Senin, Oktober 18

Pentingnya faktor permodalan dalam sebuah bisnis

 Oleh: Muhammad Angga Rizki Ade Pratama (@S24-PRATAMA)


Setiap kali kita berencana untuk melakukan atau mendirikan sebuah bisnis atu usaha pasti kita memerlukan sebuah modal untuk memulai kegiatan tersebut. Modal usaha ini juga bermacam-macam bentuknya, dalam pengertiannya modal ini adalah sebuah bentuk yang ada untuk bisa memulai sesuatu kegiatan yang ingin kita lakukan karena kalau kita ingin membahas tentang modal, maka banyak sekali jenisnya yaitu ada modal usaha, modal skill atau keterampilan kerja, modal uang (untuk bisa memulai beguah kegiatan yeng memerlukan bantuan uang untuk bisa jalan), serta modal intelektual. Beberapa contoh modal tadi adalah modal yang penting jika kita bisa memilikinya untuk kita bisa menambah pengetahuan serta bisa mengembangkan usaha yang ingin kita buat, serta dengan kita menguasai berbagai macam modal tersebut kita mulai untuk mendirikan bisnis atau usaha yang ingin kita buat.

Modal adalah salah satu elemen penting dalam sebuah usaha atau bisnis, karena modal ini merupakan faktor pertama yang harus ada dalam ketika kita ingin melakukan atau mendirikan sebuah usaha/bisnis. modal ini juga banyak definisinya dalam dunia bisnis, modal ini dalam dunia bisnis bisa diartikan sebagai modal uang maupun modal di dunia bisnis ini bisa diartikan sebagai modal niat. karena dalam dunia bisnis kita sangat memerlukan modal untuk bisa menjalankan dan mengambangkan sebuah bisnis atau usaha. Modal ini juga mempunyai beberapa jenis seuai dengan kebutuhan dan keinginan yang diminta serta dimiliki oleh seseorang, berikut ini adalah modal sesuai dengan jenisnya:

Modal berdasarkan wujudnya, modal dalam jenis wujudnya ini adalah jenis modal yang  dipikirkan atau identik ketika kita menyebutkan modal, karena jenis modal ini merupakan sebuah modal yang seperti modal uang atau barang, dan juga modal ini juga bisa tidak berwujud seperti modal intelektual, modal moral, modal etika, serta modal material juga. Berikut dibawah ini adalah pengertian dari masing-masing jenis modal:

  • Modal intelektual
Jenis modal intelektual ini adalah jenis modal yang tidak berwujud karena modal intelektual ini merupakan jenis modal yang ada dalam sebuah ilmu yang dimiliki oleh manusia. modal ini bisa didapatkan dengan cara misalnya kita belajar atau memebaca buku, kegiatan tersebut bisa menambah pengetahuan kita dan bisa bertujuan untuk membantu kita dalam membuat serta mengembangkan sebuah usaha atau bisnis, maka dari itu ilmu tersebut dinamakan modal intelektual.

  • Modal moral
Modal moral ini adalah jenis modal yang hampir sama dengan modal intelektual karena modal ini tidak berwujud serta modal ini dimiliki oleh seseorang yang mempunyai atau sudah bisa berpikir secara nalar karena modal moral ini merupakan modal yang contohnya adalah seperti berbuat kejujuran atau tindakan yang memiliki dampak baik atau dampak positif kepada orang lain, maka modal ini bisa disebut dengan modal moral karena modal ini hanya ada dan dimiki oleh seseorang yang bermoral saja.

  • Modal etika
Modal etika ini adalah sebuah modal yang sangat mementingkan sebuah tindakan yang baik serta etika ini adalah sebuah tindakan dimana seseorang mementingkan kegiatan yang akan berdampak baik dimasa yang akan datang

  • Modal material
Modal material ini pasti semua orang sudah mengetahuinya karena modal ini adalah jenis modal yang bisa tujuannya adalah membangun serta mengembangkan sebuah usaha atau bisnis dengan bantuan uang atau barang yang dimiliki oleh seseorang tersebut, serta modal material ini merupakan modal yang memiliki nilai untuk kita bisa membuat berkembang sebuah binis tersebut. 


Manfaat Modal Bagi Perusahaan

Dalam menjalankan usaha, modal tersebut bisa digunakan untuk beberapa manfaat. Berikut manfaat yang bisa dari modal bagi perusahaan.

  • Sewa Tempat. Untuk membayar uang sewa tempat baik itu ruko atau gedung dibutuhkan modal. Nantinya tempat ini digunakan untuk usaha yang akan menghasilkan keuntungan.
  • Membeli Bahan Produksi. Darimana bahan produksi dibeli kalau tidak dari modal? Oleh sebab itu manfaat dari modal sangat terasa untuk membeli bahan produksi.
  • Gaji Karyawan. Pada awal menjalankan usaha, modal juga digunakan untuk menggaji karyawan. Kalau usaha sudah maju, maka keuntungan dari usaha tersebutlah yang digunakan untuk menggaji karyawan.
  • Simpanan. Modal juga digunakan sebagai simpanan dalam usaha. Ini karena tidak semua modal dialokasikan untuk keperluan usaha. Singkat kata, simpanan ini bisa digunakan juga sebagai dana darurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.