Rabu, Maret 11

Sukses di Usia Muda Bukanlah Mimpi @R29_Sapariyah



Entrepreneurship adalah keyakinan kuat yang ada dalam diri seseorang untuk mengubah dunia melalui ide dan inovasinya. Keyakinan ini kemudian ditindaklanjuti dengan keberanian mengambil risiko untuk mewujudkan ide dan inovasinya tersebut melalui organisasi yang didirikan, mulai dari membangun, memelihara, mengembangkan, hingga menghasilkan dampak nyata bagi dunia. Orang yang memiliki keyakinan tersebut disebut entrepreneur atau wirausahawan.

Tahun 2000 Setelah Lulus SMK Saya bekerja di Perusahaan Swasta yang bergerak dibidang Suplier Barang dengan merk 3M, saya sebagai staf Administrasi yang melakukan pengadministrasian seperti Membuat Invoice, Faktur Pajak, dan sebagainya. Hingga tahun 2003 akhir, saya memutuskan untuk resign dari Perusahaan tersebut karena ingin mencari pekerjaan yang lebih baik. Kemudian Pada tahun 2004 awal saya melamar pekerjaan sebagai Staf Administrasi Tata Usaha (TU) honorer di Sekolah Negeri yang beralamat di Jakarta Selatan.
Honor yang saya peroleh saat itu tidak sebesar saat bekerja di Kantor Swasta. Saya berinisiatif ingin menambah penghasilan di luar jam bekerja saya. Saya membicarakan hal ini dengan orangtua khususnya ibu dirumah. Saya menceritakan tentang niat saya untuk berjualan pakaian secara cash dan kredit kepada tetangga rumah saya dan teman-teman di kantor saya. Adapun barangnya seperti :
·         pakaian harian (wanita, pria, dan anak)
·         pakaian muslim dan kerudung
·         sprei dan handuk
dan orangtua menyetujui niat baik saya serta merestuinya. Setelah jam pulang sekolah berakhir dimana guru dan kepala sekolah pulang kembali kerumah, saya justru pergi ke pasar tanah abang untuk belanja modal berjualan saya. Saya membelinya masih dalam ukuran sedikit untuk permulaan, Alhamdulillah dagangan saya cocok dan mulai mendapat pelanggan. Mereka selalu pesan apa saja yang dibutuhkan dan pembayarannya juga baik dan lancar. Saya merasa senang dengan bisnis kecil-kecilan yang saya rintis ini yang dapat menambah pemasukan bagi saya. Selama tidak mengganggu jam bekerja, rasanya tidak masalah. Saya juga minta bantuan orangtua untuk bantu memasarkan barang dagangan saya itu. Alhamdulillah di Tahun 2017 saya menerima SK PNS 100%.
Bagi saya menjadi seorang entrepreneur merupakan salah satu langkah untuk mencapai sebuah kesuksesan. Hampir setiap orang ingin menjadi wirausahawan atau entrepreneur sukses, namun hanya segelintir orang yang serius untuk “take action” dan mewujudkan impiannya menjadi entrepereneur sukses. Risiko dan perencanaan yang terlalu lama seringkali menjadi penghambat seseorang untuk maju dan menjalankan perusahaannya. Untuk membangun bisnis dan menjadi entrepereneur, sebagai langkah awal seseorang harus menumbuhkan jiwa wirausaha dan terjun langsung membangun bisnisnya. Ada beberapa kita agar usaha kita dapat terwujud dan berkembang sesuai dengan keinginan dan cita-cita kita, diantaranya adalah :

Memulai Bisnis dengan Niat & Keyakinan
Ini termasuk kunci dasar yang harus dimiliki oleh wirausahawan. Bagaimana tidak? Bila kita membuka bisnis tanpa adanya niat dan keyakinan, pasti bisnis tersebut tidak akan berjalan maksimal. Jadikan niat dan keyakinan untuk berwirausaha sebagai pondasi untuk  membangun sebuah bisnis. Jika sudah berniat untuk berbisnis, langkah selanjutnya adalah menumbuhkan keyakinan  untuk membangun bisnis menjadi nyata dan meraih sukses.

Memiliki Kecepatan Melihat Peluang
Banyak orang memulai bisnis mandiri karena memanfaatkan peluang yang mereka peroleh di lingkungannya. Peluang harus dicari, bila perlu pergilah melakukan perjalanan sekedar untuk mencari peluang-peluang bisnis. Karena setiap orang yang berwirausaha harus pandai mencari peluang. Dari peluang itulah bisa tercipta produk atau jasa yang dibutuhkan banyak orang.

Pelajari Kisah Sukses Orang Lain
Ada banyak kisah pengusaha sukses yang membangun kerajaan bisnisnya dari nol, dengan perjuangan yang berat, jatuh bangun dan akhirnya mencapai kesuksesan yang besar. Kisah sukses seseorang dalam berbisnis ini dapat menumbuhkan motivasi untuk melakukan hal serupa dan menghindarkan diri dari ketakutan dan risiko yang akan dihadapi. Motivasi yang tinggi untuk berbisnis secara bertahap akan menumbuhkan jiwa entrepreneurship dalam diri sendiri.

Modal
Kebanyakan orang ragu untuk memulai bisnis karena tidak ada modal (uang). Untuk mengatasi hal ini, kita yang harus mencari modal. Caranya? Kita harus kerja terlebih dahulu. Kerja pun harus serius. Tidak hanya memandang job desk kita. Kerjakan beberapa hal lain dalam pekerjaan. Selain menambah pemasukan, juga menambah pengalaman kita dalam dunia kerja. Modal juga bisa didapatkan dengan cara meminjam ke Bank ataupun pihak lain.


Fokus dalam Berwirausaha
Banyak halangan dan rintangan yang akan dihadapi dalam memulai sebuah bisnis. Oleh sebab itu sikap fokus yang dibarengi keyakinan dan optimis wajib dimiliki oleh seorang entrepreneur agar tidak mudah menyerah dan berhenti di tengah jalan.

Memiliki Kemampuan Menjual
Hal ini sangat penting dimiliki oleh calon entrepreneur. Bila tidak, semua hanya tinggal angan-angan. Kemampuan menjual adalah satu-satunya cara untuk menarik minat orang agar mau membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan terus melatih dan mencoba, kemampuan menjual dapat berkembang dari waktu ke waktu.

Lakukan Sekarang Juga
Banyak orang menunda dan beralasan untuk tidak memulai bisnisnya, sehingga impiannya untuk memiliki bisnis hanya jalan di tempat tanpa tindakan untuk mewujudkannya. Seorang calon entrepreneur sukses harus memiliki keberanian untuk “take action” dan menghilangkan ketakutan-ketakutannya serta langsung terjun ke dalam bisnis yang direncanakannya. Jika kita telah memulai dan menjalankan bisnis dengan konsisten, dengan sendirinya mental dan jiwa entrepreneurship akan terbentuk.


Daftar pustaka:
Aris Setyanto Nugroho, Purwanto S.K, Maman Faturohman, 2007, Kewirausahaan Membangun Sukses Sejak Usia Muda.

RENCANA BISNIS

Jenis Usaha            :  1. Minuman Beraneka Rasa
   2. Ayam Chicken
Merk Usaha            :  AHA MINUMAN DAN AHA FRIED CHICKEN “
Alamat                   :  Jl. Roda pembangunan No. 4 Rt 006/05
    Nanggewer Cibinong – Bogor
Deskripsi                :  Menjual Minuman Aneka Rasa dan Paket Hemat Chicken, Sosis, dan Kentang Goreng





Diawali dengan bosan dan jenuh setelah 25 tahun menjadi karyawan, bekerja pada Perusahaan Swasta, akhirnya berani mengambil keputusan untuk memulai berwirausaha.
Nama “ AHA “ diambil dari singkatan nama anak-anaknya yaitu :
1.     Anisa Hidrah Azmi
2.    Aulia Hidrah Azmi
3.    Afifah Hidrah Azmi
4.    Aisyah Hidrah Azmi
Usaha ini baru saja di rintis oleh pemiliknya, melihat peluang usaha dimana saat ini banyak ibu rumah tangga yang jarang memasak karena kesibukan sebagai ibu rumah tangga atau waktu yang tidak banyak bagi  ibu yang berkarir. Ayam goreng merupakan makanan siap saji yang praktis dan ekonomis, serta diminati berbagai usia.
Foto pemilik Usaha tersebut adalah sebagai berikut :

1.     Hidayatullah, SE                                  2. Rahma Danti


                    


1 komentar:

  1. Banyak orang yang masih bermimpi untuk menjadi orang sukses tanpa berani mengambil resiko dengan meninggalkan pekerjaan sebagai karyawan. Semoga dengan usaha ini dapat meraih mimpi menjadi seorang yang sukses.. (Jangan pernah takut gagal) "Bob Sadino"...

    BalasHapus