Maret 13, 2022

Apa sih Pilar utama dalam Total Management Mutu??? Penting gak sih?

 Total Quality Management (TQM)

oleh Septian A.P (@T14-Septian)

Menurutmu apa itu kualitas? apakah itu penting dalam suatu perusahaan? 

            Kualitas atau mutu adalah tingkat baik buruknya atau taraf atau derajat sesuatu. Jika suatu bisnis memiliki kualitas barang yang sangat baik, maka sudah dipastikan bisnis tersebut sudah terbukti kelayakannya di mata pelanggan. Sebaliknya jika kualitas barang itu sangat buruk, maka pelanggan akan berpikir 1000 kali untuk membeli barang tersebut. Semakin tinggi kualitas produk maka kepercayaan pelanggan akan semakin tinggi juga tingkat kepuasan pelanggan dalam membeli suatu produk tersebut, maka bagi pengusaha mendatangkan keuntungan atau profit karena terjual produknya kepada pelanggan karena kualitas tinggi produknya tersebut.

            Kualitas suatu produk pada suatu bisnis dapat terkontrol dengan baik dengan adanya Manajement kualitas/mutu. Sistem yang membantu sebuah organisasi, perusahaan, atau badan usaha untuk  mengawasi setiap kegiatan serta tugas dan tanggung jawab yang diperlukan dalam mempertahankan kualitas atau mutu dari perusahaan tersebut itulah yang dimaksud arti dari Total Quality Management (TQM)

     Total management quality sendiri merupakan sebuah sistem yang menentukan kebijakan, merencanakan, mengontrol, dan mengembangkan kualitas mutu yang diberikan perusahaan. TQM memliki 8 Elemen utama yaitu Customer focusedTotal employee involvement, Process-centered, Integrated system, Strategy and systematic approach, Continual improvement & Fact-based decision making

8 Element Total Management Quality / TQM

1. Costumer Focused (Fokus pada Pelanggan)

Konsumen sepenuhnya akan menentukan kualitas dari suatu produk, konsumen yang akan menentukan apakah usaha-usaha tersebut sudah tepat. Sehingga perusahaan harus memiliki standar yang fokus pada konsumen

2. Total employee involvement (Keterlibatan karyawan secara keseluruhan) 



Komitmen karyawan dapat diperoleh secara keseluruhan jika perusahaan telah menciptakan lingkungan kerja yang baik dan nyaman. Komitmen karyawan sangat penting karena dapat mendukung perusahaan dalam meningkatkan kualitas produk baik barang maupun jasa, sehingga kepuasaan pelanggan akan tercapai

3. Process-centered (Pemusatan perhatian pada proses) 

Proses merupakan serangkaian proses yang mengambil input dari supplier (internal atau eksternal) dan mengubahnya menjadi output yang dikirimkan kepada konsumen (internal atau eksternal). 

4. Integrated system (Sistem yang terintegrasi)

Setiap posisi yang ada harus memahami visi, misi, dan prinsip dari perusahaan. Fokus dari TQM adalah proses horizontal yang akan menghubungkan berbagai macam fungsi-fungsi yang ada dalam perusahaan itu sendiri. sistem yang terintegrasi menghubungkan elemen peningkatan bisnis dalam upaya untuk melebihi ekspektasi konsumen, karyawan dan stakeholder lainnya.

5. Strategy and systematic approach (Pendekatan strategis dan sistematik) 

Salah satu elemen kritikal dari TQM adalah pendekatan strategis dan sistematik untuk mencapai visi, misi, dan tujuan perusahaan yang mencakup perumusan rencana strategis yang mengintegrasikan kualitas sebagai komponen inti pada perusahaan.

6.  Continual improvement (Peningkatan yang berkesinambungan)

Peningkatan yang dilakukan secara berkelanjutan akan mendorong perusahaan menjadi analitis dan kreatif. Sehingga dapat menemukan cara untuk menjadi lebih efektif dan kompetitif dalam memenuhi ekspektasi dari berbagai macam stakeholder

7. Fact-based decision making (Keputusan berdasarkan fakta) 

TQM mengharuskan perusahaan untuk terus mengumpulkan dan menganalisis data, sehingga dapat meningkatkan akurasi pada saat prose pengambilan keputusan , mencapai konsensus, dan membuat prediksi berdasarkan kejadian sebelumnya.

8. Communications (Komunikasi)

Salah satu elemen utama TQM adalah melakukan komunikasi yang baik dan efektif. komunikasi efektif memainkan peran besar dalam menjaga moral dan memotivasi seluruh karyawan. Komunikasi melibatkan strategi, metode, dan ketepatan waktu.

Kesimpulan

Tujuan TQM adalah meningkatkan kepuasan dan pengalaman pelanggan. Selain itu juga TQM juga mengidentifikasi dan menganalisa suatu produk sehingga dapat sesuai dengan harapan pelanggan. Implementasi dari adanya TQM memiliki manfaat seperti penghematan biaya, kepuasan pelanggan, peningkatan moral karyawan, perusahaan dapat kompetitif, mengembangkan sistem komunikasi efektif dan progress yang selalu ditinjau berkesinambungan.


Referensi :

Websisde wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Kualitas
Dewanasari Kinasih, Ningtyas. 2022. TQM (Total Quality Management): Pengertian, 8 Elemen Utama. Jakarta
Afia Hidayat, Atep. Modul Kewirausahaan 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.