Maret 31, 2022

INOVASI DAN KREATIVITAS MERUPAKAN KUNCI PENTING DALAM PENGEMBANGAN BERWIRAUSAHA

 

INOVASI DAN KREATIVITAS MERUPAKAN KUNCI PENTING DALAM PENGEMBANGAN BERWIRAUSAHA

Oleh : Doni Hermawan (@U22-DONI)

 

PENDAHULUAN

Dalam perkembangan zaman yang begitu cepat, dunia bergerak begitu sangat cepat dan dinamis, dunia menuntut kita untuk terus bergerak memberikan perubahan perubahan kecil dan berdampak besar bagi kita maupun di lingkungan kita sendiri. Sekarang manusia dengan mudah dapat mengakses berbagai kebutuhan yang diinginkan tanpa harus melewati prosedur yang panjang dan berbelitbelit. Di era milenial ini kegiatan manusia dipenuhi oleh akses yang cepat dan saling terhubung dimulai dari akses komunikasi yang tak terbatas yang saling terhubung dan sekarang juga manusia dengan sangat dimudahkan oleh beberapa kemudahan yang dihadirkan oleh perkembangan zaman yang begitu cepat ini, manusia sekarang dengan mudah dapat mengakses hampir semua kebutuhannya, sekarang hadir pasar pasar online yang dulu kita kenal dengan pasar tradisional atau pasar swalayan maupun pasar yang langsung bertatap muka antara penjual dan pembeli tetapi pada era ini kita mengetahui dengan seksama bahwa manusia dimudahkan dengan hadirnya toko online seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan lain sebagainya ditambah lagi kehadiran alat transportasi modern yang milenial dan serba terhubung dan terkoneksi seperti Go-jek, Grab dan lain sebagainya dan juga manusia juga semakin mudah dalam mengakses makanan siap saji seperti Go-food dan beberapa jenis yang lainnya. Pada zaman sekarang, betapa beruntungnya manusia memiliki teknologi yang begitu cerdas yang memudahkan seluruh aktivitas manusia itu sendiri. Hadirnya beberapa perusahaan-perusahaan tersebut diatas merupakan hasil kerja keras inovasi dan kreativitas dari orang-orang yang selalu menggali potensi dalam dirinya. Perusahaan-perusahaan di atas merupakan perusahaan yang sudah lama ada di tengah-tengah masyarakat tetapi dengan ilmu pengetahuan dan pembaharuan, perusahaan perusahaan tersebut atau usaha-usaha tersebut diubah fungsinya dan diubah mekanismenya untuk lebih mendekatkan diri kepada konsumen sehingga konsumen dengan nyaman dan dengan mudah dapat mengakses kebutuhannya setiap hari.

 

PEMBAHASAN

Peran inovasi dalam kewirausahaan sangatlah penting. Tanpa adanya inovasi, suatu usaha bisnis tidak akan bisa berjalan ketika menghadapi tantangan. Inovasi sendiri dapat diartikan sebagai salah satu upaya atau kegiatan mengembangkan atau memaksimalkan sumber daya yang ada. Sumber daya tersebut bisa berupa modal, pemikiran bahkan hubungan kerja sama dengan orang lain. Dengan adanya inovasi, seorang usahawan dapat memaksimalkan usahanya. Selain inovasi, dalam berwirausaha juga diperlukan adanya sifat kreatif. Sifat kreatif ini memiliki pengertian yang hampir sama dengan inovasi. Namun pada sifat kreatif, pengusaha menggunakan sumber daya yang belum ada atau menemukan cara baru. Sedangkan pada inovasi sudah ada sumber daya, tinggal memaksimalkan atau menggunakan sumber daya tersebut secara maksimal. Kunci utama seseorang setelah memutuskan untuk menjadi entrepreneur ialah berpikir kreatif. Tanpa kreatifitas mimpi anda hanyalah angan-angan saja. Anda akan menemui banyak kendala ketika memulai menjadi entrepreneur, bahkan ketika anda belum mulai memutuskan untuk menjadi entrepreneur.

Berpikir kreatif harus memiliki dasar pola pikir kreatif. Hal ini dapat membantu memecahkan permasalahan guna menemukan solusinya. Berpikir kreatif memiliki banyak manfaatbagi kita atau dalam berwirausaha. Kegunaan pola pikir kreatif yaitu : 1.) Menemukan gagasan, ide, peluang, dan inspirasi baru. 2.) Mengubah masalah atau kesulitan dan kegagalan menjadi sebuah pemikiran yang cemerlang untuk langkah selanjutnya. 3.) Menemukan solusi yang inovatif. 4.) Menemukan suatu kejadian yang belum pernah dialami atau yang pernah ada hingga menjadi sebuah penemuan baru. 5.) Menemukan teknologi baru. 6.) Mengubah keterbatan yang ada sebelumnya menjadi sebuah kekuatan atau keunggulan. Dalam perkembangan usaha yang begitu pesat, para entrepreneur dituntut untuk terus berinovasi dan kreatif dalam memunculkan ide-ide baru dalam suatu produk yang ingin dihasilkan, permintaan konsumen yang banyak serta unik membuat entrepreneur harus mampu menjawab kebutuhan tersebut.

Jadi dalam hal tersebut para entrepreneur harus memiliki inovasi dan kreativitas dalam dirinya sehingga sesuatu yang dihasilkan dapat menjawab kebutuhan konsumen. Peran inovasi dan kreativitas telah banyak meramba dunia usaha saat ini, seperti halnya usaha transportasi, dahulu kita mengenal jasa transportasi dengan sebutan “Ojek Pangkalan”, dengan kesusahan dan keresahan yang dialami oleh Nadiem Makarim (Mantan CEO Go-Jek) dalam mengakses jasa ojek pangkalan, maka Nadiem mulai berpikir sesuatu yang baru yang belum pernah ada sebelumnya, yakni menciptakan aplikasi berbasis online untuk mengakses jasa ojek, lalu dengan kemampuan dan tekad yang besar mantan CEO gojek tersebut berhasil menciptakan suatu hal baru dalam dunia usaha jasa transportasi yakni “GO-JEK”. Aplikasi tersebut berfungsi untuk menjawab permintaan konsumen yang dapat mengakses jasa ojek dengan mudah dan cepat. Dari hal tersebut Inovasi timbul dari permasalahan mengakses ojek pangkalan yang begitu sulit dikarenakan kita harus ke pangkalan ojek untuk mendapatkan jasa transportasi. Dari permasalahan tersebut dibuatlah suatu aplikasi On-line yakni Go-jek untuk kebutuhan konsumen sehingga mudah dan cepat untuk mengakses jasa ojek tanpa tidak harus ke pangkalan ojek lagi, tinggal pesan melalui aplikasi dan menunggu di tempat beberapa saat, hingga tukang ojek datang dan diantar sesuai aplikasi tujuan. Kreativitas yang timbul yaitu penggunaan alat teknologi yakni memanfaatkan Hp (smart phone) untuk mengakses jasa transportasi online. Kreativitas lainnya yang timbul yakni membuka lapangan pekerjaan, banyak masyarakat yang dulunya tak mempunyai pekerjaan merasa terbantu dengan hadirnya Go-jek, karena memiliki pendapatan yang tetap tiap bulannya dan ditambah lagi bonus yang diberikan selama bekerja. Jadi peran inovasi dan kreativitas sangatlah penting dan menjadi kunci dalam pengembangan berwirausaha karena mampu menjawab permasalahan yang ada, mengubah suatu masalah menjadi pemikiran yang cemerlang, hadirnya terobosan-terobosan baru, serta mampu mengubah keterbatasan yang ada, sesuatu yang tak mungkin menjadi sesuatu kekuatan dan keunggulan.

Faktor-faktor Pendukung Keberhasilan Inovasi Menurut James Brian Quinn Hendro, (2011:122) faktor-faktor pendukung untuk tercapainya keberhasilan penerapan kemampuan inovatif adalah sebagai berikut: a.) Harus Berorientasi Pasar Banyak inovasi yang sekedar pemecahan masalah kreatif tetapi tidak bersifat dan mempunyai keunggulan bersaing di pasar. Hubungan inovasi dengan pasar yang didalamnya ada 5C, yaitu Competitor (pesaing), Competition (persaingan), Change of Competition “perubahan persaingan”, Change Drive (penentuan arah perubahan), dan Customer Behavior (perilaku konsumen). b.) Mampu Meningkatkan Nilai Tambahan Perusahaan Ada nilai tambah (value added) sehingga bisa menjadi pendongkrak pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. c.) Punya Unsur Efisiensi Dan Efektivitas Tanpa 2E yaitu faktor fisiensi dan faktor efektivitas dari sebuah inovasi yang ditemukan maka inovasi tersebut tidak mempunyai arti atau dampak yang berarti bagi kemajuan perusahaan d.) Harus Sejalan Dengan Visi Dan Misi Perusahaan Inovasi harus sejalan dengan visi dan misi perusahaan agar tidak menyimpang dari arah pertumbuhan usaha. e.) Harus Bisa Ditingkatkan Lagi Inovasi harus bisa di inovasikan lagi sehingga terjadi inovasi yang berkelanjutan hingga menumbuhkan perusahaan menjadi lebih baik dan lebih berkembang. Dari kelima faktor-faktor pendukung keberhasilan Inovasi tersebut kunci utama dipegang oleh seorang Entrepreneur yang harus berani mengambil suatu tindakan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan memanejerialkan para bawahan untuk memaksimalkan potensi yang ada pada diri mereka sehingga pelaksanaan suatu pemecahan masalah dapat berlangsung dengan baik.

 

KESIMPULAN

Di dalam persaingan dunia usaha yang sangat ketat para entrepreneur dituntut untuk terus bergerak ke

arah yang lebih baik, terus untuk menggali potensi dan terus untuk memunculkan ide-ide dan gagasan

yang baru dan unik. Aktivitas usaha sangat memerlukan orang-orang yang inovatif, kreatif dan cepat

tanggap terhadap setiap perubahan. Inovasi dan kreativitas sangat berperan penting dan telah banyak

merubah wajah perindustrian dan usaha di tanah air maupun di manca negara. Inovasi hadir untuk

menjawab setiap permasalahan yang ada sehingga mampu memberikan terobosan-terobosan baru di

dalam perusahaan, dan perindustrian, dan kreativitas hadir dengan menjawab permasalahan yang ada

dengan memberikan pikiran-pikiran baru, terampil, berorintasi berbeda dari orang lain. Inovasi dan

kreativitas hendak dan harus dimiliki oleh setiap entrepreneur agar mampu bersaing dengan pesaing

yang lain, dan juga mampu menjawab setiap permintaan konsumen yang unik dan beragam. Jika ingin

bertahan di pasar, seorang entrepreneur harus mampu memunculkan produk yang baru disertai sentuhan

yang unik di dalam produknya tersebut dan itu tidak terlepas dari kemampuan inovasi dan kreativitas

yang dimiliki oleh setiap entrepreneur dalam memunculkan ide, pemikiran, gagasan, terobosan serta

orientasi yang berbeda dibanding orang lain. Oleh karena itu Inovasi dan Kreativitas dalam

pengembangan berwirausaha sangatlah penting.

 

DAFTAR PUSTAKA

Hadiyati, Ernani. 2012. Kreativitas Dan Inovasi Pengaruhnya Terhadap Pemasaran Kewirausahaan Pada

Usaha Kecil, Vol. 1, No. 3, September, 135-151. Malang : Universitas Gajayana.

Ir. Hendro M.M. 2011. Dasar-dasasr Kewirausahaan. Jakarta, Erlangga.

Ramdhan, Hendry E. 2012. Bisnis Kreatif di Rumah. Jakarta : Penebar Plus* (Penebar Swadaya Grup)

Redaksi Indonesia Cerdas. 2009. Untung Besar Modal 2 Juta. Indonesia Cerdas (Anggota Ikapi).

Yogyakarta

Sa’ud, Udin Saefudin. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Suryana, 2003. Kewirausahaan Pedoman Praktis Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Salemba empat.

Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.