Maret 25, 2022

Kreatif dan Inovatif Dalam Berwirausaha

 Kreatif dan Inovatif Dalam Berwirausaha

Oleh : Ilyassa Muhammad Raflye Radian (@U42-ILYASSA)


Variasi Produk/Jasa

Menurut Kotler dan Keller (2008) variasi produk/jasa adalah kumpulan seluruh produk dan jasa yang ditawarkan penjualan tertentu kepada konsumen. Menurut Kotler (2009) variasi produk/jasa adalah sebagai bauran produk/jasa yang disebutkan juga dengan pilihan produk adalah kumpulan semua produk/jasa yang ditawarkan dan dijual oleh penjual tertentu. Sedangkan menurut Mikell P.Groover (2010) menyatakan bahwa variasi produk dapat diartikan sebagai produk yang memiliki desain atau jenis berbeda dan diproduksi oleh perusahaan. Variasi produk merupakaan yang membedakan produk antara perusahaan dikategori produk yang sama.


Permintaan Pasar

Dengan adanya variasi produk/jasa tentunya mendapatkan permintaan pasar dari konsumen. Dalam teori ekonomi mikro, permintaan adalah menerangakn tentang ciri hubungan antara jumlah permintaan dan harga. Pengertian permintaan pasar dalam wirausaha adalah jumlah permintaan individu di pasar pada harga tertentu. pengertian lain dari permintaan pasar adalah suatu kegiatan ekonomi yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang ekonomi, perpaduan jumlah dan harga dari suatu barang yang dibutuhkan oleh para konsumen dalam berbagai tingkat periode dan suatu harga tertentu.


Faktor-Faktor Terpenting Dalam Penentuan Permintaan :

- Harga barang itu sendiri

- Harga barang lain yang berkaitan erat dengan barang tersebut

- Pendapatan rumah tangga dan pendapatan rata-rata masyarakat

- Ciri rasa masyarakat

- Ramalahan mengenai keadaan masa yang akan datang.


Dalam analisis permintaan dianggap bahwa “permintaan suatu barang terutama sangat dipengaruhi oleh tingkat harganya”. Oleh sebab itu dalam teori permintaan yang terutama dianalisis adalah hubungan antara jumlah permintaan suatu barang dengan harga barang tersebut, dengan asumsi bahwa “faktor-faktor” lain tidak mengalami perubahan” atau ceteris paribus.


Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Pasar :

- Harga barang atau jasa

- Pendapatan pembelian

- Harga barang atau jasa yang terkait baik itu pelengkap dan dibeli bersama dengan barang lainnya atau barang pengganti dan dibeli bukan produk

- Harapan konsumen



Kreatifitas

Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relative berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Seorang wirausaha yang kreatif memiliki peluang lebih besar untuk menciptakan produk yang unik dan berbeda, serta dapat merespon dengan lebih baik. Enterpreneur merupakan seseorang yang memiliki kreativitas suatu bisnis baru dengan berani mengambil resiko dan ketidakpastian yang bertujuan untuk mencari laba dan pertumbuhan usaha berdasarkan idetifikasi peluang dan mampu mendayagunakan sumber-sumber serta memodali peluang ini.


Peran Kreatifitas Dalam Wirausaha

- Dalam hidup ini tidak selalu mulus, kita terkadang berbenturan dengan masalah, namun kita harus cepat tanggap seberapa besar kemampuan kita untuk memecahkan masalah tersebut , dengan cara berfikir kreatif untuk mencari ide atau jalan keluar untuk memecahkan masalah tersebut .

- Dalam dunia bisnis persaingan adalah tantangan utama yang harus di hadapi , Untuk menghadapi persaingan dibutuhkan kreatifitas untuk menghasilkan ide - ide dan produk yang unggul dibandingkan pesaing kita 

- Kreativitas dalam mencari solusi, menghasil ide-ide terobosan, dan dalam menjalankan tugas .

- Orang kreatif tidak pernah menyerah dan selalu memiliki alternatif ide  untuk masalah - masalahnya


Modal Kreatifitas

• Modal Insani  (Human Capital) : modal intelektual berupa kecakapan, pengetahuan, ketrampilan dan motivasi untuk menghasilkan kekayaan intelektual seperti paten, merek dagang, royalti dan desain. 

• Modal Sosial (Social Capital) : modal kepercayaan dan kejujuran serta etika dalam menjalankan usaha.

• Modal Budaya (Cultural Capital) : modal yang dimiliki oleh seluruh bangsa bahkan perusahaan berupa : nilai-nilai, orientasi, kebiasaan, adat-istiadat dan bentuk lain dari budaya. 

• Modal struktur Kelembagaan (Structural Institusional Capital): modal yang diperlukan yang berasal dari Pemerintah dalam bentuk kebijakan


Inovasi

Pengertian inovasi menurut Everett M.Rogers adalah sebuah ide, gagasan, ojek, dan praktik yang dilandasi dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau pun kelompok tertentu untuk diaplikasikan atau pun diadopsi. Arti dari kata ‘inovatif’ adalah menciptakan sesuatu yang belum pernah ada menjadi ada atau menciptakan sesuatu yang sama sekali berbeda. Hal-hal itulah yang sejatinya diperlukan para wirausahawan. Yang dimaksud dengan wirausahawan adalah pengusaha, tetapi tidak semua pengusaha adalah wirausahawan.


Potensi Diri

Potensi diri merupakan kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yang telah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakan secara maksimal. 


Potensi diri dalam kewirausahaan adalah kemampuan, kekuatan diri baik yang telah terwujud maupun belum yang dimiliki setiap pribadi dalam hal melakukan suatu usaha. Ada beberapa langkah dalam menemukan potensi diri :

• Buat keputusan untuk berkembang

• Kenali diri sendiri

• Menyingkirkan rasa takut akan kegagalan

• Tetapkan tujuan

• Meraih tujuan melalui langkah kecil

• Buat daftar pencapaian

• Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain


Design Thinking

thinking adalah metode atau pendekatan yang digunakan untuk pemecahan masalah secara praktis dan kreatif dengan fokus utama pada users atau pengguna. Jadi, dalam pemecahan masalah, tim akan berusaha memahami apa kebutuhan users (manusia) dan menghasilkan solusi paling efektif untuk memenuhi kebutuhan tersebut.


5 Tahapan Design Thinking

1. Empathize

2. Define

3. Ideate

4. Prototype

5. Test


Daftar Pustaka

[1] https://www.sodexo.co.id/kreativitas-dan-inovasi-dalam-kewirausahaan/

[2] https://bbs.binus.ac.id/business-creation/2018/04/kreatif-dan-inovatif-dalam-berwirausaha/

[3] https://media.neliti.com/media/publications/244877-potensi-kewirausahaan-mahasiswa-di-fakul-dd9b6e01.pdf

[4] https://opop.jabarprov.go.id/menggali-potensi-diri-untuk-lebih-percaya-diri-menjadi-wirausaha/

[5] https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Firmansyah-4/publication/336146325_KEWIRAUSAHAAN_Dasar_dan_Konsep/links/5d9282f992851c33e94b3762/KEWIRAUSAHAAN-Dasar-dan-Konsep.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.