Senin, September 20

1st CLOUD HOSTING INDONESIA DEWAWEB

 Rohmah Fitriani

@S14-ROHMAH


BAB I

PENDAHULUAN


  1. Latar Belakang

Cloud hosting adalah solusi terbaik bagi yang menginginkan kemudahan shared hosting dengan resource dedicated seperti Virtual Private Server (VPS). Di sisi lain shared hosting juga mempunyai batasan penggunaan. Selain kapasitas yang terbatas, Anda pun harus rela berbagi resource dengan pengguna lain.

penyedia layanan web hosting biasanya akan menawarkan kepada Anda untuk beralih ke VPS. Namun, solusi ini kadang bukan solusi terbaik karena mengelola VPS tidak mudah dan membutuhkan keahlian khusus. Tentu saja pengguna awam akan merasa kesulitan saat mengoperasikannya.

  1. Rumusan Masalah

  1. Apa yang dimaksud dengan cloud hosting?

  2. Fitur cloud hosting Dewaweb?

  3.    Kelebihan cloud hosting ?

  1. Tujuan

  1. Mengetahui apa yang dimaksud dengan cloud hosting

  2. Mengetahui fitur apa saja yang terdapat dalam cloud hosting Dewaweb

  3. Mengetahui kelebihan cloud hosting Dewaweb.





BAB II

PEMBAHASAN

2.1  Cloud Hosting 

Cloud hosting adalah tipe web hosting yang tidak hanya menggunakan satu server, melainkan menggunakan beberapa server untuk menyeimbangkan beban (load) dan memaksimalkan jam kerja server (uptime). Dengan kata lain, cloud hosting merupakan teknologi yang menggabungkan beberapa server untuk berjalan layaknya satu server utuh. Tujuannya tak lain untuk menjaga performa.

Tipe hosting ini tidak menggunakan single server tetapi menggunakan teknologi yang dikenal dengan nama “cluster” menggabungkan beberapa resource server secara terpusat. Semakin banyak server yang tergabung di dalam satu cluster maka semakin besar resource yang ditambahkan.

Teknologi cluster memungkinkan website tetap berjalan meski salah satu server bermasalah. Saat salah satu server bermasalah, server lain akan menjaga website tetap berjalan. Hal itu membuat tingkat uptime-nya cenderung tinggi karena server saling mem-backup. Selain itu, resource di cloud hosting tidak dipengaruhi atau tidak dibagi dengan pengguna lain karena sudah dedicated.


2.2  Dewaweb

Dewaweb adalah perusahaan penyedia jasa cloud hosting pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 2014. Dewaweb menjadi layanan shared hosting pertama di Indonesia yang menggunakan 100% teknologi Cloud dari level software, hardware, dan network. Dewaweb menjadi hosting provider pertama di Indonesia yang menerima sertifikat ISO 27001 for Standard Information Security Management. 

Layanan cloud hosting Dewaweb tersedia dalam beberapa jenis untuk pengguna dan/atau pelaku bisnis dari kategori personal dan small biz (UKM), corporates (perusahaan), hingga yang ingin mempunyai dedicated cloud server tersendiri. Masing-masing jenis cloud hosting ini tersedia dalam beragam paket harga dan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. 

Semua paket cloud hosting tetap mendapatkan kelebihan layanan fitur Dewaweb yang sama, seperti jaminan SLA uptime 100%, LiteSpeed Enterprise webserver yang mempercepat jalannya aplikasi web hingga 40x lipat, dan juga Time Machine Backup. Produk Dewaweb antara lain : Cloud Hosting Personal, Cloud Hosting for Corporates, dan National SEO Service.

 

Dewaweb statistic Rank Dewaweb statistic SR Score


2.3   Fitur-Fitur Dewaweb

Fitur-fitur unggulan dan premium yang bisa didapatkan dari Dewaweb antara lain:

  1. Best Services in Class

  • Domain Gratis Selamanya
    Dapatkan gratis domain yang diperpanjang otomatis seumur hidup selama website kamu di-hosting di Dewaweb. Ini menghemat biaya untuk memulai bisnis online kamu

  • Migrasi Website Gratis
    Dewaweb Ninja Support 24/7 akan membantu migrasi website kamu dari provider hosting lama ke paket cloud hosting murah Dewaweb sehingga berjalan mulus tanpa downtime dan tanpa biaya apapun.

  • Legendary Ninja Support 24/7
    Nikmati layanan support kelas dunia ala Ninja Dewaweb yang legendaris dan pertama di Indonesia - 24 jam sehari via helpdesk, live chat dan telpon. Gratis.

  1. Built for Performance

  • Free Unlimited & Fast Bandwidth
    Nikmati kecepatan network tingkat tinggi tanpa limit data transfer untuk traffic dalam negeri dan internasional, sehingga kamu tidak perlu kuatir ada extra charge untuk pemakaian bandwidth.

  • Up to 40x Faster
    Dewaweb menggunakan webserver LiteSpeed Enterprise yang terbukti 40x lebih cepat dari Apache webserver dan di-desain untuk menangani volume traffic yang sangat tinggi.

  • LiteSpeed Cache
    Module caching super canggih yang membantu meningkatkan kecepatan website WordPress, PrestaShop, Magento, Joomla, Drupal, dsb.

  • HTTP/3 + QUIC + Brotli
    Website kamu akan di-loading lebih cepat di desktop, tablet dan mobile dengan teknologi web terbaru (multiplexing, caching, server push, data compression, dll).

  • Redis DB Caching
    Teknologi caching database objects di RAM dan performanya lebih cepat dari teknologi sebelumnya (memcached). Redis biasa dipakai oleh Twitter, SnapChat, Pinterest, dll.

  • AMD EPYC CPU
    Server terbaru Dewaweb menggunakan teknologi AMD EPYC (Rome) yang super cepat dan efisien untuk melayani workload aplikasi yang berat.

  • NVMe SSD - 5x Faster
    Teknologi storage NVMe SSD yang 5x lebih cepat dari SSD disk generasi sebelumnya, membantu meningkatkan kecepatan proses aplikasi dan database.

  • Software Defined Storage
    Teknologi penyimpanan data terbaru menggunakan multiple storage nodes dan high-speed 2x25 Gbps network untuk IOPS throughput maksimal dan low latency ~ 0.1 ms.

  1. Built for Security

  • Premium Anti DDoS Protection
    Nikmati proteksi Anti DDoS premium dari Cloudflare Magic Transit tanpa biaya tambahan. Website kamu akan terlindungi dari semua jenis serangan DDoS L3/L4 tanpa penurunan performance sedikitpun.

  • Imunify360 AI Security
    Semua server Dewaweb dilindungi dengan teknologi AI (machine learning) dari Imunify360 untuk dengan cepat mengantisipasi ancaman cyber terbaru.

  • Proactive Defense + WAF
    Melindungi website kamu dari celah keamanan (vulnerabilities) dan ancaman malware terbaru. Termasuk free malware scanner & cleaner langsung dari cPanel.

  • Free Secure SSL Grade A
    Amankan website kamu dengan SSL Grade A dari Dewaweb, yang bisa di-test langsung dari Qualys SSL Labs.

  • SpamExperts & MailChannels Protection
    SpamExperts memastikan incoming email ke inbox kamu bersih dari spam, virus dan phishing. MailChannels memastikan semua pengiriman email dari server Dewaweb berjalan lancar dan masuk ke Inbox penerima, bukan ke Junk/Spam folder. Produktivitas kerja kamu menjadi maksimal dan semakin lancar!

  • ISO27001 Certified
    Menunjukkan komitmen tinggi dari management untuk menjaga keamanan informasi dan data pelanggan sesuai standar prosedur keamanan teknologi informasi kelas dunia.

  1. Built to Last

  • Quick Healing Network
    Network Cloud Dewaweb di-desain untuk bisa menyembuhkan diri secara cepat (quick healing) ketika ada masalah di salah satu komponen hardware atau network.

  • Enterprise Hardware
    Dewaweb menggunakan komponen server, network, storage dan hardware yang terbaik dan ultra reliable untuk memastikan layanan cloud hosting selalu lancar dan optimal.

  • Automatic Cloud Backup
    Website kamu secara otomatis di-backup setiap hari dan di-arsip sampai 2 bulan ke belakang. Ketika terjadi insiden, tinggal masuk ke cPanel untuk restore files, database atau email dengan mudah.

2.4  Kelebihan Cloud Hosting 

Ada banyak alasan mengapa cloud hosting menjadi pilihan terbaik untuk banyak pemilik web dan bisnis online. Berikut adalah beberapa keunggulan dari cloud hosting:

  1. Uptime Lebih Stabil
    Cloud hosting menggunakan sumber daya atau resources dari beberapa server cloud yang ada pada cluster. 

  2. Skalabilitas 
    Saat situs Anda mengalami perubahan trafik yang besar, Anda bisa meningkatkan kapasitas server cloud tanpa harus membeli server fisik dengan sumber daya yang lebih besar.

  3. Loading Time Lebih Cepat
    Cloud hosting mempunyai teknologi load balancing yang memungkinkan beban resource untuk dibagikan ke beberapa server yang berbeda.

  4. Biaya Fleksibel
    Tentunya pilihan hosting awan ini akan lebih terjangkau, terutama untuk bisnis dan perusahaan. Terlebih lagi, saat ini banyak cloud provider yang memiliki sistem pay as you go dimana Anda hanya akan membayar total sumber daya yang Anda gunakan selama sebulan.

  5. Data Recovery Lebih Mudah
    Sebagian besar penyedia hosting cloud melindungi data pengguna mereka dengan melakukan storing dan backup di lokasi yang berbeda. Hal Ini dilakukan untuk mencegah kehilangan data permanen jika terjadi kegagalan di server pusat dimana data tersimpan.





Mindmapping



.

BAB III

KESIMPULAN


3.1 Kesimpulan

    Cloud hosting adalah solusi terbaik bagi yang menginginkan kemudahan shared hosting dengan resource dedicated seperti Virtual Private Server (VPS). Cloud hosting dipilih karena memiliki klebihan dalam hal tingkat uptime-nya cenderung tinggi karena server saling mem-backup. Selain itu, resource di cloud hosting tidak dipengaruhi atau tidak dibagi dengan pengguna lain karena sudah dedicated. 

Dewaweb perusahaan penyedia jasa cloud hosting pertama di Indonesia, menjadi layanan shared hosting pertama di Indonesia yang menggunakan 100% teknologi Cloud dari level software, hardware, dan network. Dewaweb memiliki banyak kelebihan dan fitur-fitur unggul juga premium seperti : Best services in class, Built to performance, Built to security, dan Built to last.










DAFTAR PUSAKA

https://www.dewaweb.com/hosting

https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-cloud-hosting/

https://dailysocial.id/wire/ideabox-startup-accelerator-gelar-boot-camp-batch-kedua

https://pressrelease.kontan.co.id/release/provider-hosting-dewaweb-membantu-startup-dan-ukm-mendapat-peringkat-tinggi-di-mesin-penelusur

https://www.goldenfast.net/blog/cloud-hosting-pengertian-kelebihan-kekurangannya/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.