Senin, November 29

STARTUP SEBAGAI PEMICU PEREKONOMIAN NEGARA

 Direview Oleh :

Rohmah Fitriani (41619110040)

@S14-ROHMAH

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Startup saat ini sangat berkembang pesat walaupun diera pandemi yang serba sulit. Startup biasanya mengacu pada perusahaan-perusahaan yang layanan atau produknya berbasiskan teknologi. Menyesuaikan dengan teknologi yang berkembang saat ini, inovasi dan juga kreativitas dituangkan untuk dapat menciptakan perusahaan yang dapat bersaing dan memiliki ciri khas terendiri agar dapat bertahan di pasar.

Sejumlah startup di Indonesia sudah melampaui angka unicorn, bahkan sebagian sudah bisa dikatakan masuk sebagai decacorn. Startup-startup tersebut antara lain Gojek, Tokpedia, OVO, Bukalapak, Traveloka, dan Shopee. Bidang yang digeluti oleh startup tersebut pun bervariasi, mulai dari keuangan, pemasaran, pelayanan, ritel, sampai video games. Jumlah ini bisa saja bertambah seiring dengan perkembangan teknologi yang ada.

1.2 Rumusan Masalah

a. Mengapa startup memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian negara?

b. Apa saja manfaat startup dalam bidang perekonomian?

c. Mengapa startup mempengaruhi ekonomi digital?

1.3 Tujuan

a. Mengetahui peran startup dalam meningkatkan perekonomian negara.

b. Mengetahui apa saja manfaat startup dalam bidang perekonomian

c. Mengetahui startup berdampak pada ekonomi digital

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1  Peran Startup Dalam Meningkatkan Ekonomi Negara

Pemerintah terus mendorong hadirnya perusahaan rintisan (startup) baru di Indonesia. Menurut database startup yang dirilis oleh Masyarakat Industri Kreatif/ TIK Digital Indonesia (MIKTI), jumlah startup di negara ini mencapai 2.100 perusahaan pada 2021. Banyaknya startup berarti sejalan dengan jumlah pengusaha yang tinggi. Adanya pengusaha penting bagi negara, salah satunya untuk menciptakan lowongan kerja di Indonesia. Berikut adalah peran Startup dalam meningkatkan ekonomi negara.

a. Menciptakan lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja
Setiap pengusaha akan membutuhkan tenaga kerja untuk menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. Oleh karena itu, keberadaan pengusaha berarti akan menciptakan lapangan kerja baru. Kesempatan masyarakat pun akan semakin luas untuk mendapatkan pekerjaan dan bisa menurunkan angka pengangguran. Berarti, semakin banyak jumlah pengusaha akan menambah kesempatan kamu untuk mendapatkan lowongan kerja.

b. Meningkatkan penerimaan pajak negara
Setiap warga negara wajib membayar pajak agar bisa menikmati beragam layanan publik yang disediakan pemerintah. Pajak yang dibayarkan pun beragam dan berbeda, termasuk antara tenaga kerja dan pengusaha. Pengusaha membayarkan pajak lebih banyak, mulai dari pajak badan usaha hingga pajak produk/ jasa yang dihasilkan. Jadi, semakin banyak startup yang lahir, semakin banyak pula pajak yang akan diterima negara. Pemerintah pun bisa mengoptimalkan penerimaan pajak untuk layanan publik yang lebih baik, seperti di bidang kesehatan dan pendidikan.

c. Mendorong inovasi dan kemandirian masyarakat
Pengusaha lahir dari ide usaha masing-masing. Bisa jadi karena ingin menjawab masalah di lingkungannya atau melihat peluang dari tren yang tengah berkembang. Dari mana pun asal ide tersebut, kewirausahaan menunjukkan adanya inovasi masyarakat. Ini juga berarti masyarakat memiliki kemandirian untuk menyelesaikan masalah yang ada dan berusaha meningkatkan taraf hidupnya, tidak selalu menunggu tindakan pemerintah.

d. Menjadi indikator keunggulan dan daya saing negara
Kewirausahaan akan menciptakan lapangan kerja baru, menyerap tenaga kerja, dan mendorong kemandirian di masyarakat. Oleh karena itu, jumlah pengusaha bisa digunakan sebagai indikator keunggulan dan daya saing sebuah negara. Sejumlah negara maju, seperti Jepang, Korea Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat, bisa mencapai posisi yang sekarang karena banyaknya pengusaha di negara mereka.

2.2  Manfaat Startup Dalam Bidang Perekonomian

Bagi sebuah perusahaan, startup bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan perusahaan agar tetap konsisten. Tujuan utama dari startup harus menyelesaikan masalah, oleh karena itu startup biasanya dimulai dengan masalah yang membutuhkan solusi. Oleh karena itu setiap orang diharapkan memiliki pemahaman kewirausahaan dengan baik sejak usia muda.

Kewirausahaan dapat memberikan dampak yang positif di kehidupan pada masa mendatang. Terutama dalam bidang perekonomian yang tentunya membutuhkan masyarakat dengan jiwa kewirausahaan yang tinggi supaya dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik. Selain itu manfaat lainnya dari kegiatan kewirausahaan dalam bidang perekonomian adalah sebagai berikut.

a. Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat
Penerapan konsep kewirausahaan dalam membangun bisnis atau usaha mandiri dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat. Kewirausahaan mendorong masyarakat untuk secara mandiri menjawab semua masalah yang ada di sekitarnya dengan berpikir kreatif tanpa harus menunggu tindakan dari pemerintah. Dengan begitu secara langsung masyarakat juga meningkatkan taraf hidupnya melalui usaha atau bisnis yang dikembangkannya.

b. Meningkatkan Pendapatan Nasional
Tingginya permintaan, maka jumlah produksi pun semakin naik. Inilah yang kemudian akan tercatat dalam pendapatan nasional. Di dalam pendapatan nasional tercatat nilai output akhir dari semua produk yang baru diproduksi dalam satu tahun. Dengan adanya peningkatan jumlah produksi, maka pendapatan nasional negara juga akan ikut meningkat. Dari sinilah dapat diukur tingkat kegiatan ekonomi negara dalam satu tahun.

c. Menciptakan Lapangan Pekerjaan Baru
Kewirausahaan juga berkontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat Indonesia. Dengan terciptanya lapangan pekerjaan baru, masyarakat memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan. Dampaknya, taraf hidup masyarakat pun meningkat sehingga perekonomian negara menjadi lebih baik.

d. Mengurangi Kesenjangan Ekonomi dan Sosial
Kesenjangan ekonomi dan sosial tidak hanya mengacu pada meningkatnya jumlah kemiskinan. Melainkan juga salah satunya dikarenakan kurangnya penyediaan lapangan kerja. Masyarakat terbiasa menunggu hadirnya lowongan pekerjaan baru sesuai dengan kualifikasi yang mereka miliki. Padahal masyarakat bisa menerapkan konsep kewirausahaan untuk membuka lapangan kerja sendiri.

· Mengubah dan Meremajakan Pasar
Kewirausahaan juga bermanfaat dalam mengubah serta meremajakan pasar. Ide-ide kreatif pelaku usaha dapat melahirkan produk yang baru dan berbeda sehingga dapat menciptakan pasar yang sebelumnya tidak mendapat perhatian dari pengusaha lainnya.

2.3  Startup Mempengaruhi Ekonomi Digital

Pertumbuhan Startup di Indonesia

 

Berkembangnya ekonomi digital membuat perusahaan-perusahaan rintisan (startup) memiliki banyak sekali investor. investor menanamkan modalnya ke startup digital tak lepas dari prospek ekonomi digital di Indonesia yang menjanjikan. Selain berbekal besarnya jumlah penduduk Indonesia, saat ini pun sedang terjadi perubahan konsumsi masyarakat dari produk berbasis offline menjadi online. Saat pandemi, intensitas pergerakan masyarakat Indonesia di area perumahan tampak lebih tinggi dibandingkan di kawasan toko ritel atau bahkan tempat kerja. Belum lagi, perilaku berbelanja masyarakat Indonesia meningkat dua kali lipat pada masa pandemi. Hal inilah yang menjadi faktor pendukung tumbuhnya ekonomi digital di Indonesia.

 

 


Mindmapping

 


BAB III

KESIMPULAN

 

3.1  Kesimpulan
Perkembangan perusahaan rintisan di Indonesia memang cukup kencang dalam beberapa tahun belakangan ini. Dengan jumlah penduduk yang banyak, Indonesia merupakan negara yang strategis dalam melakukan usaha. Oleh karena itu, banyak investor yang memberikan dana dalam jumlah besar kepada Startup untu dapat berkembang dan menguasai pasar yang ada di Indonesia. Dengan terciptanya banyak sekali startup itu berarti pertumbuhan ekonomi semakin pesat. Banyak manfaat yang didapat salah satunya adalah munculnya lapangan pekerjaan baru dan pajak yang didapatkan dari startup dapat digunakan negara dalam membangun fasilitas dan infrastruktur.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSAKA

Idris, Muhammad. 2020. Apa Itu Startup Dan Perbedaannya Dengan Perusahaan Konvensional. Dalam:https://money.kompas.com/read/2020/10/21/093719826/apa-itu-startup-dan-perbedaanya-dengan-perusahaan-konvensional?page=all. (Diakses 8 November 2021).

Jatmiko, Bambang P. 2021. Ekonomi Digital Berkembang Startup Banjir Pendanaan. Dalam: https://money.kompas.com/read/2021/10/04/184044726/ekonomi-digital-berkembang-startup-banjir-pendanaan?page=all. (Diakses 8 November 2021).

Kunjana, Gora. 2019. Peran Penting Kewirausahaan Bagi Pertumbuhan Ekonomi Dan Bisnis. Dalam: https://investor.id/business/201327/peran-penting-kewirausahaan-bagi-pertumbuhan-ekonomi-dan-bisnis. (Diakses 8 November 2021).

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.