Maret 10, 2022

Memanfaatkan Waktu Muda untuk Berwirausaha di Era Industry 4.0

Oleh : Hildan Dwi Prasetyo (@U26-HILDAN)

Memanfaatkan Waktu Muda untuk Berwirausaha di Era Industry 4.0

Abstrak

Artikel ini berisis tentang berwirausaha pada waktu muda di tengah perkembangan teknologi yang berkembang pesat. Generasi muda dituntut lebih kreatif, adaptip, inovatif dan dapat melihat peluang di Era Industry 4.0, karena semakin banyak tantangan yang harus dihadapi kedepannya.

Kata kunci : berwirausaha, Era Industry 4.0, teknologi.

 

 

 

                                                             Abstract

This article is about entrepreneurship at a young age in the midst of rapidly developing technology. The younger generation is required to be more creative, adaptive, innovative and able to see opportunities in the Industry 4.0 Era, because there are more and more challenges that must be faced in the future.

Keywords: entrepreneurship, Industry 4.0 Era, technology.

 

 I. Pendahuluan

Masa muda harus dimanfaatkan sebaik mungkin karena pada masa ini tenaga, pikiran, dan kerja otak kita masih sangat bisa di andalkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat bermanfaat bagi diri sendiri nantinya. Melewati masa muda hanya dengan bermain-main dapat merugikan diri sendiri.  

Banyak yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu muda kita. Contohnya ialah selalu belajar hal-hal baru untuk menambah ilmu pengetahuan, mengasah skill, dan mengembangkan potensi diri. Tak hanya itu kita juga bisa memulai belajar berwirausaha, dengan  semangat yang dimiliki oleh anak muda sekarang rasanya bukan hal yang begitu sulit untuk belajar berwirausaha. Terlebih lagi kita yang sedang dalam masa-masa kuliah ataupun sekolah hal ini dapat menjadi bekal kita setelah lulus dari Instansi Pendidikan. Kita bisa mulai dari bangku sekolah untuk memulai berwirausaha, karena tidak ada salahnya untuk mencoba hal positif ini. Diharapkan dari wirausaha ini tak hanya kita yang dapat benefitnya tapi juga orang lain dapat manfaat dari wirausaha ini.

Kewirausahaan (entrepreneurship) atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.


 

Jadi kewirausahaan adalah suatu ilmu bagaimana menciptakan suatu ide yang baru bahkan berani menanggung risiko untuk mengorbankan waktu, biaya dan tenaga demi terwujudnya ide tersebut sesuai dengan apa yang telah diharapkan.

Untuk berwirausaha selain harus mempunyai semangat yang pantang menyerah juga dibutuhkan kemauan dan niat yang kuat. Karena, dalam berwirausaha banyak rintangan-rintangan yang akan kita hadapi. 

 II. Pembahasan

Berwirausaha di Era Industry 4.0 dan di tengah kondisi pandemic  covid-19 yang sedang melanda berbagai negara memang penuh tantangan. Tetapi bukan berarti tidak bisa di lakukan. Banyak cara yang bisa kita lakukan jika ingin belajar berwirausaha terlebih lagi di zaman yang sekarang ini kita bisa memanfaatkan teknologi yang sudah ada, contohnya bisa kita mulai dari membaca buku tentang kewirausahaan, bertanya dengan orang yang berkompeten pada bidangnya, membaca referensi dari Google, mengikuti seminar atau webinar baik langsung maupun secara online dan bermacam-macam cara yang bisa kita gunakan untuk menambah ilmu serta wawasan dalam bidang kewirausahaan.

            Banyak dari kita generasi muda Indonesia kurang memanfaatkan teknologi yang sudah ada ini untuk hal-hal bermanfaat. Ini menjadi sedikit penghambat bagi negara kita untuk bisa bersaing dengan negara-negara maju. Permasalahan lain dalam berwirausaha di usia muda yaitu manajemen waktu, karena banyak generasi muda yang memulai wirausaha ini pada saat berada di bangku sekolah hingga kuliah. Mereka-mereka ini masih mempunyai tugas yang tidak kalah penting. Maka dari itu solusi dari permasalahan ini adalah harus sering mengikuti seminar-seminar tentang manajemen waktu, pemanfaatan teknologi, Pendidikan kewirausahaan dan lain-lain. Yang dapat menambah wawasan,ilmu,skill,dan kedisiplinan diri.


Di zaman era industry 4.0 dan ekonomi digital ini kita  dituntut untuk lebih kreativ, adaptif, dan inovatif. Karena di era ini kita berhadapan langsung dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Kita sebagai generasi muda Indonesia harus bisa memanfaatkan era industry 4.0 ini untuk berwirausaha, jangan sampai kita tidak bisa memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang seperti sekarang ini.

 

 

 

        Kita bisa memanfaatkan teknologi-teknologi yang sudah ada sekarang untuk belajar banyak tentang wirausaha agar saat kita mulai berwirausaha dapat meminimalisir kegagalan, selain itu dapat membantu memasarkan usaha kita nantinya. Kita bisa memanfaatkan  e- commerce, media social, blog yang sekarang sudah banyak digunakan se-iring perkembangan zaman. Menurut Databoks, pada periode 2016-2020, nilai transaksi perdagangan online terus mengalami peningkatan sebesar 30-40% setiap tahunnya. Diprediksi pada 2022, nilai transaksinya akan mencapai US$ 16 milyar atau setara dengan 228 Triliun Rupiah. Ini adalah peluang yang sangat menguntungkan bagi pelaku UKM untuk mengembangkan sistem pemasaran dan penjualan melalui media internet.

Pemerintah mendukung penuh para pelaku UKM dengan cara mengadakan pinjaman modal bagi para pelaku UMKM dari sisi permodalan melalui program restrukturisasi kredit. Per 31 Juli 2021, tercatat terdapat lebih dari 3,59 juta UMKM telah memanfaatkan program ini dengan nilai sebesar Rp285,17 triliun.

1.1  Karakteristik Wirausaha

Menjadi wirausahawan harus mempunyai karakteristik, yang harus dimiliki setiap orang yang ingin berwirausaha, antara lain yaitu :

·       Memiliki Komitmen yang Tinggi

Karakteristik seorang wirausaha untuk sukses yang pertama adalah dia harus mempunyai komitmen yang tinggi. Karena komitmen berkaitan dengan setiap perkataan maupun tindakan yang akan kamu pertanggung jawabkan.Dengan komitmen yang tinggi dalam membangun usaha membuat sebuah kepercayaan terhadap diri kamu ataupun perusahaan. Maka dari itu, bisa membuat langkah kamu dalam berbisnis juga lebih mudah.

·       Disiplin

Sebagai seorang wirausahawan kamu haru mempunya karakter disipilin dengan begitu memperlihatkan bahwa kamu berusaha keras untuk melakukan apapun dalam urusan bisnis. Disiplin disini maksudnya adalah keteraturan kamu dalam menjalankan usaha.

Jika disiplin kamu dapat memotivasi dan membangkitkan semangat diri untuk mencapai sebuah tujuan.

·       Percaya Diri

Percaya diri sebagai langkan awal kamu untuk bisa memulai usaha, karena kamu percaya terhadap kemampuan dirimu bahwa dapat membangun dan menjalankan bisnis.

·       Pantang Menyerah

Membangun dan mengembangkan sebuah usaha tentu tidak mudah, makanya dibutuhkan sifat pantang menyerah bagi seorang wirausaha dalam membuat bisnis. Tetap semangat dalam menjalankan usaha ini walaupun banyak rintangan yang akan dihadapi, percaya proses tidak akan mengkhianati hasil.

·       Memiliki Kretivitas Tanpa Batas

Kreativitas salah satu karakteristik yang penting juga untuk dimiliki oleh wirausaha. Dengan kreativitas yang dimiliki seorang wirausaha dapat menciptakan ide usaha maupun produk yang tidak terbatas dengan produk atau usaha serupa.

Maka dari itu,  suatu kreativitas harus dibarengi dengan adanya inovasi tujuannya adalah agar menarik minat para pelanggan terhadap usaha kamu.

·       Berani Mengambil Resiko

Karakteristik lainnya seorang wirausaha berani bertanggung jawab atas semua keputusannya dan mengambil resiko terberat sekalipun. Berani mengambil resiko jika bisnisnya nanti akan mengalami kerugian bahkan produk yang dia jual tidak laku.

1.2  Faktor Keberhasilan dan Kegagalan dalam Berwirausaha

a.     a. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan berwirausaha

·       Faktor manusia, misalnya mampu melayani konsumen dengan baik dan memanfaatkan informasi yang ada.

·       Faktor manajemen, misalnya mampu mengelola waktu secara efektif.

·       Faktor perencanaan, misalnya mampu mengetahui target pasar.

·       Faktor modal dan keuangan, misalnya memiliki modal yang cukup dan tenaga ahli yang dapat diandalkan.

b.     Faktor-faktor penyebab kegagalan wirausaha

v  Tidak berkompeten dalam manajemen dan mengelola usaha.

v  Sumber daya manusia yang tidak memadai

v  Kurang memiliki kemampuan finansial

v  Kurang memiliki kemampuan pemasaran dan tidak mampu melihat atau memanfaatkan peluang yang ada

v  Kurangnya perencanaan atau gagal dalam perencanaan.

 

III. Kesimpulan

Memulai berwirausaha memang bisa dilakukan kapan saja tapi lebih baik dilakukan saat kita masih muda karena ide,tenaga,pikiran masih sangat bisa di andalkan. Di tengah perkembangan zaman ini kita di harapkan lebih berkompeten supaya bisa bersaing dengan negara lain. Kita harus bisa memanfaatkan teknologi yang ada sekarang ini untuk dapat hal-hal bermanfaat yang dapat memajukan Indonesia, salah satu contohnya untuk berwirausaha dalam upaya meningkatkan perekonomian yang ada di Indonesia. Walaupun dimulai dari usaha kecil (Usaha Mikro Kecil), bahkan pemerintah mendukung masyarakat yang ingin berwirausaha dengan program-program pemerintah yang ada saat ini.

 

 

IV. Daftar Pustaka

Amalia, Dessy Nur.  2021. Modul Perkuliahan Kewirausahaan 1.

https://ekon.go.id/publikasi/detail/3452/era-industri-40-butuh-generasi-muda-yang-kreatif-adaptif-dan-inovatif

https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/371

https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/pemerintah-terus-perkuat-umkm-melalui-berbagai-   bentukbantuan/#:~:text=Maka%20dari%20itu%2C%20pemerintah%20memberikan,nilai%20sebesar%20Rp285%2C17%20triliun.

https://jubelio.com/2021/pengertian-dan-karakteristik-wirausaha-sukses/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.