Minggu, September 26

TENTANG MOJOK.CO

Oleh

Annisa suci kurniawati

(@S08-ANNISA)

 

ABSTRAK

Mojok.co adalah media selow yang mewadahi tulisan para penulis yang punya energi serta kreativitas berlebih. Konten segar dan menghibur adalah cara bersenang-senang dan bergembira.Mojok.co saat ini menerbitkan artikel dan video dengan pilihan tema yang beragam. Ada 18 rubrik yang terdiri dari Esai, Movi, Malam JumatKhotbahKepala SukuVersus, Pojokan, Konter, Otomojok, Balbalan, Penjaskes, Liputan, Kilas, Nafkah, List, Sensus, Celengan, dan Curhat.

Selain ditulis oleh Redaksi Mojok, konten-konten di Mojok.co juga termasuk kiriman dari para kontributor

Kata kunci : Mojok.co,media tulis penulis

PENDAHULUAN

Mojok.co merupakan salah satu media online yang memuat berbagai berita terkini yang terjadi di sekitar kita. Tidak seperti media-media online pada umumnya, mojok.co memiliki kreativitas yang menarik. Hampir setiap gambar dari berita yang ditampilkan berupa kartun. Media online ini dapat menyegarkan mata dan pikiran dengan gambarnya yang berwarna-warni dan juga bahasanya yang tidak kaku.

Saat ini, mojok.co memiliki berbagai tema antara lain Esai, Komik, Movi, Malam Jumat, Rerasan, Khotbah, Kepala Suku, Versus, Pojokan, Konter, Otomojok, Balbalan, Liputan, Kilas, Moknyus, Nafkah, List, Curhat, Celengan, dan Resah. 

 

KARAKTERISTIK

1. Digital

Digital dapat diartikan sebagai sebuah informasi ataupun pesan yang diberikan dalam bentuk foto, gambar, data-data, dan angka. Informasi-informasi tersebut disebarkan melalui media cetak maupun media online.

Media online mojok.co sudah mencakup karakteristik yang pertama, yaitu digital. Melalui berbagai berita yang ditampilkan oleh mojok.co, sudah disertai dengan gambar-gambar yang mendukung. Sayangnya, mojok.co hanya terdapat pada website dan bukan media cetak dan juga aplikasi.

2. Interactivity

Karakteristik yang kedua adalah interactivity yang dapat diartikan sebagai pengguna yang tidak hanya menjadi konsumen, namun juga menjadi produsen pada suatu media. 

Pada website mojok.co penggunanya dapat berinteraksi satu dengan lainnya melalui salah satu rubrik yang bernama "Curhat". Pada rubrik tersebut, pengguna mojok.co dapat menumpahkan segala keluh kesahnya akan suatu hal.


Tidak hanya melalui rubrik "Curhat", namun pengguna juga dapat berinteraksi satu dengan lainnya melalui kolom komentar yang disediakan.

3. Hypertextual

Karakteristik yang ketiga adalah hypertextual. Hypertextual dapat juga diartikan sebagai sebuah kata kunci yang disarankan kepada pembaca untuk mengarah kepada berita lainnya yang terkait.

Pada website mojok.co, hypertextual yang dimunculkan berupa hyperlink. Hyperlink tersebut akan mengarahkan pembaca kepada berita lainnya yang serupa. 


 

4. Networked

Karakteristik yang keempat adalah networked. Networked dapat diartikan sebagai sebuah interaksi yang dilakukan pada sebuah forum. Forum tersebut diciptakan untuk para pengguna dari sebuah media.

Pada website mojok.co, pada bagian kanan atas terdapat berbagai media sosial yaitu Instagram, Facebook, dan Twitter berupa forum yang dapat diakses oleh para pengguna dari mojok.co. Pada forum tersebut, pengguna dari mojok.co dapat saling berinteraksi satu dengan yang lainnya.


5. virtual

Virtual dapat diartikan sebagai teknologi yang dapat menggantikan suatu hal yang nyata. Biasanya dilakukan dengan penggunaan grafik komputer dan desain grafis.

Sayangnya pada website mojok.co, karakteristik virtual belum terpenuhi karena tidak adanya konten yang diciptakan berbasis pada teknologi komputer.

6. Simulasi 

Simulasi dapat diartikan sebagai sebuah imitasi akan suatu hal yang berdasarkan pada realitas yang ada. Adanya simulasi membuat para pengguna media dapat merasakan secara nyata mengenai apa yang disampaikan oleh suatu media.

 

KEUNGULAN

1.      Fitur yang ditampilkan menarik

2.      Terbagi dalam berbagai jenis atau dikelompokan

KEKURANGAN

1.    Hanya bisa dibuka di website

SUMBER REFERENSI

https://www.kompasiana.com/monicangln/5d6d4bce0d82307f464eb5f2/mari-pahami-enam-karakteristik-media-baru-pada-media-online-mojok

WWW.MOJOK.CO

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.