Maret 11, 2022

MAU USAHA TAPI BINGUNG KARENA BUDGET MINIM? CETAK STIKER DARI RUMAH SOLUSI NYA

 MAU USAHA TAPI BINGUNG KARENA BUDGET MINIM? CETAK STIKER DARI RUMAH SOLUSI NYA

Oleh: Wildan Adi Surya (@U48-WILDAN)

Stiker adalah salah satu produk percetakan yang laris dipasaran. Disamping harga yang relatif murah, stiker dapat digunakan untuk promosi atau kampanye.

Pada artikel ini saya akan membahas usaha cetak stiker yang mudah untuk dilakukan oleh pemula, yakni usaha cetak stiker dengan printer (bukan cutting stiker).



Prospek Usaha Cetak Stiker

Stiker adalah hal wajib yang harus ada dalam perusahaan percetakan. Karna stiker adalah produk cetak sederhana tetapi banyak diminati oleh orang banyak.

Contohnya: seorang pengusaha membutuhkan stiker untuk produknya, seorang EO membutuhkan stiker untuk seminar kit acaranya, seorang caleg membutuhkan stiker untuk kampanye dirinya, dan masih banyak lagi.

Jika di kota anda ada banyak toko atau bisnis-bisnis maka itu adalah peluang usaha cetak stiker anda. Dan jika disana banyak kegiatan-


kegiatan seperti di kampus maka itu juga peluang anda. Belum lagi banyak caleg-caleg yang memerlukan stiker juga peluang anda.

Maka peluang usaha cetak stiker ini sangat besar dan tentunya memiliki prospek yang besar.

 

Jenis-Jenis Kertas Stiker

 

Untuk mencetak stiker ada berberapa kertas yang perlu anda tahu. Sama seperti kertas foto, stiker juga memiliki tekstur kertas doff dan glossy. Kemudian kertas stiker juga ada berberapa jenis yakni:

 

 

Stiker HVS

 

Untuk jenis kertas stiker ini bisa anda print dengan printer Inkjet biasa. Tekstur stiker ini sama seperti kertas hvs. Dan harga kertas ini paling murah.

 

Stiker HVS biasa digunakan untuk stiker-stiker rumahan.





Stiker Kraft

 

Stiker bahan kraft memiliki tekstur yang sama dengan stiker hvs, hanya saja memiliki warna lebih coklat. Kertas stiker ini juga bisa di cetak dengan printer Inkjet biasa.

 

Stiker Kraft biasa digunakan untuk stiker-stiker rumahan.

 




Stiker Chromo

 

Stiker chromo adalah jenis kertas stiker yang memiliki tekstur mengkilap seperti kertas majalah. Stiker ini saya sarankan di print


menggunakan tinta AP (ArtPaper) agar hasil print tidak blobor dan tidak luntur terkena air.

 

Stiker jenis chromo paling banyak digunakan untuk stiker-stiker promosi dan kampanye.

 




Stiker Vinyl

 

Stiker vinyl adalah stiker yang memiliki tekstur glossy dan doff. yang membedakan stiker vinyl dengan stiker chromo adalah jenis kertas ini lebih elastis karna ada kandungan karet.

 

Sehingga stiker jenis ini sulit untuk disobek.Untuk mencetak stiker vinyl saya sarankan menggunakan printer laser. Karna jenis kertas ini tidak bisa diprint menggunakan tinta biasa.

 

Tetapi, ada berberapa vendor yang menjual kertas vinyl yang khusus bisa dicetak dengan printer Inkjet plus menggunakan tinta Art Paper.





Stiker Transparan

Stiker transparan adalah jenis stiker yang transparan seperti kertas mika. Stiker ini digunakan jika anda ingin stiker dengan tampilan yang berbeda.

 

Stiker ini sering digunakan untuk mencetak gantungan kunci akrilik.Stiker ini hanya bisa dicetak dengan printer laser.

 


Rincian Modal Usaha Cetak Stiker

Ada berberapa investasi dan modal bahan yang harus anda siapkan untuk usaha cetak stiker ini:




Seperangkat komputer atau laptop

Untuk komputer dan laptop silahkan anda pilih komputer/laptop dengan spesifikasi yang cukup untuk membuka aplikasi coreldraw/photoshop.

 

Budget 3 jutaan saja sudah cukup untuk membeli laptop murah atau komputer second. Namun jika anda memiliki dana berlebih silahkan beli komputer dengan RAM 4gb atau diatasnya agar proses desain lebih cepat.

 



Printer


Karna stiker memerlukan hasil cetak yang bagus, maka saya sarankan anda membeli printer Epson. Karna printer ini memiliki head yang awet.Printer epson yang bisa anda gunakan adalah Epson L220, Epson L310, L360, L800, L1300. Silahkan sesuaikan budget anda.

Pilihlah printer cukup yang 4 warna saja (CMYK).

 






Tinta Art Paper

 

Tinta artpaper adalah hal wajib agar hasil cetak anda awet tahan air dan tahan panas (tidak luntur)Silahkan anda cari penjual tinta artpaper, silahkan gunakan internet untuk mencari merek tinta AP yang bagus.

 




Alat potong



Untuk awal sebenarnya anda bisa menggunakan cutter dan gunting saja. Tetapi untuk jangka menengah anda bisa menggunakan alat potong yang lebih besar. Seperti gambar diatas

 

Sehingga modal yang anda perlukan untuk usaha ini adalah

 

 

No

Alat

Harga

1

Laptop

3,000,000

2

Printer Epson L310

1,900,000

3

Tinta Artpaper

270,000

4

Cutter dan Penggaris

100,000

 

T o t l

5.270,000

Selain itu, ada juga modal-modal yang bisa saja anda perlukan nantinya, seperti akses internet.

 

Printer Yang Cocok Untuk Usaha Cetak Stiker



Printer yang cocok adalah printer yang anda butuhkan untuk cetak stiker. Cetak stiker memerlukan printer yang menghasilkan hasil cetak yang bagus. Anda memerlukan printer yang awet dan murah.


Selain itu ada juga harus menentukan apakah anda memerlukan printer 4 warna atau 6 warna. Untuk usaha cetak stiker sebenarnya anda hanya perlu printer 4 warna.

 

Setelah itu, silahkan tentukan anda ingin printer A4 atau A3. dan butuh printer plus scan.

 

Sesuaikan dengan budget anda.Maka saya rekomendasikan anda memilih printer Epson. Selain karna head printer yang awet, epson juga bisa anda isi dengan tinta Art Paper.

 

Tinta AP (Art Paper)



Untuk Usaha Cetak StikerTinta AP (Art Paper) adalah jenis tinta yang berbasis minyak. Tinta ini memiliki kelebihan yakni tidak luntur jika terkena air dan panas.

 

Tinta AP sangat familiar dengan pengusaha percetakan, karna tinta ini sering digunakan untuk mencetak foto, id-card, stiker, serta produk cetak lainnya.

 

Stiker adalah produk cetak yang biasa ditempatkan di dinding-dinding rumah, di kendaraan, ditempat-tempat yang ramai. Maka anda perlu tinta AP sehingga hasil cetak anda tidak luntur terkena air atau matahari.


Printer Epson bisa adalah printer yang bisa menggunakan tinta AP. Untuk menggunakan tinta ini pun sama seperti menggunakan tinta biasa, anda cukup menguras dan menggantinya saja.

 

Makloon Usaha Cetak Stiker



Makloon adalah istilah untuk pengerjaan yang dilakukan oleh pihak lain (pemakloon). Atau mudahnya anda melempar orderan ke tempat cetak lain.

 

Ketika anda menerima orderan stiker hingga ribuan pcs, sebenarnya sangat tidak efektif jika anda selesaikan dengan sebuah printer. Maka anda perlu mencari percetakan yang menyediakan jasa cetak laser A3.

 

Setelah anda cetak stiker dengan mesin laser A3+, anda tinggal potong saja di rumah. Untuk biaya, jika kuantitas banyak akan bisa lebih efisien dari pada dicetak dengan printer.

Tips Usaha Cetak Stiker Cara Pemasaran

Untuk memasarkan produk stiker, anda harus bisa membangun

jaringan silaturahmi kepada calon konsumen seperti Lembaga


mahasiswa, sekolah-sekolah, wirausaha, dsb. Tawarkanlah produk stiker anda.

 

Layanan Extra

Berikan layanan ekstra seperti konsultasi desain gratis. Karna yang terpenting adalah repeat order dari konsumen anda.

 

Minimal DP 75%

Untuk konsumen yang belum ada kenal, pastikan anda menerima minimal DP 75%, apalagi jika anda menerima order dari para caleg- caleg partai.

 

Inovasi produk

jangan hanya berhenti di usaha cetak stiker, tapi sandingkanlah dengan usaha cetak lain yang relevan sehingga usaha anda akan terus jalan meski tidak menerima order stiker. Seperti cetak undangan & cetak foto.

 

Diskon

 

berikan diskon yang menarik kepada konsumen, seperti diskon persentase, diskon potongan harga, gratis ongkos kirim, gratis hadiah, gratis desain, dan diskon untuk produk khusus

 

Melek Teknologi

Gunakanlah teknologi internet untuk anda belajar dan memasarkan produk. Banyak sekali forum-forum belajar percetakan di facebook dan banyak cara untuk anda promosi produk di forum-forum sosial media.

 

Keuntungan dan Kerugian Wirausaha

Keuntungan yang dimiliki dalam berwirausaha :

         Otonomi


Pengelolaan yang bebas dan tidak terikat membuat wirausaha memposisikan seseorang menjadi “bos” yang memiliki kehendak terhadap kontrol bisnisnya.

         Tantangan awal dan perasaan motif berprestasi

Peluang untuk mengembangkan konsep usaha yang dapat menghasilkan keuntungan sangat motivasi wirausaha.

         Kontrol finansial (Pengawasan Keuangan)

Bebas dalam mengelola keuangan, dan merasa kekayaan sebagai milik sendiri.

         Memiliki Legitimasi moral yang kuat untuk mewujudkan kesejahteraan dan menciptakaan kesempatan kerja.

 

Kerugian yang dimiliki dalam berwirausaha :

         Pengorbanan personal

Pada awalnya, wirausaha harus bekerja dengan waktu yang lama dan sibuk. Sedikit sekali waktu untuk kepentingan keluarga, rekreasi. Hampir semua waktu dihabiskan untuk kegiatan bisnis

         Beban tanggung jawab

Wirausaha harus mengelola semua fungsi bisnis, baik pemasaran, keuangan, personil maupun pengadaan pelatihan.

         Kecilnya marjin keuntungan dan kemungkinan gagal

Karena wirausaha menggunakan keuntungan yang kecil dan keungan milik sendiri, maka marjin laba/keuntungan yang diperoleh akan relatif kecil dan kemungkinan gagal juga ada


 

 

 

Faktor-faktor penyebab keberhasilan dan kegagalan wirausaha

 

 

a.     Faktor penyebab keberhasilan wirausaha

Menurut    Hendro    (2011)    ada    beberaoa    fator yang menyebabkan wirausaha berhasil adalah :

-         Faktor peluang

-         Faktor SDM

-         Faktor Keuangan

-         Faktor organisasional

-         Faktor Perencanaan

-         Faktor Pemasaran dan Penjualan

-         Faktor Administrasi

-         Faktor Peraturan Pemerintah, Politik , Sosial dan Budaya Lokal

 

b.    Faktor penyebab kegagalan wirausaha

Menurut Zimmerer (dalam Suryana 2003) ada beberapa factor yang menyebabkan wirausaha gagal dalam menjalankan usahanya :

-         Tidak kompeten dalam manajerial

-         Kurang berpengalaman baik dalam kemampuan mengkoordinasikan, keterampilan mengelola SDM


maupun     kemampuan                 mengintegrasikan                 operasi perusahaan

-         Kurang dapat mengendalikan keuangan

-         Gagal dalam berencana

-         Lokasi yang kurang memadai

-         Kurangnya pengawasan peralatan

-         Sikap yang kurang sungguh-sunggu dalam berusaha

-         Ketidakmampuan      dalam      melakukan transisi kewiraushaan

 

 

Daftar Pustaka

 

Peluang Usaha Cetak Stiker Budget Minim - Percetakan Walisongo

 

 

Modul 01.docx (live.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.