Senin, September 27

Pentingnya Etika Didalam Dunia Bisnis

 Oleh: Muhammad Angga Rizki Ade Pratama (@S24-PRATAMA)



Di Era atau zaman yang sudah modern ini, kita sudah sangat terbiasa dengan adanya sesuatu bisnis, karena pada zaman sekarang ketika kita ingin membuat suatu bisnis, mudah sekali membuatnya hal ini dikarenakan kita semua sudah dipermudah oleh perkembangan teknologi yang sudah ada, dan selalu berkembang. Kita sekarang sudah sangat gampang untuk membuat sebuah bisnis yang bisa kita pilih juga seperti apa jenis bisnis yang kita ingin buat, sudah banyak sekali aplikasi yang bisa kita pakai untuk memulai sebuah bisnis di zaman sekarang ini. Tidak hanya itu kita juga bisa memulai bisnis kita tanpa perlu lagi membuka toko secara offline atau toko yang berwujud nyata, sekarang kita bisa memulai bisnis kita dengan dari rumah dan menggunakan handphone, sungguh sangat mudah memulai sebuah bisnis pada zaman sekarang ini.

Tetapi seiring perkembangan zaman modern serta teknologi yang selalu berkembang, kita sering sekali lupa dengan pentingnya etika dalam berbisnis. Kita sering sekali melupakan etika ini saat kita melakukan berbisnis, kita terkadang juga mengesampingkan etika ini dan tidak peduli dengan adanya etika dalam dunia bisnis ini, dan juga terkadang kita menganggap remeh etika dalam berbisnis ini, padahal etika dalam dunia bisnis ini cukup penting kita lakukan di dunia bisnis, apalagi ketika kita yang menjadi penjual, dengan kita melakukan atau menerapkan etika dalam berbisnis maka kita biasanya akan mendapatkan respon atau feedback yang cukup baik dari konsumen, pelanggan yang telah memberi produk yang kita jugal. Tetapi kita sering sekali tidak menganggap etika dan feedback dari konsumen ini penting, karena terkadang yang dinginkan oleh seseorang itu adalah hanya sebatas produk yang dijual laku dan dia mendapatkan uang saja, dia tidak menerapkan etika dalam dunia bisnis.

Mengapa etika dalam dunia bisnis ini penting, karena ketika kita misalnya sebagai penjual menerapkan etika ini dalam bisnis kita maka kita akan mendapatkan feedback yang cukup baik dari konsumen, tidak hanya itu konsumen yang menyadari etika yang kita terapkan dengan sangat baik biasanya mereka akan memuji dengan kinerja yang telah kita lakukan, dan bahkan bisa sampai konsumen tersebut menjadi pelanggan setia kepada bisnis kita, karena mereka sudah mempercaya kita dan mereka sudah mengaggap kita sebagai patner bisnis mereka. Kita juga harus tahu bahwa menjaga keakraban, kesopanan, atau etika terhadap konsumen itu penting supaya banyak konsumen yang datang kepada kita dan tidak hanya itu saja, rasanya kalau kita menerapkan etika dalam bisnis yang kita jalani akan lebih baik dari segi prilaku dan dari segi komunikasi terhadap konsumen.

Bentuk dari etika didalam dunia bisnis ini contohnya adalah hal yang simpel seperti sopan santun, baik dalam berbicara, tidak arogan, tidak memaksakan kehendak yang kita mau, dan banyak lagi yang lainnya. tetapi etika yang sangat simpel ini terkadang dilupakan. Sebetulnya etika dalam dunia bisnis ini sangat diperlukan apalagi ketika kita sudah masuk ke jenjang bisnis internasional, etika ini akan membuat kita menjadi tidak arogan atau menghalalkan segala cara yang ada untuk kita mendapatkan keuntungan. dan ada beberapa contoh tindak pelanggaran ketika kita tidak menerapakan etika adalah seperti ingkar janji, tidak mengindahkan kepentingan masyarakat, tidak memperhatikan sumber daya alam, kolusi dan suap adalah merupakan sedikit contoh dari perilaku negatif para pengusaha terhadap implementasi etika bisnis.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.