Maret 17, 2022

Kreativitas dan Inovasi yang Wajib Dimiliki Seorang Wirausahawan

Nur Aziz Taufikurohman 41419010020, @U14-Aziz

Bagi setiap wirausahawan kreativitas dan inovasi adalah salah satu hal yang wajib dimiliki. Agar usahanya dapat meningkat dan memakmurkan pekerjanya. Dibalik susksesnya suatu usaha terdapat kreativitas dan inovasi yang selalu hadir. Dibalik kreativitas dan inovasi juga terdapat usaha untuk belajar, riset, melakukan dan evaluasi. Tanpa adanya usaha tersebut tidak akan ada hal baru dan unik agar usahanya dapat tumbuh dan berkembang.

Kreativitas adalah inisiatif terhadap suatu produk atau proses yang bermanfaat, benar, tepat, dan bernilai terhadap suatu tugas yang lebih bersifat heuristic yaitu sesuatu yang merupakan pedoman, petunjuk, atau panduan yang tidak lengkap yang akan menuntun kita untuk mengerti, mempelajari, atau menemukan sesuatu yang baru. Atribut orang yang kreatif yaitu:

-suka memperhatikan melihat sesuatu dengan cara yang tidak biasa,

-menerima dan merekonsiliasi sesuatu yang bertentangan,

-memerlukan dan mengasumsikan otonomi,

-tidak menjadi subjek dari standar dan kendali kelompok,

-fleksibel keaslian

-terbuka terhadap fenomena yang belum jelas





-bebas dari rasa takut gagal,

 

Inovasi Larsen, P and Lewis, A, (2007) menyatakan bahwa salah satu karakter yang sangat penting dari wirausahawan adalah kemampuannya berinovasi. Tanpa adanya inovasi perusahaan tidak akan dapat bertahan lama. Hal ini disebabkan kebutuhan, keinginan, dan permintaan pelanggan berbah-ubah. Konsumen tidak selalu menggunakan produk yang sama dan akan mencari produk lain untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan mereka.

Inovasi yang dapat dilakukan seperti Inovasi produk (barang, jasa, ide dan tempat). b. Inovasi manajemen (proses kerja, proses produksi, keuangan pemasaran, dll). Prinsipnya yaitu Menganalisi peluang, apa yang harus dilakukan untuk memuaskan peluang, sederhana dan terarah, dimulai dari yang kecil, dan kepemimpinan. Keeh, et.al (2007) menjelaskan inovasi sangat penting karena:

1. Teknologi berubah sangat cepat seiring adanya produk baru, proses dan layanan baru dari pesaing, dan ini mendorong usaha entrepreneurial untuk bersaing dan sukses. Yang harus dilakukan adalah menyesuaikan diri dengan inovasi teknologi baru.

2. Efek perubahan lingkungan terhadap siklus hidup produk semakin pendek, yang artinya bahwa produk atau layanan lama harus digantikan dengan yang baru dalam waktu cepat, dan ini bisa terjadi karena ada pemikiran kreatif yang menimbulkan inovasi.

3. Konsumen saat ini lebih pintar dan menuntut pemenuhan kebutuhan. Harapan dalam pemenuhan kebutuhan mengharap lebih dalam hal kualitas, pembaruan, dan harga. Oleh karena itu skill inovatif dibutuhkan untuk memuaskan kebutuhan konsumen sekaligus mempertahankan konsumen sebagai pelanggan.

4. Dengan pasar dan teknologi yang berubah sangat cepat, ide yang bagus dapat semakin mudah ditiru, dan ini membutuhkan metode penggunaan produk, proses yang baru dan lebih baik, dan layanan yang lebih cepat secara kontinyu.

5. Inovasi bisa menghasilkan pertumbuhan lebih cepat, meningkatkan segmen pasar, dan menciptakan posisi korporat yang lebih baik.

Seluruh kreativitas dan inovasi dapat dilakukan dengan adanya keinginan untuk tumbuh dan berkembang dari segala pihak yang terlibat dalam wirausaha ini. Tidak hanya mengandalkan peran bawahan atau atasan saja. Semua yang terlibat adalah pelaku usaha tersebut.

 


Daftar Pustaka:

Larsen, P. & A. Lewis. 2007. “How Award Winning SMEs Manage The Barriers to Innovation”, Journal Creativity and Innovation Management, page: 141-151.

Keeh, Hean Tat, Mai Nguyen & Ping. 2007. “The Effects of Entrepreneurial Orientation and Marketing Informationon the Performance of SMEs”, Journal of Business Venturing, page: 592-611.

Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan inovasi berpengaruh terhadap kewirausahaan usaha kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan13(1), 8-16.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.