September 06, 2021

BISNIS USAHA MEMBUAT KURSI FUTURA PRODUKSI RUMAHAN

OLEH:

BAYOE ADITYA DWI PRASETYA (@So9- BAYOE)


Pada saat ini, persaingan di dunia industri manufaktur semakin ketat. Hal ini disebabkan karena perkembangan industri manufaktur semakin pesat. Seluruh industri manufaktur berlomba-lomba untuk menguasai pasar baik di dalam negeri maupun pasar di luar negeri. Selain itu, kebutuhan konsumen dari waktu ke waktu terus meningkat sehingga menyebabkan permintaan konsumen akan produk dan jasa pun meningkat. Industri manufaktur pun dituntut untuk mampu memenuhi permintaan konsumen secara cepat dan produk yang dihasilkan pun harus memiliki kualitas yang baik. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh industri manufaktur untuk mampu memenuhi permintaan konsumen secara cepat dan berkualitas adalah penerapan sistem produksi secara baik dan tepat di dalam perusahaan itu sendiri. Penerapan sistem produksi yang baik merupakan hal yang penting bagi perusahaan untuk menghasilkan output (keluaran) berupa produk- produk atau jasa dalam jumlah yang optimal dan berkualitas tinggi.

Dalam memproduksi furniture berupa kursi yang terbuat dari bahan baku logam. Sistem yang diterapkan  adalah mass production dan sistem job order. Produk-produk yang dikerjakan secara mass production adalah produk yang merupakan hasil rancangan , seperti kursi futura. Produk yang dibuat secara job order merupakan produk-produk hasil rancangan atau pesanan khusus dari konsumen.

Keunggulan Kursi Futura :

-          Nyaman Saat Digunakan ,Kursi futura ini sandaran dan dudukan kursinya berbahan dasar busa dan dilapisi dengan kain yang terbuat dari bahan yang berkualitas sehingga nyaman saat dipakai duduk. Untuk bahannya sendiri menggunakan bahan yang berbeda-beda tergantung dengan jenis kursimya.

-          Tahan Lama dan Awet, Material kursi futura juga menjadi perhatian serius bagi kita. Dirancang dengan pembuatan plat menggunakan nickel chrome kursi ini tidak akan mudah berkarat jadi awet dan juga lebih tahan lama.

-          Harga Terjangkau, Tampilan elegan dipadu dengan material produk yang awet serta tahan lama tidak menjadikan kursi futura lebih mahal. Bisa dibandingkan harga kursi futura dengan produk kursi merk lainnya. Mulai dari 130 ribuan kursi futura bisa dibilang sangat terjangkau bagi kalangan masyarakat.

-          Desain Elegan dan Modern, Konsep modern pada varian produk kursi futura merupakan poin penting bagi kita untuk kursi ini. Hal ini ditujukan agar kualitas produk futura tetap mengikuti tren dengan mengedepankan kenyamanan, penampilan dan kualitas produk.


  
Model Bisnis Menjual Kursi Futura

Peluang bisnis untuk toko kursi futura 
Peluang untuk bisnis kursi futura terbilang sangat bagus dan sangat cerah. Bisnis kursi futura menjadi suatu pilihan bisnis penjualan kursi futura yang menjanjikan hingga banyak orang yang tertarik menekuni bisnis tersebut.

Prospek Dalam Menjalankan Bisnis Kursi Futura 
Prospek dalam bisnis kursi futura dapat dikatakan sangat cemerlang dan menguntungkan. Dimana melalui bisnis kursi futura dapat mendatangkan keuntungan bombastis. Bisnis yang bergelut dengan kursi memiliki prospek sangat bagus dalam jangka ke depan. Bisnis kursi yang sejak dahulu tumbuh hingga sekarang masih berkembang juga tak pernah sepi dari konsumen.

Konsumen Kursi Futura 
Konsumen kursi futura memang tidaklah sulit, Konsumen kursi futura cukup besar dan tak terbatas pelanggan akan terpuaskan dengan kursi susun ini. Sangat cocok untuk usaha penyewaan pesta, rumah makan, cafe, kantor maupun untuk keperluan sehari - hari.

Bahan baku Kursi Futura
Dalam menjalankan bisnis kursi futura memerlukan bahan baku untuk pembuatannya. Untuk membuat took kurso futura membutuhkan bahan penjualan yakni dengan pipa oval dan finishing nickel chrome, pilihan semi kulit dan bahan kain.

Harga Jual Kursi Futura
Harga yang sangat murah dibandingkan kursi yang sejenisnya menjadikan kursi futura menjadi pilihan utama saat ini. Mulai dari harga 130 ribuan sudah bisa mendaptkan kursi futura ini.

Penentuan Lokasi Usaha
Pemilihan tempat/lokasi fisik memerlukan pertimbangan cermat terhadap faktor-faktor berikut:
1) Akses, misalnya lokasi yang dilalui atau mudah di jangkau sarana transfortasi umum.
2) Visibilitas, yaitu lokasi atau tempat yang dapat dilihat dengan jelas dari jarak pandang normal.
3) Lalu lintas (traffic), menyangkut dua pertimbangan utama:
        a) Banyaknya orang yang lalu-lalang bisa memberikan peluang besar terhadap terjadinya buying,                 yaitu keputusan pembelian yang sering terjadi spontan, tanpa perencanaan, dan atau tanpa                     melalui usaha-usaha khusus.
        b) Kepadatan dan kemacetan lalu lintas bisa juga jadi hambatan. Tempat parkir yang luas, nyaman,             dan aman, baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.
4) Ekspansi, yaitu tersedianya tempat yang cukup luas apabila ada perluasan di kemudian hari.

Strategi Promosi Penjualan Kursi Futura 
Pemasaran bisnis kursi futura bisa dilakukan dengan membuat tampilan kursi futura  yang bagus dan berbeda. Selain itu dapat memanfaatkan promosi penjualan kursi futura dari media sosial baik faceboook, whatsapp, instagram dan lainnya.

Target Pasar
Kami menyederhanakan target pasar untuk bisnis kursi future menjadi dua, yakni kelas menengah ke atas dan kelas menengah ke bawah. Kemudian target pasar lainnya yaitu orang-orang yang sedang memiliki hajat atau acara seperti pesta pernikahan, pesta khitan atau seseorang yang sedang menggelar pesta yang biasanya memerlukan kursi futura ini sebagai tempat duduk tamu pesta atau acara tersebut.

Mind Mapping
  



REFERENSI
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/7553/5/BAB%20II.pdf
https://ipqi.org/pemilihan-lokasi-tergantung-dari-jenis-kegiatan-usaha-atau-investasi-yang-dijalankan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar