Rabu, Oktober 13

REALISASI USAHA DI TENGAH PANDEMI


Direview Oleh Rohmah Fitriani 

Kode Pebisnis : @S14-ROHMAH 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Di tengah pandemi Korona yang menyerang seluruh belahan dunia khususnya Indonesia, membuat banyak usaha yang gulung tikar. Virus Corona yang menyebar dengan melakukan interaksi secara langsung antar individu membuat pemerintah memutuskan untuk melakukan langkah penerapan protokol kesehatan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Akibatnya banyak usaha yang terpaksa ditutup agar wabah ini tidak semakin menyebar.

Di era pandemi ini para pelaku usaha dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa harus berinteraksi secara langsung, salah satu caranya adalah dengan Online Shopping. Realisasi usaha ditengah pandemi sangat bagus apabila selain menawarkan barang dagangnya secara langsung juga menawarkan barang dagangnya secara online. Untuk dapat mencapai target pasar dan juga keuntungan di era pandemi yang tidak bisa berinteraksi secara langsung, kegiatan jual beli online merupakan strategi yang tepat untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar dan juga meraih keuntungan sebanyak-banyaknya.

1.2 Rumusan Masalah

a. Apa yang dimaksud dengan realisasi usaha?

b. Apa alasan pentingnya inovasi dan kreativitas dalam  merealisasikan usaha?

c. Bagaimana merealisasikan usaha di tengah pandemi covid-19?

1.3 Tujuan

a. Mengetahui pengertian realisasi usaha secara umum.

b. Mengetahui pentingnya inovasi memulai usaha

c. Meningkatkan  pengetahuan realisasi usaha di tengah pandemi Covid-19


BAB II

PEMBAHASAN

2.1  Realisasi Usaha

Realisasi usaha merupakan proses atau pelaksanaan kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh hasil berupa keuntungan. Usaha dalam membuka bisnis dapat berupa jasa dan juga barang dagang, sesuatu yang dapat dijual dan memberikan keuntungan kepada pelaku usaha yang menjalankan. Saat memutuskan untuk merelasisasikan usaha, perlu diperhatikan langkah-langkah penting agar usaha yang dijalankan dapat bertahan lama. Ada 5 Langkah yang perlu diperhatikan sebelum membuka usaha yaitu :

1. Buat Perencanaan Matang Terhadap Ide Bisnismu
Membuka sebuah usaha sama halnya seperti kita ingin berpegian ke sebuah tempat yang belum pernah kita kunjungi. Pastinya kita harus memiliki persiapan yang matang untuk mengantisipasi apa saja kemungkinan yang bisa terjadi dan mengganggu jalannya bisnis kita nantinya. Ada banyak cara yang bisa kamu pelajari untuk membuat perencanaan ini dari studi kelayakan bisnis sampai yang saat ini cukup popular adalah Business Model Canvas. Kalian bisa cari di internet bagaimana menggunakan tools ini.

2. Validasi dan Riset Pasar
Salah satu alasan mengapa sebuah usaha gagal dan tidak bisa berlanjut karena ternyata produk atau jasa yang dihasilkan tidak dibutuhkan atau juga diinginkan oleh pasar. Bahkan ini menjadi alasan terbesar mengapa sebuah usaha gagal bertahan. Tujuan kita dalam menciptakan produk tentunya adalah agar bisa digunakan oleh banyak orang dan kita mendapatkan pemasukan sebagai timbal baliknya. Nah seringkali kita terlalu percaya diri sehingga mengabaikan step ini. Buatlah survey kecil-kecilan untuk mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh calon konsumenmu.

3. Perbanyak Networking
Kunci keberhasilan dari seorang entrepreneur karena biasanya ia memiliki banyak relasi atau kenalan. Mulai dari sekarang, kamu harus terbiasa untuk bertemu dengan banyak orang. Buatlah kartu nama yang terlihat professional dan jangan lupa untuk bertukar kartu nama ketika bertemu dengan orang baru. Hadirilah kegiatan-kegiatan yang dihadiri banyak pelaku usaha lainnya dan berbaurlah dengan mereka. Jangan lupa untuk terus menjaga hubungan baik dengan mereka.

4. Bangun Tim yang Solid
Modal utama bagi entrepreneur pemula adalah dirinya dan juga timnya. Karena memiliki berbagai macam keterbatasan, maka mulai dari sekarang carilah partner yang bisa mendukung langkahmu untuk berjalan lebih baik. Tidak mungkin kamu bisa menjalankan usaha sendirian karena pasti memiliki keterbatasan. Carilah co-founder yang memiliki visi yang sama dan juga karyawan yang dapat mengakselerasi langkahmu dalam mendirikan usaha baru.

5. Menguasai Konsep Sumber Daya Manusia
Mungkin banyak sekali entrepreneur baru yang menyepelekan hal ini. Mereka berpikir tidak penting untuk mengerti konsep pengaturan SDM untuk tahap awal. Tapi kalau mau dilihat ternyata masalah SDM ini juga menjadi alasan terbesar ke-3 menurut majalah Forbes, mengapa sebuah usaha mengalami kegagalan. Jadi penting bagi kamu untuk mengerti kenapa kita sebagai entrepreneur harus mengerti akan hal ini. Karena hal ini tidaklah mudah dan terkadang akan menguras banyak energi, waktu dan pemikiranmu. Bayangkan bagaimana kalau kamu harus mengurus masalah absen karyawan, pembayaran gaji, pajak, BPJS, ijin, lembur dan lain sebagainya.

2.2  Inovasi dan kreativitas Dalam Merealisasikan Usaha

Salah satu keberhasilan dari menjalankan usaha adalah mampu meningkatkan kreativitas. Usaha yang diimbangi dengan kreativitas tidak akan menimbulkan kesan monoton. Kreativitas tidak hanya dibutuhkan oleh pekerja seni, setiap pekerjaan membutuhkan kreativitas. Terutama di saat pandemi, sebagai pelaku usaha kita harus beradaptasi dengan perilaku konsumen yang berubah dari sebelumnya.

Kalangan industri dituntut untuk kreatif dan inovatif terkait pengembangan produk ataupun proses pemasaran agar produk tetap bertahan di tengah pandemi. Melakukan inovasi bisnis juga merupakan salah satu strategi untuk menaikan omzet penjualan. Untuk itu berikut bagaimana cara untuk dapat meningkatkan inovasi dan kreativitas pada saat pandemi saat ini yaitu :

a. Punya semangat untuk menambah ilmu baru
Orang kreatif adalah orang yang mempunyai banyak ide yang bisa diperoleh jika seseorang memiliki pengetahuan. Pengetahuan dan wawasan Anda tentang usaha harus ditambah dari waktu ke waktu. Salah satu hal yang paling mudah dilakukan adalah membaca, sharing dengan orang lain, atau mengikuti pelatihan dan sejenisnya.Saat ini semua dilakukan secra online seperti mengikuti seminar dan pelatihan secara online.

b. Jangan takut bereksperimen
Kreativitas dan inovasi akan memunculkan peluang usaha baru yang menguntungkan. Namun, inovasi dan ide-ide cemerlang tidak akan membuahkan hasil jika Anda takut untuk mencoba. Jangan takut bermain dengan eksperimen-eksperimen kecil yang sebenarnya dapat membuka kesempatan kita untuk belajar dari kesalahan dan bereksplorasi kembali.

c. Jalin relasi dengan orang-orang kreatif
Masih berkaitan dengan poin pertama, bergaul dan menjalin relasi dengan orang-orang kreatif mampu menjadi sarana yang tepat untuk meningkatkan kreativitas. Anda bisa menjalin relasi dengan orang-orang kreatif melalui komunitas-komunitas ataupun orang yang ada di sekitar Anda. Karena adanya pemberlakuan social distancing, Anda bisa memanfaatkan jejaring media sosial untuk bergabung dengan komunitas. Bergaul dengan orang yang memiliki latar belakang yang sama akan menambah hasrat atau passion Anda terhadap hal tersebut.

d. Peka terhadap lingkungan sekitar
Meningkatkan kreativitas juga bisa dilakukan dengan lebih memperhatikan lingkungan sekitar Anda. Mulailah untuk terbiasa peka dan memperhatikan secara detail apa yang terjadi di lingkungan sekitar Anda. Jadikanlah apapun yang Anda dengar, lihat, dan rasakan sebagai proses mengembangkan kreativitas. Jangan batasi diri Anda dan mulailah peduli pada lingkungan sekeliling Anda. Selain hal tersebut, cobalah menerima masukan, baik fakta atau informasi lainnya dari orang ada di sekeliling

 

2.3  Merealisasikan Usaha Di Tengah Pandemi

Meluasnya wabah Covid-19 di Indonesia menyebabkan Pemerintah menghimbau masyarakat untuk membatasi kontak fisik. Kegiatan sehari-hari seperti bekerja, belajar, serta beribadah disarankan untuk dilakukan di rumah masing-masing. Pembatasan kontak fisik alias physical distancing ini memberikan dampak signifikan bagi banyak pihak, salah satunya pelaku bisnis.

Tidak sedikit pelaku usaha, mulai dari tingkat UMKM hingga skala besar yang mengungkapkan penurunan pemasukan selama beberapa minggu belakangan ini. Akan tetapi, Sobat sebagai pelaku usaha tentu saja tidak boleh menyerah. Di tengah maraknya penyebaran Covid-19 ini, ternyata masih ada loh alternatif-alternatif bisnis yang menjanjikan.

Dengan melakukan usaha secara online dapat membantu pelaku usaha dalam menciptakan  peluang dalam menciptakan usaha-usaha baru yang penuh dengan inovasi dann kreativitas. Selain itu, ada sejumlah sektor bisnis yang menciptakan peluang. Berikut 3 (tiga) sektor bisnis yang sedang berkembang di kondisi saat ini, antara lain :

1. Bisnis kebutuhan bahan pokok.

Dianggap sebagai salah satu sektor bisnis yang tahan terhadap krisis karena masyarakat membutuhkan pasokan bahan pokok termasuk makan dan minum dalam kondisi apapun bahkan kondisi serba sulit sekalipun. Modal relatif kecil, tenaga kerja tidak terlalu banyak, namun margin laba berpotensi besar dan perputaran arus kas cepat. Pebisnis bisa menjalankan strategi peningkatan omzet dengan berinovasi memanfaatkan online shop dan online delivery. Contoh bahan pokok yang bisa Sobat jual antara lain beras, gula pasir, garam, minyak goreng, perlengkapan kebersihan sehari-hari seperti sabun, sampo, dan sebagainya. Sedangkan beberapa contoh persediaan makanan yang bisa dijual antara lain frozen food, lauk-pauk homemade yang dikemas botolan, kue kering  dan juga minuman seperti kopi susu literan, dan lain-lain.

2. Bisnis jasa/produk kesehatan.

Sekarang ini, permintaan pasar terhadap produk-produk kesehatan sangat tinggi. Bahkan banyak pelanggan yang kesulitan untuk mendapatkan produk kesehatan tersebut sehingga kehadiran bisnis produk kesehatan seperti masker, disinfektan, hand sanitizer, face shield, vitamin dan lainnya ini sangat dibutuhkan dan berpotensi menguntungkan.

3. Bisnis jasa layanan pengantaran (delivery service).

Bisnis ini dinilai mampu bertahan di kondisi krisis karena meningkatnya permintaan layanan antar untuk memenuhi kebutuhan individu akan makanan dan barang konsumsi harian tanpa harus meninggalkan rumah. 

 



Mindmapping

 

 

.


BAB III

KESIMPULAN

 

3.1  Kesimpulan
Realisasi usaha ditengah pandemi sangat bagus apabila selain menawarkan barang dagangnya secara langsung juga menawarkan barang dagangnya secara online. Untuk dapat mencapai target pasar dan juga keuntungan di era pandemi yang tidak bisa berinteraksi secara langsung, kegiatan jual beli online merupakan strategi yang tepat untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar dan juga meraih keuntungan sebanyak-banyaknya. Dengan melakukan usaha secara online dapat membantu pelaku usaha dalam menciptakan  peluang dalam menciptakan usaha-usaha baru yang penuh dengan inovasi dann kreativitas.

 

 

 

 

DAFTAR PUSAKA

 

https://greatdayhr.com/id-id/blog/5-tahap-membuka-usaha-sendiri/

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20601

https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/pengembangan-diri/5-cara-meningkatkan-kreativitas-wirausaha-di-masa-pandemi

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.