Rabu, September 29

JIWA SEORANG KEPEMIMPINAN

 oleh: Ahmad Apip



I.PENDAHULUAN

     karakteristik seorang pemimpin berkaitan dengan kekuasaan yang dimilikinya, bahkan hingga saat ini para ilmuwan juga menekankan kebutuhan akan konsep kepemimpinan sebagai fenomena kekuasaan. Walaupun para ilmuwan tidak sepakat tentang definisi yang tepat dari kekuasaan atau pengaruh, namun kekuasaan mungkin merupakan konsep tunggal yang paling penting di seluruh bidang ilmu sosial. Secara umum kekuasaan didefinisikan sebagai kemampuan untuk memberikan pengaruh pada orang lain atau potensi untuk mempengaruhi orang lain.

 

     Kekuasaan secara fungsional biasanya dikaitkan dengan pemimpin, orang-orang yang dipimpin dan situasi. Kekuasaan adalah kemampuan oleh orang orang yang mempunyai otoritas menggunakan kekuatan dimana suatu kapasitas dimiliki oleh seorang pemimpin. Seorang pengusaha yang suskses tentunya memiliki jiwa kepemimpinan yang baik untuk menjalankan strategi berbisnis seorang pengusaha. Untuk itu setiap orang yang ingin menjadi wirausahawan wajib memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, jiwa kepemimpinan itu sendiri agar kita bisa mengatur strategi dalam berwirausaha, dan mengontrol karayawan yang bekerja untuk kita, sehingga apa yang kita rencanakan sejak awal akan berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

 

II. PEMBAHASAN

     Dengan modal ketrampilan secara akademik bagi seseorang yang diberi amanat untuk memimpin, selanjudnya mereka terjun dilapangan dengan keberanian mengambil resiko atas

kebijakan dan keputusan yang diambilnya. Jika ada tanda-tanda kepada mereka ada kemajuan, maka pemerintah seharusnya memfasilitasi kemampuan wirausaha pemimpin pendidikan tersebut baik berupa peningkatan karier maupun peningkatan bantuan dana dari pemerintah dan masyarakat yang mendorong peningkatan kualitas lembaga pendidikan yang mereka pimpin. Hal ini penting sebagai upaya investasi pembangunan sumberdaya manusia melalui jalur pendidikan. Salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan adalah rendahnya jiwa wirausaha kepala sekolahnya, berbagai penelitian mengungkapkan bahwa kepala sekolah belum responsif terhadap tuntutan dinamika  perubahan yang terjadi, banyak

aktivitas sekolah berlangsung by the way bukan by design dengan ciri perencanaan yang memprihatinkan. Kajian dalam artikel ini membahas mengenai wirausaha (entrepreneurship), sifat kepemimpinan, dan kewirausahaan kepemimpinan pendidikan

 

 

 

Wirausaha (entrepreneurship)

     Wirausaha menurut Aldrich, Howard (2005:452) adalah sesorang yang dapat menghasilkan dan sekaligus menantang atas berbagai aturan sosial yang sudah ada. Sementara kewirusahaan merupakan konsep yang mampu menjamin terjadinya proses perbanyakan populasi organisasi, dan sekaligus meletakkan landasan bagi tumbuhnya populasi baru.

Pertumbuhan populasi baru itu, berdasar kajian sosiologis cukup terkait dengan kewirausahaan yang dapat mempengaruhi terjadinya stratifikasi maupun ketidaksamaan

dalam kehidupan masyarakat banyak. Adapun prosesnya adalah dengan cara melalui upaya

mempertajam adanya peluang kehidupan antara pemimpin pendidikan di satu sisi dan kehidupan pendidik dan anggota lain di sisi lainnya.

 

Jiwa Seorang Pemimpinan dalam Kewirausahaan

 

     Agar memiliki tujuan yang jelas untuk dicapai

Suatu perusahaan hendaknya memiliki tujuan yang akan  dicapai agar suatu perusahaan dapat berjalan dengan baik,dengan adanya tujuan yang jelas dalam suatu perusahaan akan berdampak positif terhadap usaha yang sedang dijalankan.

 

     Agar dapat mengambil keputusan dan bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan oleh bawahannya

Jika dilihat dari pengertian kepemimpinan merupakan proses mengarahkan  perilaku kepada orang lain ke arah pencapaian tujuan yang hendak dicapai, maka pengarahan yang dimaksud menyebabkan bawahan bertindak tertentu dengan cara mengikuti arahan dari pemimpin, wirausaha yang berhasil merupakan pemimpin yang berhasil  memimpin bawahannya dengan baik dan terorganisir dan tentu saja akan berdampak baik juga terhadap perusahaan.

 

     Agar dapat berkomunikasi dengan karyawan/staff

Komunikasi yang baik antara pemimpin perusahaan dengan bawahan dapat menjadi suatu alasan setiap perusahan yang terus berkembang, maka dari itu apabila kita sebagai pemimpin harus dekat dan mendengarkan masukan dari staff atau bawahan kita di beberapa situasi, yang bertujuan untuk terus bisa bersaing dengan perusahaan lain yang ada saat ini.

 

     Agar memiliki rasa tanggung jawab

Seorang pemimpin yang sukses di bidang kewirausahaan sudah pasti memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, karena tanggung jawab adalah salah satu sifat yang harus dimiliki setiap pemimpin apalagi dalam hal ini kita menyinggung seorang pemimpin yang memimpin sebuah perusahaan. Di dunia wirausaha seorang pemimpin yang tidak mempunyai rasa tanggung jawab, bukan tidak mungkin perusahan yang dia pimpin bisa menjadi bangkrut.

 

    Agar dapat mengambil keputusan kepada perusahaan

Kepemimpinan seorang wirausahawan harus mempunyai insting yang kuat dalam mengambil keputusan, guna untuk tetap mempertahankan yang apa yang sudah dibuatnya dari awal, apabila seorang pemimpin salah mengambil keputusan bukan tidak mungkin perusahaan yang dia pimpin mengalami kebangkrutan.

 

    Agar dalam pelaksanaan berwirausaha dapat teroganisir dengan baik

Seorang pemimpin di sebuah lembaga atau perusahaan pasti tau apa maksud dan tujuan nya menjadi seorang pemimpin, tdak lain adalah ingin perusahan yang dia pimpin terus berkembang seiring dengan berkembangnya zaman, oleh karena itu pemimpin harus mempunyai visi berwirausaha yang baik, karena nanti pada prakteknya pemimpin yang menjadi tanggung jawab atas semua yang terjadi di dalam sebuah perushaan. Maka dari itu seorang wirausahawan harus memegang teguh pendirian nya dari awal pengorganisiran sesuai dengan apa yang dia mau dan berjalan lancar.

 

Keterampilan yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

Selain tegas dan dapat mengendalikan sebuah perusahaan, sosok pemimpin di dunia wirausaha juga di tuntut untuk mempunyai keterampilan yang tinggi. Ada tiga jenis keterampilan di duunia wirausaha, yaitu:

 

Keterampilan konseptual

Adalah kemampuan mental untuk mengolah dan mengordinir suatu perusahaan/Organisasi. Kemampuan ini mencakup sifat seorang manajer yang bisa melihat peluang sebuah organisasi sebagai suatu kesatuan dan keseluruhannya, memahami antara bagian-bagian yang yyang saling bergantung, kemudian menganalisa dan menginterpretasikan apa yang sudah diterima dari macam-macam sumber.

 

Keterampilan kemanusiaan

Kemampuan untuk bekerja, dituntut untuk memamhami, dan memotivasi orang lain, apa yang harus dilakukan oleh individu atau kelompok. Seorang pemimpin dalam wirausaha harus memiliki keterampilan ini, bertujuan untuk memperoleh partisipasi dan memotivasi sebuah organisasi/kelomppok dalam mencapai satu tujuan.

 

Keterampilan administrative

Keterampilan ini adalah salah satu keterampilan yang bertujuan untuk membuat perencanaan, dimana kita harus bisa mengatur schedule yang jelas. Keterampilan ini juga berfungsi untuk mengikuti kebijaksanaan melakukan prosedur, mengelola perusahaan dengan anggaran yang sanagat terbatas. Keterampilan administrative ini hanya berbeda tipis dengan keterampilan konseptual. Seorang manajer perusahaan mengambil keputusan-keputusan menggunakan keterampilan administrative dan penuh dengan rasa kemanusiaan.

 

Keterampilan teknik

Keterampilan ini berhubungan dengan kemampuan menggunakan alat-alat, prosedur-prosedur, atau teknik-teknik dari suatu bidang, seperti bidang akuntansi, bidang produksi, bidang pemasaran/penjuaalan dan sebagainya.

 

 

KESIMPULANYA

Apabila kita ingin membangun sebuah usaha atau bisa disebut dengan wirausaha, maka kita wajib memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat kuat, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang diluar ekspektasi kita. Seiring dengan berkembangnya jaman dan kemajuan teknologi kita juga harus memiliki segudang pengalaman untuk memulai suatu usaha, guna untuk mengembangkan strategi kita memimpin suatu perusahaan. Didalam karaya diatas juga membahas tentang bagaimana kita bekerjasama dengan bawahan kita, guna untuk menimbulkan kreatifitas dan kerja keras karyawan untuk mencapai suatu tujuan.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.