Rabu, Oktober 20

BERBAGAI MACAM MODEL BISNIS

 

Oleh Murdiono Deli 41315120018 (@S03-MURDIONO)

 

 

 

PENDAHULUAN

 

Bagi kamu yang ingin membuat sebuah bisnis baru, sebaiknya harus belajar dan memahami dan mengetahui business model atau model bisnis terlebih dahulu. Mengapa demikian? Sebab, komponen yang satu ini memiliki peran penting dalam menjalankan sebuah bisnis.

Secara tidak langsung, business model akan membantumu dalam mengidentifikasi sebuah produk, target pasar, hingga anggaran yang diperlukan. Hal ini dilakukan supaya bisnis bisa mendapatkan keuntungan yang banyak ke depannya. Lantas, apa itu pengertiannya? Seberapa penting perannya dalam sebuah bisnis? Dalam artikel ini, Glints telah merangkumnya untukmu.

 

APA ITU BUSINES MODEL

 

Dilansir dari Investopedia, business model adalah sebuah model dasar yang menjelaskan bagaimana sebuah bisnis dapat menghasilkan keuntungan. Melalui komponen ini, bisnis tidak akan berjalan tanpa arah. Sebab, mereka sudah mengetahui apa produk yang ia ciptakan serta target pasar yang akan dituju. Business model berbeda dengan business plan. Komponen ini lebih fokus kepada bagaimana mendapatkan profit atau keuntungan dari bisnis yang sedang dijalankan. Tidak hanya itu, adanya business model juga membuat bisnis kamu berbeda dengan bisnis kompetitor. Oleh karena itu, selain menentukan produk yang ingin diciptakan, seseorang juga akan mengetahui value atau nilai apa yang akan diberikan kepada pelanggan.

 

Menurut Bplans, secara sederhana model bisnis dapat digambarkan menjadi tiga bagian:

·         jenis produk yang dihasilkan dan ketersediaan tenaga kerja dalam membuat produk tersebut

·         strategi pemasaran yang dilakukan, distribusi, pengiriman, hingga proses penjualan

·         strategi harga yang digunakan serta metode pembayaran dari pelanggan

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa business model sangat penting dibuat oleh bisnis baru. Bahkan, bisnis yang sudah mapan pun membutuhkan komponen ini. Sebab, permintaan pasar dan persaingan bisnis akan selalu berubah dari waktu ke waktu.

MANFAAT BUSISESS BISNIS

Business model yang bagus tentu akan mendatangkan profit yang besar bagi suatu bisnis. Pasalnya, selain produknya disukai oleh pelanggan, ada kemungkinan investor tertarik untuk memberikan pendanaan.Nah, berikut ada beberapa manfaat yang didapatkan:

1. Unggul dari kompetitor

Menurut Small Business, manfaat dari business model adalah dapat membuatmu unggul dari kompetitor. Terlebih, apabila business model yang kamu terapkan terkesan unik dan menarik. Contoh sederhananya, kamu menerapkan bisnis online dengan menerapkan metode pembayaran digital. Hal ini tentu akan menjadi poin unggul bagi bisnismu dari kompetitor yang tidak memikirkan hal tersebut.

2. Menarik perhatian investor

Business model yang bagus otomatis akan menarik perhatian investor untuk memberikan pendanaan kepada bisnis tersebut. Investor tidak peduli bisnis yang kamu jalani baru atau sudah lama. Asalkan mempunyai model bisnis yang mendapatkan profit banyak, investor tidak akan ragu untuk memberikan dana.

3. Manajemen keuangan yang teratur

Melalui business model, sebuah perusahaan tentu dapat membuat anggaran yang tepat mengenai proses produksi, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, dan lain-lain. Dengan demikian, mereka dapat mengatur keuangan dengan baik. Sebab, kebanyakan bisnis mengeluarkan uang tanpa dianggarkan, sehingga tidak bertahan lama.

 

Pada dasarnya, tidak semua bisnis membuat business modelnya sendiri tanpa mengikuti model-model bisnis yang sudah ada.Nah, berikut ada beberapa macam yang mungkin bisa kamu ikuti dalam membangun bisnis:

1. Franchise

Sebagian besar dari kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan business model yang satu ini. Model bisnis ini biasanya dikenal dengan sebutan waralaba. Franchise kebanyakan digunakan oleh bisnis restoran, tetapi tidak jarang juga digunakan oleh industri jasa. Konsep dari model ini adalah ketika ada seseorang ingin memulai bisnis, tidak perlu membuat bisnis sendiri dari awal. Cukup menggunakan model yang sudah ada dari brand tertentu, kemudian membayar uang kompensasi kerja sama. Salah satu restoran terkenal yang menggunakan model ini adalah McDonalds.

2. Marketplace

Di era digital sekarang, marketplace juga menjadi salah satu model bisnis yang sangat terkenal. Marketplace adalah business model yang mempertemukan antara penjual dan pembeli secara online dan biasanya menggunakan situs web ataupun aplikasi. Model bisnis ini bisa mendapatkan keuntungan dari berbagai sumber pemasukan, termasuk dari transaksi yang dilakukan. Saat ini ada beberapa marketplace yang terkenal seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain.

3. Dropship

Jenis model bisnis dropship ini juga mengandalkan online dalam aktivitasnya. Ketika menerapkan dropship, kamu tidak perlu membuat toko offline. Biasanya, orang yang menjalankan jenis bisnis ini disebut sebagai dropshipper.  Nah, sebagai dropshipper, kamu menjual barang kepada konsumen melalui toko online-mu, tetapi produk tersebut datang dari pihak lain. Dropship dinilai keuntungannya relatif kecil, karena pendapatannya dihitung selisih modal untuk membeli produk dan harga yang diberikan kepada konsumen.

4. Subscription

Business model ini menerapkan bisnis di mana pelanggan akan dikenakan biaya berlangganan untuk mendapatkan akses dari layanan tersebut.Waktu langganannya pun bermacam-macam, ada yang satu tahun, satu bulan, tiga bulan, dan lain-lain.Nah, di era digital saat ini, sudah banyak bisnis yang menerapkan model seperti ini.Contohnya, Netflix, Spotify, YouTube, dan lain-lain.

5. Manufaktur

Dalam model bisnis ini, biasanya perusahaan atau pabrik akan membuat sebuah dan menjualnya untuk mendapatkan profit atau keuntungan.Saat melakukan penjualan, manufaktur akan langsung menjualnya kepada konsumen atau bahkan kepada pihak ketiga.

 

 

KESIMPULAN

Itu dia penjelasan singkat mengenai business model beserta macam-macamnya yang bisa kamu pelajari dengan baik. Jika ingin membangun sebuah bisnis, sebaiknya pikiran model bisnis yang sesuai dengan apa yang kamu kuasai dan nyaman dalam menjalankannya. Selain informasi di atas, masih ada banyak lagi informasi lainnya seputar bisnis yang bisa kamu dapatkan dari Glints. Kamu tinggal berlangganan newsletter blog Glints secara gratis. Nanti, informasi seputar bisnis, marketing, hingga dunia kerja akan langsung masuk ke dalam inbox emailmu.

REFERENSI

https://glints.com/id/lowongan/business-model/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.