Senin, September 27

“Betapakah Pentingnya Etika Bisnis Bagi Perusahaan?”

 oleh: Ahmad Apip (@S21-AHMAD)



I.PENDAHULUAN

Bisnis merupakan suatu hal yang tidak dapat terlepas dari masyarakat,dalam kata lain masyarakat merupakan bagian dalam bisnis dan sebaliknya. Karena bisnis tidak dapat terlepas dari masyarakat maka bisnis seharusnya patuh padanorma-norma yang ada di masyarakat. Tata hubungan bisnis dengan masyarakatyang tidak dapat dipisahkan tersebut telah menciptakan etika-etika tertentu dalam kegiatan bisnis, baik etika bisnis antar sesama pelaku bisnis ataupun etika bisnis terhadap masyarakat, baik dalam hubungan langsung maupun tidak langsung.

 

II. PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN ETIKA BISNIS

Etika Bisnis merupakan ajaran dalam membedakan antara benar dan salah dalam memberikan bekal kepada setiap pimpinan perusahaan ketika mempertimbangkan pengambilan keputusan strategis terkait dengan masalah moral yang kompleks. Dari beberapa definisi mengenai etika, dapat kita tarik kesimpulan bahwa etika adalah hal yang penuh dengan pandangan atau nilai yang di anut oleh masyarakat, di mana dasar nilai itu dibangun dari kebiasaan yang mereka lakukan.

2.2 TUJUAN ETIKA BISNIS

Etika bisnis bertujuan untuk memberikan dorongan bagi kesadaran moral dan memberikan batasan bagi para pengusaha atau pebisnis untuk dapat menjalankan bisnis secara jujur ​​dan adil serta menjauhi bisnis penipuan yang merugikan banyak orang atau pihak yang memiliki keterikatan. Selain itu, etika bisnis mempunyai tujuan agar bisnis dapat dijalankan dan dicetuskan seadil-adilnya dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang telah disepakati.

Etika bisnis memiliki empat prinsip utama yang hendaknya selalu dijalankan oleh perusahaan. Berikut penjelasannya: Prinsip saling menguntungkan Artinya setiap kegiatan bisnis yang dilakukan, harus menguntungkan atau memberi manfaat bagi seluruh pihak yang terlibat. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan prinsip ini ialah dengan menetapkan tujuan bisnis seadil dan sebaik mungkin. Prinsip kejujuran Kejujuran sangat penting dalam berbagai aspek, termasuk bisnis. Prinsip kejujuran menjadi etika utama yang harus selalu diterapkan, tidak hanya ke mitra bisnis saja, namun juga ke pelanggan dan di internal perusahaan. Prinsip otonomi Pelaku bisnis harus bisa dan mampu mengambil keputusan yang tepat. Keputusan ini tidak boleh bertentangan dengan etika bisnis atau peraturan yang berlaku. Kata lainnya pebisnis harus mengambil keputusan sesuai dengan etika bisnis dan peraturan hukumnya. Prinsip keadilan Artinya seluruh pihak yang terlibat dalam bisnis, harus mendapat hak dan perlakukan yang sama. Keadilan juga dilakukan dengan menjunjung tinggi martabat manusia. Tidak hanya mendapat hak yang sama, seluruh pihak tersebut juga melakukan kewajibannya sesuai dengan yang telap ditetapkan.

2.3 PRINSIP ETIKA BISNIS

1. Prinsip saling menguntungkan
Artinya setiap kegiatan bisnis yang dilakukan, harus menguntungkan atau memberi manfaat bagi seluruh pihak yang terlibat. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan prinsip ini ialah dengan menetapkan tujuan bisnis seadil dan sebaik mungkin.

2. Prinsip kejujuran Kejujuran sangat penting dalam berbagai aspek, termasuk bisnis. Prinsip kejujuran menjadi etika utama yang harus selalu diterapkan, tidak hanya ke mitra bisnis saja, namun juga ke pelanggan dan di internal perusahaan. Prinsip otonomi Pelaku bisnis harus bisa dan mampu mengambil keputusan yang tepat. Keputusan ini tidak boleh bertentangan dengan etika bisnis atau peraturan yang berlaku. Kata lainnya pebisnis harus mengambil keputusan sesuai dengan etika bisnis dan peraturan hukumnya.

 

3. Prinsip keadilan Artinya seluruh pihak yang terlibat dalam bisnis, harus mendapat hak dan perlakukan yang sama. Keadilan juga dilakukan dengan menjunjung tinggi martabat manusia. Tidak hanya mendapat hak yang sama, seluruh pihak tersebut juga melakukan kewajibannya sesuai dengan yang telap ditetapkan.

4. Prinsip Integritas Moral

                   Penerapan integritas moral ini harus dilakukan kepada seluruh lapisan yang ada di perusahaan. Integritas yang tinggi membuat kepercayaan masyarakat bertambah begitu juga sebaliknya kalau ada satu atau beberapa orang dari perusahaan Anda yang melakukan hal yang bertentangan dengan moral maka semua bagian dalam perusahaan akan terkena imbas buruknya.

 

3. Prinsip Kesetiaan

Yang dimaksud dengan prinsip kesetiaan adalah bahwa seluruh elemen dalam perusahaan baik bawahan hingga atasan tidak seharusnya mencampuradukan urusan bisnis dengan urusan pribadi. Dengan begitu maka semua orang di dalam manajemen bisa melakukan pekerjaan secara serius dan fokus supaya visi dan misi perusahaan bisa tercapai.

 

 

 

 

 

Contoh etika bisnis Etika bisnis digunakan dan diterapkan dalam setiap kegiatan bisnis:

 

1. Menyebut nama mitra dengan sopan dan baik Saat bertemu dengan mitra kerja, sebutlah namanya dengan sopan dan baik. Selain itu, berperilakulah dengan baik dan bersikap sopanlah. Misalnya berjabat tangan sambil menyebut nama mitra kerja.

2. Hadir tepat waktu Saat ada janji temu dengan mitra kerja, datanglah tepat waktu. Jangan sampai membuat mitra kerja menunggu, karena bisa membuat citra diri atau perusahaan menjadi buruk. Apabila terlambat, jangan lupa minta maaf dan sebutkan alasannya. Namun, tetap usahakan datang tepat waktu atau lebih awal dibanding janji temunya.

3. Mengucapkan terima kasih Agar bisa membangun citra diri dan perusahaan yang baik, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada mitra kerja saat pertemuan. Misalnya ucapan terima kasih karena sudah menerima undangan dan sanggup menghadiri pertemuan.

4. Selalu bersikap sopan Perilaku sopan juga menjadi salah satu etika bisnis yang wajib

dilakukan, khususnya ketika bertemu mitra kerja. Misalnya berdiri saat berkenalan atau menyambut tamu mitra kerja. Berperilaku sopan juga termasuk pemilihan kata dan gerak gerik      tubuh.

 

 

 

 


III. KESIMPULAN

Etika bisnis menjadi sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan/usaha, maksudnya adalah keberlangsungan hidupsuatu perusahaan/usaha bergantung pada bagaimana cara penerapan etika bisnis oleh pelaku bisnis.

Dengan terapkannya etika dalam bisnis, maka secara tidak langsung dapat menumbuhkan kepercayaan dari rekan kerja, masyarakat, dan pelanggan, di manakepercayaan merupakan sebuah modal yang sangat penting agar kelangsungan hidup perusahaan/usaha tetap terjamin. Maka dari itu, perusahaan/usaha harus memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan standar etika.

Dengan terciptanya kesadaran akan pentingnya etika bisnis, maka akan ada banyak pihak yang mendapat keuntungan, diantaranya adalah pelaku bisnis itusendiri, pelanggan, serta masyarakat serta pemerintah. Dengan menerapkan etika bisnis, dapat membantu tatanan ekonomi menjadi lebih baik dan dapatmengingkatkan tanggung jawab sosial perusahaan.






 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.