Senin, Oktober 11

PERAN LEADERSHIP DALAM ORGANISASI



OLEH :

ANNISA SUCI KURNIAWATI

(S08-ANNISA)

ABSTRAK

Kepemimpinan merupakan bagian penting dalam proses manajemen dan dibutuhkan pada semua tipe organisasi. Pemimpin merencanakan dan mengorganisasikan sumber daya yang ada dengan mempengaruhi dan mengarahkan orang lain untuk mencapai kinerja karyawan yang optimal. Selain kepemimpinan, kepuasan bawahan terhadap atasan adalah hal yang harus dicapai untuk meningkatkan kinerja karyawan. Keberhasilan kepemimpinan dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan yang diterapkan dan kepuasan bawahannya

Kata kunci : kepimpinan dan manajemen

PENDAHULUAN

Kepemimpinan (leadership) dapat dikatakan sebagai cara dari seorang pemimpin (leader) dalam mengarahkan, mendorong dan mengatur seluruh unsur unsur di dalam kelompok atau organisasinya untuk mencapai suatu tujuan organisasi yang diinginkan sehingga menghasilkan kinerja pegawai yang maksimal. Dengan meningkatnya kinerja pegawai berarti tercapainya hasil kerja seseorang atau pegawai dalam mewujudkan tujuan organisasi. Kemampuan dan keterampilan dari seorang pimpinan adalah faktor penting dalam memotivasi pegawainya agar lebih bekerja dengan baik. Dalam hal ini pengaruh seorang pimimpinan sangat menentukan arah tujuan dari organisasi, karena untuk merealisasikan tujuan organisasi perlu menerapkan peran dalam memimpin kerja yang konsisten terhadap situasi kerja yang dihadapi. Selain itu seorang pemimpin didalam melaksanakan tugasnya harus berupaya menciptakan dan memelihara hubungan yang baik dengan bawahannya agar mereka dapat bekerja secara produktif. Dengan demikian, secara tidak langsung motivasi dari pegawai semakin meningkat.

PEMBAHASAN


A.    PENGERTIAN PEMIMPIN

Dilihat dari sisi bahasa Indonesia “pemimpin” sering disebut

penghulu, pemuka, pelopor, pembina, pemantau, pembimbing,

pengguru, penegak, ketua, kepala, penuntut, raja, tua-tua, dan

sebagainya. Sedangkan istilah pemimpin digunakan dalam konteks

hasil penggunaan peran seseorang berkaitan dengan kemampuannya

memengaruhi orang lain dengan berbagai cara.

Istilah pemimpin dan memimpin pada mulanya berasal dari

kata dasar yang sama “pimpin” dan berikut ini dikemukakan beberapa

pengertian pemimpin:1

1. Pemimpin adalah seseorang yang mempunyai keahlian

memimpin, mempunyai kemampun memengaruhi pendirian

atau pendapat orang atau sekelompok orang tanpa

menanyakan alasan-alasannya.

2. Pemimpin adalah suatu lakon atau peran dalam sistem tertentu,

karenanya seseorang dalam peran formal belum tentu

mempunyai keterampilan kepemimpinan dan belum tentu mampu memimpin. Istilah kepemimpinan pada dasarnya berhubungan dengan keterampilan, kecakapan, idan pengaruh yang dimiliki seseorang; oleh sebab itu, kepemimpinan bisa dimiliki oleh orang yang bukan “pemimpin”.

 3. Pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya kecakapan/kelebihan di suatu bidang sehingga dia mampu memengaruhi orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian satu atau beberapa tujuan

4. Pemimpin merupakan faktor penentu dalam sukses atau gagalnya suatu lembaga. Baik lembaga formal maupun non formal keberhasilan suatu lembaga ditentukan dari kualitas pemimpinnya. Sebab pemimpin yang berkualitas akan mampu mengelola lembaga yang dipimpinnya.

 

B.    PENGERTIAN KEPEMIPINAN

Kepemimpinan memegang peranan yang dominan, krusial, dan kritikal dalam keseluruhan upaya untuk meningkatkan prestasi kerja, baik pada tingkat individual, kelompok, dan organisasi. Dilansir dari buku Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia (2018) karya Muhammad Busro, kepemimpinan adalah suatu proses memengaruhi orang lain sehingga orang lain tersebut dengan sukarela mau melaksanakan kegiatan bersama dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan

C.    Aspek penting kepemimpinan

Dalam buku Manajemen Sumber Daya Manusia (2009) karya Edy Sutrisno, dijelaskan bahwa dalam kepemimpinan terdapat tiga aspek penting, yaitu: Pemimpin harus melibatkan orang lain Orang lain di sini dapat diartikan sebagai bawahan, pengikut, atau anggota kelompok. Kesediaan anggota kelompok dalam menerima arahan dari pemimpin membantu menegaskan status pemimpin dan memungkinkan terjadinya proses kepemimpinan. Tanpa adanya bawahan atau anggota kelompok, semua sifat-sifat kepemimpinan seorang pemimpim akan menjadi tidak relevan. Baca juga: Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi Kepemimpinan mencakup distribusi kekuasaan yang tidak sama di antara pemimpin dan anggota kelompok Maksudnya adalah anggota kelompok tetap memiliki kuasa dalam sebuah organisasi. Mereka bisa membentuk kegiatan kelompok dengan berbagai cara. Akan tetapi, kekuasaan pemimpin dalam sebuah organisasi cenderung lebih tinggi daripada anggota kelompok. Kepemimpinan sebagai kemampuan untuk menggunakan berbagai bentuk kekuasaan Kekuasaan yang dimiliki oleh seorang pemimpin biasanya digunakan untuk memengaruhi perilaku anggota kelompok melalui sejumlah cara. Pada dasarnya, para pemimpin memengaruhi para anggota kelompok untuk melakukan pengorbanan pribadi demi tujuan organisasi. Oleh sebab itu, para pemimpin diharapkan memiliki kewajiban khusus untuk mempertimbangkan etika ketika akan mengambil keputusan

 


 

A.    LEADERSHIP DALAM PERUSAHAAN

Leadership (kepemimpinan) merupakan bagian dan inti dari manajemen perusahaan. Melalui leadership yang baik, akan memperbesar kemungkinan manajemen untuk mencapai tujuannya. Leadership meliputi segala wewenang seorang pemimpin (leader) dalam mempengaruhi pendirian/pendapat orang atau suatu kelompok tertentu. Seorang pemimpin dituntut untuk aktif dalam membuat rencana, mengkoordinasi anggota, melakukan eksperimen dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama.

Dalam praktiknya, kepemimpinan akan tampak cenderung mempengaruhi orang-orang yang dipimpinnya, agar mau berbuat seperti yang diharapkan ataupun diarahkan oleh sang pemimpin.

Motivasi orang untuk mendorong atau memimpin seseorang untuk melakukan sesuatu pada hakikatnya ada dua macam, yaitu motivasi ekstrinsik (dari luar) dan motivasi intrinsik (dari dalam

            Setiap perusahaan memerlukan kepemimpinan yang kuat untuk meningkatkan efektivitas dan mengoptimalisasi bisnisnya. Dalam sebuah perusahaan, menjadi seorang leader yang baik seharusnya lebih menekankan pada pengembangan keterampilan dan kemampuan memimpin secara terus-menerus.

Seorang pemimpin yang ideal tidak boleh mendominasi orang lain namun harus membimbing individu yang ada di bawahnya, misalnya dengan memberi arahan untuk mencapai tujuan perusahaan. Seorang pemimpin perusahaan juga harus bertindak secara bertanggung jawab, optimis, empatik, dan harus memahami kebutuhan anggota kelompoknya


 

 

HUBUNGAN ANTARA LEADERSHIP DAN MANAGEMENT

Untuk memudahkan perbedaan kedua hal ini, anggaplah bahwa seorang manajer sudah pasti leader, sedangkan leader belum tentu seorang manajer. Secara khusus, berikut ini beberapa perbedaan antara leadership dan manajemen. 

  • Dari segi fokus, leadership berfokus pada tindakan mendengarkan, membangun hubungan, kerjasama tim, menginspirasi, memotivasi dan membujuk. Sementara manajemen berfokus pada perencanaan, pengorganisasian, penempatan staf, pengarahan, dan pengendalian. 
  • Dari segi otoritas, leadership mendapatkannya dari para pengikutnya, sedangkan manajemen mendapatkan posisi otoritas dari organisasi atau perusahaan.
  • Dari segi kebijakan, leadership kebanyakan mengikuti pengetahuan dan naluri sendiri, sedangkan manajemen harus mengikuti kebijakan dan prosedur perusahaan. 
  • Dari segi interaksi, leadership berhubungan dengan anggota dan tim dalam suatu perusahaan saja, sementara manajemen berurusan dengan dimensi teknis dalam perusahaan.
  • Dari segi evaluasi, leadership mengevaluasi individu berkaitan dengan potensi kinerja karyawan di masa depan, sementara manajemen mengevaluasi melalui catatan masa lalu dan kinerja saat ini. 
  • Dari segi komunikasi, pemimpin cenderung menggunakan komunikasi verbal, sedangkan manajemen cenderung menggunakan komunikasi tertulis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SUMBER REFERENSI

 

 

https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/13/110000769/kepemimpinan-definisi-dan-konsepnya

https://www.simplidots.com/dasar-dasar-leadership-dalam-manajemen-perusahaan/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.