Maret 17, 2022

Kreativitas dan Inovasi dalam Kewirausahaan

 Kreativitas dan Inovasi dalam Kewirausahaan

Oleh : Jess Gian Aristo (@U10-GIAN)

Abstraksi  

Kreativitas dan inovasi dalam kewirausahaan sangatlah dibutuhkan oleh seseorang yang baru saja mulai merintis bis nis dari bawah. Apa maksudnya kreativitas dan inovasi tersebut? Meskipun memiliki arti yang berbeda, namun kreat ivitas dan inovasi saling berkaitan, khususnya dalam sebuah bisnis. Kreativitas berarti adanya ide-ide baru yang mun cul ketika melihat sebuah kesempatan dalam dunia bisnis dan inovasi berarti bagaimana seorang pebisnis mencari so lusi untuk mengembangkan ide kreatif yang dimiliki.  

Dengan adanya kreativitas dan inovasi dalam kegiatan wirausaha, maka ada beberapa manfaat yang bisa kita rasakan sebagai seorang pebisnis pemula. Untuk itu, silakan simak informasi di bawah ini karena Sodexo akan membahas m engenai beberapa manfaat yang dihasilkan dari kreativitas dan inovasi dalam bidang enterpreneur.  

Pembahasan  

Berikut ini, Anda akan menemukan 5 manfaat kreativitas dan inovasi dalam dunia bisnis, yaitu:  

1. Memiliki Unique Selling Point (USP)  

Sebuah bisnis yang dijalankan dengan kreatif dan inovatif maka akan membantu kita dalam menemukan Unique Sell ing Point (USP) atau keunggulan yang dimiliki dari produk atau jasa yang ditawarkan. USP dapat menjadi alasan me ngapa konsumen harus membeli produk atau jasa dari bisnis yang kita jalankan. Untuk dapat menemukan USP ini, A nda perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu agar bisa mencari tahu apa yang diinginkan oleh masyarakat saat ini. 

2. Mampu Bersaing dengan Bisnis Kompetitor  

Persaingan bisnis sangatlah ketat dan hal ini tidak hanya berlaku bagi perusahaan-perusahaan besar saja. Perusahaan -perusahaan kecil seperti kegiatan wirausaha juga memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, se tiap pebisnis dituntut untuk dapat berpikir kreatif dalam menemukan ide baru agar mampu bertahan di tengah persai ngan yang ketat.  

3. Meningkatkan Penjualan  

Di saat seorang pebisnis memiliki kreativitas dan inovasi dalam menjalankan usaha yang dimilikinya, maka hasil ak hir yang diharapkan adalah terjadinya peningkatan penjualan.  

4. Menciptakan Terobosan Baru  

Inovasi memiliki manfaat yang sangat penting dalam bisnis yaitu dapat menciptakan terobosan baru sesuai dengan a pa yang menjadi permintaan masyarakat. Kita dapat mencari hal baru yang mungkin belum ditawarkan oleh pebisnis manapun dan tentunya dapat bermanfaat bagi seluruh orang atau setidaknya sebagian besar masyarakat.  

5. Menarik Minat Konsumen  

Manfaat terakhir yang dapat kita rasakan dengan adanya kreativitas dan inovasi dalam kegiatan wirausaha adalah da ya minat konsumen akan menjadi lebih tinggi. Konsumen pasti akan menuntut adanya suatu hal yang unik atau baru  dari suatu bisnis agar mereka tertarik untuk selalu membeli produk atau jasa kita.  

Penutup  

Itukah beberapa contoh kreatif dan inovatif dalam kewirausahaan yang bisa Anda ketahui. Saat ini sendiri sudah ada  banyak orang yang mendapatkan keuntungan menjanjikan saat membuka sebuah usaha. Oleh karena itu, tidak ada sa lahnya untuk mencobanya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.