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun harus siap menjalani berbagai tantangan. Tidak sedikit orang yang berhenti menjadi wirausahawan dan lebih suka melamar menjadi karyawan dengan gaji yang aman dan rutin setiap bulan, karena mental yang lemah dalam menghadapi tantangan ini.

 

 Pada dasarnya setiap orang memiliki peluang yang sama besar untuk bisa menjadi seorang pelaku usaha. Namun sayangnya tidak semua orang berani mengasah bakat dan minat mereka, sehingga wajar adanya bila sebagian ada yang berhasil menjadi pengusaha sukses dan sebagian yang lainnya masih ada juga yang belum berani action menjalankan usaha.

 

 Bagaimana cara menerapkan semangat wirausaha? Untuk menerapkan semangat wirausaha, kita harus memiliki sikap tidak takut dalam menghadapi kegagalan dan perlu memiliki kreatifitas , yaitu :

1. Memiliki Sikap Tidak Takut Menghadapi Kegagalan Filosofi orang – orang yang sukses dan bekerja penuh semangat dalam berwirausaha adalah kesuksesan itu bukan karena tidak pernah gagal dalam meraih impian, tetapi kesuksesan itu karena selalu bangkit dari setiap kegagalan yang dihadapi hingga bisa melanjutkan impiannya. 

2. Memiliki Kreatifitas Kreatifitas merupakan suatu faktor penting untuk mengatasi kegagalan demi kegagalan yang berujung pada penciptaan semangat wirausaha yang tinggi. 

3. Selalu Memunculkan Inovasi Baru Inovasi adalah selalu memunculkan karya baru, dan mengembangkan produk yang telah ada. Inovasi juga bisa dilalakukan tidak hanya pada produk saja tetapi juga bisa pada teknologinya atau pada pelayanannya.

 4. Motivasi Motivasi berasal dari kata motif yaitu rasa yang bisa menggerakan seseorang utuk melakukan suatu hal. Apabila dilakukan, motif akan mejadi suatu motivasi, yaitu dorongan dari motif seseorang untuk melakukan hal – hal yang diinginkan. 

5. Sikap Bekerja Efektif Dan Efisien Efisien adalah hemat, baik dari segi biayanya, tenaganya, waktu, serta berbagai sumber daya. Efektif adalah terpat guna, baik dalam hal cara/metode, alat, sasaran, maupun kebijakan.

 Agar dapat bekerja dengan efektif dan efisien maka seorang wirausaha harus berusaha mencari dan menetapkan suatu metode kerja yang paling ekonomis yaitu harus selalu dicari metode baru yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar