Minggu, November 14

PERMINTAN DALAM EKONOMI MIKRO

 

PERMINTAN DALAM EKONOMI MIKRO

 

Oleh : Mia Lestari (S01-Mia)

 

Pendahuluan

            Permintaan pasar (market demand) adalah penjumlahan permintaan individu di pasar pada harga yang diberikan. Dalam ilmu ekonomi, ekonom mendefinisikan permintaan sebagai kesediaan dan kemampuan kita sebagai konsumen untuk membeli barang atau jasa untuk setiap kombinasi harga yang diberikan. Semakin banyak konsumen tersedia di pasar, semakin besar permintaan. Untuk angka agregat, itu biasanya dikaitkan dengan total populasi. Populasi yang besar menunjukkan potensial permintaan yang tinggi.


Sebagaimana definisi, permintaan memiliki dua kata kunci: kemauan dan kemampuan untuk membayar. Kemauan menunjukkan konsumen menginginkan barang. Kemampuan berarti didukung dengan sumber daya (memiliki uang yang cukup). Sehingga, ketika anda menginginkan sebuah barang dan memiliki uang untuk membeli, itu akan mengarah ke permintaan. Tapi, jika kita hanya memiliki keinginan tapi tidak memiliki uang, atau kita memiliki uang tapi tidak menginginkan barang tersebut, itu tidak mengarah ke permintaan.

 

Pembahasan

Faktor-faktor teori permintaan

  • ·        Harga komoditas itu sendiri
  • ·        Harga komoditas lain yang berkaitan erat dengan komoditas tersebut
  • ·        Pendapatan rumah tangga dan pendapatan rata-rata masyarakat
  • ·        Corak distribusi pendapatan dalam masyarakat
  • ·        Citarasa masyarakat
  • ·        Jumlah penduduk

Analisis dan curva permintaan

  • ·        Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dibeli konsumen pada tingkat harga selamat periode tertentu
  • ·        Jumlah yang diminta jumlah barang atas jasa yang ingin dineli oleh konsumen pada tingkat harga tertentu. Jumlah ini mungkin tidak sama dengan jumlah yang benar-benar dibeli

Dalam usaha mikro ini konsumen selalu melakukan berbagai permintaan untuk berbagai barang dan jasa yang dibutuhkan.Permintaan yang dilakukan oleh konsumen adalah cara mereka untuk memperoleh kepuasan dalam memenuhi kebutuhannya. Tentu saja dalam melakukan permintaan, konsumen harus menyesuaikan permintaan yang dilakukan dengan pendapatan yang mereka peroleh. Jika pendapatan mereka tinggi maka permintaan dapat dilakukan dalam jumlah yang besar, dan sebaliknya, jika pendapatan mereka rendah maka permintaan yang dapat dilakukan jumlahnya kecil. 

Harga pun sangat mempengaruhi permintaan konsumen terhadap barang atau jasa. Semakin mahal harga barang atau jasa, konsumen akan mengurangi konsumsi barang atau jasa tersebut atau beralih mencari barang atau jasa yang sama meskipun dilihat dari pendapatannya, konsumen masih mampu membeli barang atau jasa tersebut. Dan sebaliknya, semakin murah harga barang atau jasa, konsumen akan loyal dalam mengkonsumsi barang atau jasa itu dan tidak akan mencari barang atau jasa yang lain.

 

Daftar Pustaka

https://cerdasco.com/permintaan-pasar/

https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/02/163229869/teori-permintaan-pengertian-dan-faktornya

https://media.neliti.com/media/publications/271657-permintaan-dalam-ekonomi-mikro-9ad80137.pdf

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.