Sabtu, Oktober 16

PROSES MENDAPATKAN MODAL UNTUK MENGEMBANGAN BISNIS

 

Oleh Diran (@S06-DIRAN)


Abstrak

Dalam menjalankan dan mengembangkan usaha, moda merupakan masalah yang utama. Maju dan berkembangnya suatu usaha ditentukan oleh seberapa besar modal yang kita miliki. Semakin besar modal yang dimiliki maka semakin besar peluang usaha tersebut untuk memperoleh keuntungan yang berdampak pada perkembangan usaha. modal usaha adalah sesuatu yang digunakan untuk mendirikan atau menjalankan suatu usaha. Modal ini bisa berupa uang dan tenaga (keahlian). Modal uang biasa digunakan untuk membiayai berbagai keperluan usaha, seperti biaya prainvestasi, pengurusan izin, biaya investasi untuk membeli aset, hingga modal kerja. Sedangkan modal keahlian adalah kepiawaian seseorang dalam menjalankan suatu usaha.

Kata Kunci: Pengembangan Usaha,  Industri Kecil, Modal Usaha

Pendahuluan

Dalam menjalankan usaha agar maju dan berkembang maka harus dimulai dengan pembinaan dan bimbingan yang tepat. Saat ini banyaknya bisnis/usaha yang tumbuh dan berkembang di masyarakat sangat mempengaruhi iklim perekonomian di masyarakat tersebut, namun apabila bisnis yang berkembang tersebut tidak dibimbing dan dibina maka akan sulit untuk industri tersebut bisa berkembang pesat dan tetap bertahan. Maka dalam hal ini begitu pentingnya pembinaan dalam manajemen usaha di lingkungan industri sehingga menjadi suatu hal yang harus diperhatikan baik itu oleh pemerintah maupun oleh para akademisi khususnya perguruan tinggi.

Dimasa pandemi Covid 19 ini banyak pekerja yang terkena imbas pengurangan karyawan, namun malah bermunculan industri usaha kecil maupun menengah, ini sangat membantu pertumbuhan ekonomi rakyat, karena perputaran uang di masyarakat akan menjadi lebih lancar, selain itu pengusaha kecil atau usaha rumahan juga tidak kalah bersaing dengan perusahaan besar yang sudah punya nama. Buktinya masih banyak perusahaan kecil yang masih berdiri sampai sekarang (Rachman et al., 2018).

Usaha pada industri kecil sangat diminati oleh orang awam, karena industri kecil mempunyai daya tarik tersendiri bagi siapa pun yang ingin memulai usaha baik dari kalangan anak-anak muda sampai orang tua. Apalagi saat ini muncul berbagai usaha yang baru-baru serta unik dan mudah ditiru. Dengan kemajuan dan kecanggihan teknologi orang bisa sangat mudah mengakses melalui internet untuk mencari inspirasi berbagai bisnis yang sedang ramai diperbincangkan. Namun langkah awal orang untuk memulai bisnis masih terganjal dengan berbagai permasalahan. Permasalahan yang dihadapi oleh para pengusaha industri kecil dalam meningkatkan kemampuan usaha sangat kompleks dan meliputi berbagai indikator yang mana salah satu dengan yang lainnya saling berkaitan antara lain kurangnya permodalan baik jumlah maupun sumbernya, kurangnya kemampuan manajerial dan keterampilan beroperasi dalam mengorganisir dan terbatasnya pemasaran (Suci, 2017).

Masalah dalam suatu industri ada dua yaitu masalah finansial dan non-finansial. Masalah finansial menjadi faktor utama permasalahan industri, yang mana faktor finansial itu adalah menyangkut modal usaha. Modal menjadi sumber ketakutan tersendiri disaat industri sudah mulai dirintis namun kesulitan untuk tumbuh dan berkembang. Masalah permodalan diantaranya mengenai bagaimana menentukan kebutuhan modal usaha, bagaimana mendapatkan dana atau sumber permodalan, dan bagaimana mengelola modal yang terbatas untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Berkaitan dengan masalah terbatasnya permodalan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) membutuhkan dukungan dari lembaga pembiayaan termasuk perbankan.

Seiring berjalannya waktu industri tersebut belum bisa berkembang besar dikarenakan adanya faktor-faktor yang menghambat kemajuan industri tersebut diantaranya terbatasnya permodalan yang dimiliki, sumber daya manusia yang lemah dan akses pemasaran yang belum dioptimalkan. Namun masalah permodalan yang paling mendominasi terhadap kemajuan dan perkembangan industri tersebut. Sehingga sangat dibutuhkan strategi pengembangan usaha agar permasalahan tersebut dapat diatasi.  

Beberapa cara proses mencari modal usaha

1.      Menabung

Cara paling mudah untuk mendapatkan modal untuk memulai usaha adalah dengan menggunakan tabungan sendiri. Kita bisa mulai menyisihkan sebagian gaji yang didapat setiap bulannya. Gaji yang disisihkan bisa ditabung dan selanjutnya bisa Anda gunakan untuk memulai sebuah bisnis tanpa perlu memikirkan hutang karena pinjaman dari pihak lain. Namun perlu diingat dengan cara ini, Anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkannya.

 

2.   Mencari Pinjaman Kepada Orang Terdekat

Selain dari tabungan, cara lain untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan meminjam modal dari orang terdekat seperti dari orang tua, sahabat atau keluarga. Jelaskan kepada mereka tentang ide dan rencana bisnis secara detail, agar mereka tahu dan merasa aman untuk meminjamkan modal nantinya. Selain itu, bicarakan juga bahwa Anda akan segera mengembalikan uang yang dipinjam sebagai modal dalam jangka waktu tertentu.

 

3.     Menjual Aset

Kalau kita punya aset seperti barang-barang berharga, kendaraan pribadi, perhiasan atau lainnya bisa di coba dijual untuk usaha atau juga bisa untuk menggabungkan sejumlah uang yang berasal dari tabungan saat ini dengan hasil penjualan aset, sehingga modal yang didapat untuk memulai sebuah bisnis menjadi lebih besar nantinya.

 

4.     Bekerjasama Dengan Rekan atau Keluarga

Jika mengandalkan modal sendiri tidak cukup bisa juga bekerjasama mencari rekan bisnis supaya modal usaha yang  miliki menjadi lebih besar. Dalam bekerja sama mencari untuk mengajak teman bisnis harus orang yang bisa dipercaya dan memiliki visi serta minat yang cocok dengan ide bisnis kita. Sebelum memutuskan memulai membangun bisnis dengan teman, pastikan sudah di bahas bersama rencana bisnis secara rinci dari strategi bisnis, pencapaian yang ingin dicapai, pembagian keuntungan dan hal lainnya. Dengan memiliki rekan bisnis yang tepat, Anda juga akan memiliki partner dalam melakukan brainstorm dan mendiskusikan segala ide-ide untuk mengembangkan bisnis kedepannya.

5.   Meminjam di Bank

Salah satu proses mencari modal usaha yang paling umum dilakukan oleh orang-orang untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan meminjam uang di bank. Ada banyak macam kredit yang ditawarkan oleh bank, baik dengan jaminan atau tanpa agunan. Biasanya kredit tanpa agunan memiliki jumlah bunga yang besar, supaya tidak dihantui hutang yang lama, sebaiknya ambil kredit dalam jangka waktu yang tidak lama. Untuk memilih kredit di bank, harus memahami betul-betul mengenai bunga serta cicilan yang akan ditanggung. Buatlah perkiraan terlebih dahulu tentang dana yang setidaknya akan dikeluarkan setiap bulannya untuk membayar cicilan.

 Proses Memperoleh Pinjaman Modal Usaha

Ada tiga cara dalam memperoleh pinjaman modal usaha, yaitu:

   a. Diajukan langsung kepada Kantor Cabang Bank Pelaksana

   b. Mengisi daftar isi yang telah disediakan Bank tersebut

   c. Memberikan keterangan lengkap dan benar tentang perusahaan Persyaratan yang ditetapkan pihak bank harus dipenuhi wirausaha:

  1. Pemohon adalah pengusaha yang memiliki atau sedang mengajukan surat izin usaha
  2. Pinjaman tersebut benar-benar digunakan untukkegiatan usaha.
  3. Peminjam harus melengkapi persyaratan yang ditentukan bank Untuk memperoleh permodalan pinjaman modal usaha, pihak perbankan akan melihat kondisi keuangan perusahaan dan mempertimbangkan untuk diberikan pinjaman, dan bank selalu melihat dari sudut likuiditasnya. Likuiditas adalah kemampuan perushaan untuk memnuhi kewajiban membayar kembali pinjaman tepat waktu.

Kesimpulan

Dalam membangun sebuah usaha, hal yang perlu dipertimbangkan adalah ide usaha, skala usaha, kompetisi, permintaan pasar, tenaga kerja serta ketersediaan modal usaha. Modal memang bukan hal terpenting dalam bisnis, tetapi tanpa adanya modal pasti sulit untuk mewujudkan dan mengembangkan bisnis yang akan Anda bangun. Oleh karena itu, hal yang menjadi masalah adalah bagaimana dan apa yang harus dilakukan untuk memperoleh modal usaha tersebut. Untuk mendapatkann modal perlu beberapa proses pilihan seperti pada pembahasan di atas. Jadi tinggal di kembalikan kepada diri kita proses mana yang yakin akan bisa di jalankan untuk mencari modal usaha kita.

Referensi

https://www.jurnal.id/id/blog/cara-mudah-mencari-modal-usaha-untuk-bisnis/

https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/3734/2484

https://sumberbelajar.seamolec.org/Media/Dokumen/5a583883865eacc372523abb/f9d28153d857d0d8612fcbbd07261ed7.pdf

https://pintek.id/blog/cara-mencari-modal-usaha/

https://ekbis.harianjogja.com/read/2020/02/26/502/1032806/minim-pengalaman-dan-tak-punya-modal-tapi-ingin-memulai-bisnis-7-tips-ini-bisa-membantu-anda

https://www.finansialku.com/definisi-modal-adalah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.