Maret 31, 2022

Kemampuan seorang wirausahawan

Kemampuan seorang wirausahawan

Oleh : Fikri Aulia Rahman (@U41-FIKRI)

 

Pendahuluan

Dalam buku Kewirausahaan (2018) karya Mohammad Maskan dan kawan-kawan, Kewirausahaan merupakan jiwa dari seseorang yang diekspresikan melalui sikap dan perilaku yang kreatif dan inovatif untuk melakukan suatu kegiatan. Kewirausahaan bukan merupakan ilmu ajaib yang mendatangkan keuntungan dalam waktu sekejap. Tapi sebuah ilmu, seni, keterampilan untuk mengelola semua keterbatasan sumber daya, informasi, dan dana yang dipakai untuk mempertahankan hidup.

Kewirausahaan pada dasarnya merupakan jiwa dari seseorang yang diekspresikan melalui sikap dan perilaku yang kreatif dan inovasi untuk melakukan suatu kegiatan. Adapun orang yang memiliki jiwa tersebut tentu saja dapat melakukan kegiatan kewirausahaan atau menjadi pelaku kewirausahaan atau lebih dikenal dengan sebutan wirausaha (entrepreneur). Sebaliknya yang tidak memiliki jiwa tersebut tentu tidak bisa disebut sebagai wirausaha meskipun melakukan kegiatan bisnis.

Jika ingin memiliki seorang wirausaha, pastinya harus memiliki beberapa kemampuan. Kemampuan tersebut sangat penting dan diperlukan untuk seorang wirausahaan dalam menjalankan usahanya.

 

Pembahasan

Berikut adalah jenis kemampuan yang diperlukan dalam kewirausahaan:

Kemampuan mengatasi masalah mental diri anda (emotional attachment) dan kecerdasan spiritual (spiritual quotient).

·       Kemampuan menarik sisi positif dan hikmahnya.

·       Kemampuan merumuskan visi dan misi serta tujuan usaha.

·       Kemampuan memotivasi diri.

·       Kemampuan berinovasi.

·       Kemampuan untuk mengatur waktu kerja.

Dengan kemampuan-kemampuan tersebut, kita bisa melihat karakteristik wirausaha bisa memberikan salah satu jalan keluar bagi banyak orang untuk mendapatkan kesuksesan.

Karena dengan karakteristik seorang wirausaha yang baik, juga bisa membantu seseorang untuk menggapa kemapanan dalam hidup. Keberhasilan dan kegagalan yang terjadi pada setiap orang untu menuai kesuksesan dalam hidup, tidak hanya ditentukan dari pengetahuan saja. Tapi juga perlu kerja keras, ketekunan, dan strategi untuk bisa mencapainya.

Banyak peristiwa yang terjadi pada kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan kisah sukses seseorang dalam meniti karirnya, tak terkecuali sukses seorang wirausaha. Sebuah perbedaan, cara pandang, sikap, perilaku, dan karakteristik setiap orang sangat mempengaruhi bagaimana jalan hidup, karir, kehidupan, dan masa depan dari setiap orang.

 

Menjadi Wirausaha, sudah merupakan pilihan yang tepat untuk Insan Muda dan Generasi saat ini, karena dengan berwirausaha, akan memiliki kehidupan dan penghidupan mandiri yang lebih jelas dan membuat kita lebih percaya diri dengan usaha sendiri yang patut dibanggakan.

Kebanggaan akan sebuah komitmen dalam memiliki sebuah usaha, terlebih akan memberikan penguatan dan keunggulan diri sendiri untuk menerapkan segenap kemampuan diri dan ide-ide kreatif yang akan tertuang dalam konsep usaha yang memang menjadi icon dirinya.  Begitu pula jenis usaha yang dipilih, akan senantiasa memberikan warna dan citra diri, bila dijalani dengan passionnya sendiri, sehingga kita akan lebih mencintai pekerjaan sebagai pelaku usaha dengan kenyamanan tersendiri.

Lalu apa yang harus kita siapkan dalam menjalani usaha itu, agar usaha ini menjadi sebuah kebanggaan, dan bahkan kita lebih percaya diri, yakin dan selalu optimis menjalankan semua proses dalam menjalankan bisnis sehingga menjadi sebuah semangat baru untuk menjalaninya?

Ada beberapa tips yang ingin dishare untuk para sahabat wirausaha, yang kini sedang semangat-semangatnya menjalani usaha (bisnis) maupun  merintis  sebuah usaha yang sedang diandalkan dan cukup membuat kita percaya diri dalam mengembangkannya.  Pertama, kita harus menjadikan usaha ini sebagai hobi yang menyenangkan, sehingga kita akan lebih nyaman menjalaninya, tanpa beban apapun, selalu menciptakan kehangatan dan membuat setiap hari-hari menjalani usaha ini secara menyenangkan dan penuh ikhlas.  Selanjutnya selalu menganggap usaha yang kita jalani ini adalah sebuah mainan sederhana yang tidak pernah lepas dari perhatian kita setiap saat, kita monitor dan kita pantau perkembangannya seiring berjalannya waktu, sambil kita terus berikan sentuhan-sentuhan kreativitas dan inovasi yang berkelanjutan, sehingga kita tidak pernah bosan menjalaninya.

Selanjutnya jangan lupa setiap hari menjalani usaha adalah sebuah pembelajaran, ajang untuk terus mengupdate pengetahuan, keterampilan dan inovasi terkini yang terus dikembangkan di dalam lembaga bisnis yang kita tekuni.jangan pernah bosan untuk mendapatkan ilmu baru untuk memperkaya pengetahuan kita sehingga kita akan selalu terdepan dalam informasi dan strategi pengembangan usaha yang harus terus dilakukan.  Setiap saat, bahkan setiap detik selalu ada perubahan yang mempengaruhi usaha kita.  Kita harus selalu siaga melihat beberapa perubahan lingkungan maupun trend pasar yang ada di masyarakat.  Sehingga kita akan terus menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan yang terjadi.

Hal penting yang harus diciptakan, untuk lebih percaya diri menjalani sebuah usaha, kita harus terus mengembangkan sikap-sikap positif wirausaha yang menunjang pertumbuhan bisnis kita, diantaranya selalu istiqomah dalam nilai-nilai kejujuran, keorisinilan, kesungguhan dan keunggulan diri yang akan memberi penguatan langsung pada karakter wirausaha yang diharapkan menjadi modal utama sebagai pelaku bisnis yang handal.. Disamping itu, keyakinan dan keteguhan pemikiran akan keberhasilan/sukses sebuah unit usaha yang dibangun akan memberikan panduan untuk mengiringi perjalanan sukses kita kedepan.

Untuk menunjang keyakinan itulah, kita upayakan, pada saat merintis usaha, terutama pada saat menyusun konsep bisnis dan perencanaan usaha, sebaiknya dibuat perncanaan dan konsep yang jelas dan melakukan pendalaman konten produk/jasa yang benar-benar telah kita analisis dan telah dibuat perhitungan yang matang untuk menghurang resiko-resiko yang dapat mempengaruhi proses operasional usaha yang dijalani.

Jangan lupa, akhirnya kembali kepada Sumber Daya Manusia terpilih yang hjarus kita ambil untuk mendukung tumbuh kembangnya usaha kita. Pilih orang-orang yang kompeten sesuai bidang keahliannya untuk mengurusi unit-unit usaha yang bisa bekerjasama dan mampu bekerja dalam target dan tujuan perusahaan.  Dan tentunya dapat memberikan kontribusi pemikiran serta memiliki loyalitas san rasa memiliki pada perusahaan tempat bekerja, sekecil apapun perannya dan sesederhana apaun pekerjaan dalam mendukung usaha kita.  Semua harus memiliki kepedulian dan penciptaan motivasi untuk dapat maju bersama untuk sukses menghasilkan sebuah karya dan persetasi dalam perusahaan.


5 Kemampuan yang harus dimiliki wiraswasta

Apapun pendapat orang-orang tentang wiraswasta, para ahli dari University of Illinois Center jurusan Economic and Financial Education kemudian menyebutkan beberapa kemampuan yang harus dimiliki para wiraswasta.

 

1.  Kemampuan merencanakan sesuatu. Segala rencana bisnis untuk mencapai tujuan tertentu di berbagai bidang, termasuk keuangan, pemasaran, proses produksi, penjualan, dan tim harus bisa direncanakan dengan matang oleh wiraswasta.

2. Kemampuan pemasaran. Memasarkan produk memerlukan skill khusus, sehingga orang-orang mau membeli barang atau memakai jasa para wiraswasta itu.

3. Kemampuan interpersonal. Kemampuan yang satu ini berhubungan dengan cara membangun dan memelihara hubungan positif dengan pelanggan, klien, karyawan, investor, akuntan, dan pelaku bisnis lainnya untuk mencapai keberhasilan usaha.

4. Kemampuan dasar manajemen. Meskipun seorang wiraswasta suatu saat membutuhkan karyawan tertentu untuk menjalankan bisnisnya, maka ia harus tahu dengan benar sumber daya manusia yang terbaik bagi usahanya.

5.  Kemampuan memimpin. Setiap bisnis pasti membutuhkan pemimpin untuk menunjukkan visi dan misi perusahaan agar menginspirasi karyawan demi mencapai tujuan sukses bersama.

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

https://www.kompas.com/skola/read/2020/08/10/154500569/jenis-kemampuan-yang-diperlukan-dalam-kewirausahaan?page=all#:~:text=Berikut%20adalah%20jenis%20kemampuan%20yang,dan%20misi%20serta%20tujuan%20usaha.

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Flifepal.co.id%2Fmedia%2F13-faktor-keberhasilan-wirausaha-yang-wajib-dimiliki-pengusaha%2F&psig=AOvVaw1hkjDmwvKXerVM7LkngakD&ust=1648821520186000&source=images&cd=vfe&ved=0CAsQjRxqFwoTCJjElYPB8PYCFQAAAAAdAAAAABAD

https://opop.jabarprov.go.id/menggali-potensi-diri-untuk-lebih-percaya-diri-menjadi-wirausaha/

https://www.merdeka.com/gaya/5-kemampuan-yang-harus-dimiliki-wiraswasta.html

https://cdns.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2012/07/04/63327/670x335/5-kemampuan-yang-harus-dimiliki-wiraswasta.jpg


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.