Juni 20, 2020

Empati dalam Bisnis

Empati sangat penting dalam customer service atau layanan pelanggan. Pebisnis online perlu menyadarinya agar kamu dapat membangun koneksi yang personal dengan pelanggan.
Saat kamu menunjukkan empati, pelanggan bisnis online akan merasa bahwa kamu peduli dan bersungguh-sungguh dalam melayani. Akhirnya, pelanggan akan menjadi loyal terhadap bisnis online kamu.
Dalam mempelajari empati, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar customer service dapat berhasil meningkatkan kepuasan pelanggan. Berikut simak ulasannya.
memprioritaskanPelayanan Berdasarkan Kepentingan
Tidak semua percakapan yang masuk itu penting dan mendesak. Kamu harus tahu apa yang harus kamu balas segera, sehingga pelayanan lebih bermanfaat dan pekerjaaan customer service jadi lebih efisien.
Jika ada yang bertanya hal-hal umum, kamu bisa langsung memberikan link halaman FAQ di website toko online kamu yang sudah berisi penjelasannya. Sehingga kamu tak perlu lagi menulis ulang penjelasan secara detail untuk hal-hal sepele.
menyelesaikan Akar Masalah di Bisnis Kamu
Kamu tidak bisa menjamin bisnis kamu tak ada masalah, sekalipun kamu selalu memberikan yang terbaik. Ada kalanya, kamu akan menghadapi komplain dari pelanggan yang merasa dirugikan.
Saat kamu mengalaminya, komunikasi menjadi sangat penting untuk melacak akar permasalahan. Lakukan percakapan dengan sikap yang empatis agar kamu dapat memahami masalah yang sebenarnya apa, dan bisa mencari solusinya.
Terutama jika selama ini kamu sering menerima keluhan yang sama berulang kali pada suatu hal, maka berarti ada akar masalah pada hal tersebut. Kamu harus segera mengatasinya agar tidak ada keluhan yang sama dari pelanggan lainnya.
Meminta Maaf pada Pelanggan
Kamu harus segera meminta maaf dengan tulus setelah menerima komplain. Hal simpel yang menandakan bahwa kamu berempati dan ingin membantu pelanggan memecahkan masalahnya.
Namun, minta maaf saja tak cukup. Kamu harus mencarikan solusi yang terbaik untuk pelanggan. Bereskan masalah yang ada, karena pelanggan menantikan solusi yang nyata untuk masalah mereka.
mencari Solusi Terbaik
Sebelum kamu mencari solusi, kamu perlu mengidentifikasi masalah dari sudut pandang pelanggan. Kamu perlu mencari tahu masalah yang sebenarnya terjadi. Setelah itu, kamu dapat menemukan solusi yang tepat.
Namun, ada masalah yang butuh waktu untuk ditangani. Jadi kamu perlu memberikan kabar perkembangan atas masalah tersebut kepada pelanggan. Ini akan membuatnya merasa lebih memaklumi dan tidak mencurigai kamu.
Hingga pada saat solusi itu sudah ada, segera hubungi pelanggan untuk menawarkan solusi tersebut. Dan pastikan ada hasil kesepakatan yang terbaik agar pelanggan tidak lagi kecewa.
Bersikap Empati Tapi Punya Pendirian
Kamu memang harus berempati, tapi kamu juga harus berpendirian. Kamu harus bisa “mengontrol” pelanggan saat memberikan solusinya.
Maksudnya, kamu tidak banyak memberikan pilihan solusi yang membingungkan, tapi langsung mengarahkan pelanggan pada sebuah solusi yang terbaik. Hal ini lebih efektif untuk menuntaskan permasalahan dengan cepat.
Selain itu, kamu perlu mengingat bahwa empati terkadang tidak memuaskan pelanggan sepenuhnya. Namun, setidaknya kamu telah berusaha menjalankan peran customer service yang terbaik. Percayalah, pelanggan akan lebih menghargai pelayanan yang diberikan, karena kesungguhan kamu dalam melayani mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar