Rabu, Maret 11

The Entrepreneur





Oleh : Tri Rizky Maulana (@R21-TRI)
Secara umum kewirausahaan adalah suatu proses dalam melakukan atau menciptakan sesuatu yang baru dengan cara kreatif dan penuh inovasi yang memberikan manfaat bagi orang lain dan bernilai tambah.
Ada juga yang menjelaskan definisi kewirausahaan adalah suatu sikap mental seseorang yang memiliki kreativitas, aktif, bercipta daya untuk membuat sesuatu yang unik dan baru dan dapat bermanfaat bagi banyak orang. Kewirausahaan memiliki proses yang dinamis untuk menciptakan sesuatu yang disertai tenggang waktu, modal, sumber daya dan juga risiko.
Apa saja sih ciri-ciri kewirausahaan :
1. Keyakinan
Salah satu ciri kewirausahaan yang berhasil adalah mengenai keyakinan. Seorang wirausahawan yang sukses akan yakin dengan produk yang dimilikinya. Hal ini disebabkan karena dalam pengambilan ide wirausahawan yang sukses sudah yakin betul  bahwa produk yang dimilikinya akan laris di pasaran karena memberikan ide dan solusi untuk masalah dalam masyarakat.
2. Dekat dengan kompetitor
Salah satu ciri kewirausahaan yang berhasil lainnya adalah mengenai kompetitor. Sebuah kewirausahaan yang baik adalah kewirausahaan yang mengetahui bagaimana kondisi dan apa yang ditawarkan oleh kompetitornya. Ia tidak meniru kompetitornya tapi mencari apa yang kurang darinya.
Oleh karena itu seorang pelaku kewirausahaan yang sukses pasti memiliki wawasan yang luas terlebih dalam bidang yang ia geluti karena ia perlu mengenal banyak produk kompetitor setelah mengamatinya
3. Orientasi masa depan
Satu lagi ciri kewirausahaan yang sukses adalah mengenai orientasinya. Sebuah kewirausahaan yang sukses memiliki orientasi ke masa depan bukan hanya apa yang akan laku dijual saat ini.
Bisnis dalam kewirausahaan yang sukses mempertimbangkan bagaimana popularitas produknya di masa depan dan juga kegunaan produknya di masa depan. Jadi jangan harap untuk berjualan es kepal milo untuk waktu yang lama dan menjadi wirausahawan yang sukses. Sebaliknya ciptakan produk yang menguntungkan dan memiliki nafas bisnis yang panjang.
Tahapan-tahapan pertumbuhan dalam berwirausahaan :

1. Tahapan Imitasi
Tahapan ini adalah tahapan permulaan dimana wirausahawan hanya mencari barang yang bagus dan melakukan duplikasi karena sudah terbukti banyak orang menyukainya. Biasanya dalam tahap ini wirausahawan akan menggunakan strategi barang lebih murah untuk mendapatkan perhatian pasar.
2. Tahap Duplikasi dan Pengembangan
Dalam tahapan ini wirausahawan sudah mulai melakukan pengembangan ide-ide. Masih memiliki unsur duplikat tapi karena sudah mengetahui bagaimana reaksi pasar wirausahawan akan lebih berani dalam mengambil keputusan untuk mengembangkan produk.
3. Tahap Creating
Tahap ini adalah tahap ketika sebuah kewirausahaan sudah benar-benar bisa berdiri dengan kakinya. Ia sudah banyak dipercaya sehingga berani melakukan resiko lebih besar untuk menciptakan barang miliknya sendiri. Disini biasanya inovasi mulai dilakukan.
Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar