Maret 10, 2022

MENCETAK PENGUSAHA ATAU PEMBISNIS MUDA SEJAK MENJADI MAHASISWA

 MENCETAK PENGUSAHA ATAU PEMBISNIS MUDA SEJAK MENJADI  MAHASISWA 

oleh 

Thathit Gumilar Triwidya Mochtar (@U16-THATHIT) 

NIM : 41419310038 

Pendahuluan 

Pada saat ini perkembangan zaman tidak dapat dielakan oleh semua kalangan  masyarakat, tidak terkecuali pada kalangan muda terutama kalangan mahasiswa. Sehingga bisa kita lihat pada akhir-akhir ini semakin banyaknya mahasiswa yang sudah memiliki bisnis/usaha  sendiri atau Bersama teman-teman-Nya. Sebab mereka melihat peluang dan memanfaatkan  perkembangan teknologi yang maju seperti sekarang ini, sehingga tidak dapat kita pungkiri  saat ini sudah banyak mahasiswa yang sudah berhasil atau sukses dalam menjalankan usaha  milik-Nya. Menurut Praag (2003), semakin muda usia pebisnis, maka semakin besar peluang  untuk sukses dalam suatu usaha yang dijalankannya. Banyak dari mereka yang sudah menjadi  terkenal di dikalangan pengusaha sejak mahasiswa, seperti: 

1. Carline Darjanto 

Carline merupakan seorang pemilik usaha Cotton Ink yang ia rintis sejak menjadi  mahasiswa di Lasalle College of Fashion, Jakarta. Bisnis nya didirikan Bersama teman  SMP yaitu Ria Sarwono. Saat ini, Cotton Ink mencapai omzet ratusan juta rupiah per  bulan. Pada tahun 2016, pengusaha Indonesia ini dinobatkan sebagai salah satu tokoh  sukses di sektor retail & e-commerce di Asia dan masuk dalam daftar Forbes Asia 30  Under 30.

2. Dea Valencia Budiarto 

Ia merupakan salah satu dari pengusaha muda yang sukses di bidang fashion sejak  mahasiswa dan masih berusia 19 tahun. Dia juga seorang penemu Batik Kultur yang  ada di Semarang yang membuat heboh di dunia bisnis karena keunikan pada ide dan  kreatifitasnya. Pada saat ini, lebih dari 800 potong batik sudah bisa ia pasarkan dalam  kurun waktu satu bulan dan ia mendapatkan keuntungan hingga lebih dari 3,5 Miliar  atau setara dengan lebih dari 300 juta setiap bulannya. 

3. Wenas, Dimas, Gaery dan Natali 

Siapa yang tidak mengetahui tentang aplikasi yang bernama Tiket.com yang telah  didirikan oleh Wenas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, Mikhael Gaery Undarsa,  dan Natali Ardianto. Mereka mendirikan situs pemesanan tiket pesawat, hotel, kereta  api dan acara Tiket.com ketika mereka berusia antara 22 dan 26 tahun pada Agustus  2011. Serta mereka mendapatkan suntikan dana dari investor dengan nilai kurang dari  US$ 1 juta, jauh lebih sedikit dari startup digital lainnya yang bergerak di bidang  perjalanan. Kini bisnis milik mereka sudah menjadi salah satu situs teramai dan 

diminati di Indonesia dengan pengunjung lembih dari 5 juta orang yang  mengunjunginya setiap bulannya. 

Nama – nama diatas adalah sedikit mahasiswa yang berhasil menjalankan dan sukses  dalam berwirausaha di bidang-Nya masing - masing yang ada di Indonesia. Masih  banyak lagi, seperti Mark Zuckerberg seorang yang dikenal di bidang teknologi dengan  membuat Facebook sejak menjadi mahasiswa di Harvard University, lalu masih ada  Bill Gates yang juga merupakan mahasiswa di Harvard University, yang mendirikan  Microsoft. Lalu ada Steve Jobs yang mendirikan perusahaan Apple.Inc. Dan masih  banyak lagi mahasiswa yang berhasil sejak mahasiswa. 

Pembahasan 

Nama – nama diatas pasti memiliki tips atau cara serta karakteristik yang dimiliki oleh  mereka sehingga mampu membuka dan sukses dalam menjalankan bisnis/usaha-Nya. 

Melansir laman UPN "Veteran" Yogyakarta (UPN Jogja), yang dijabarkan oleh salah  satu dosennya yaitu Hani Subagio,berikut ini disampaikan 6 tips bagi mahasiswa yang ingin  memulai berbisnis: 

1. Temukan passion  

Ketika ide bisnis/usaha berasal dari hal apa yang kita sukai dan senangi, maka hal itu  membuat kita lebih menikmati dan mempunyai motivasi dalam melakukan bisnis/usaha itu. 

2. Kenali pasar  

Tentukan pasar yang akan dibidik dan kenali kebutuhan mereka. Kita bisa melakukan  riset pasar dan menentukan strategi pemasaran untuk membantu usaha kita berkembang.  

3. Miliki dana yang jelas  

Memulai bisnis tak harus dengan modal besar. Meskipun modal sedikit namun jika  bisnis dimulai dengan persiapan dan juga perencanaan yang matang sejak awal. Maka  kamu akan bisa mengelolanya dengan lebih mudah dan hasilmaksimal.  

4. Kelola waktu  

Perlu diingat bahwa tugas utama kita adalah menjadi mahasiswa. Maka,  seimbangkanlah dalam menggunakan waktu, aturlah waktu belajar, organisasi, bermain dan bekerja. Mulailah dengan membuat daftar kegiatan apa saja yang tergolong penting  mendesak, penting dan kurang mendesak.  

5. Jalin relasi  

Menjalankan bisnis membutuhkan beragam keterampilan dan keahlian yang mungkin  belum dikuasai. Dengan memiliki banyak relasi kita dapat berbagi pengalaman dengan  banyak orang bagaimana mengelola bisnis. Dengan banyaknya relasi, kita mampu  mendapat mentor yang mau membimbing.  

6. Usaha dan doa  

Berbisnis tidak hanya mengandalkan niat dan tekad yang kuat tapi komitmen untuk  memulai bisnis itu sendiri. Semangat pantang menyerah dan kerja keras menjadi modal  penting seorang pengusaha. Dan tentu saja semua harus diiringi dengan doa.

Pejabaran singkat diatas merupakan sedikit tips atau cara yang dimiliki setiap  orang pengusaha, selain tips atau cara seperti yang ada diatas mereka juga memiliki  karakteristik yang dimiliki, adalah sebagai berikut: 

1. Memiliki komitmen yang tinggi 

Setiap pengusaha atau pebisnis harus memiliki komitmen yang tinggi untuk  menjalankan usaha atau bisnis nya agar mampu berkembang serta mampu  bersaing dengan lawan – lawan bisnisnya serta mampu bertahan pada  perkembangan zaman seperti saat pandemic ini 

2. Disiplin 

Hal yang juga tidak boleh di lupakan oleh setiap orang yang memiliki bisnis  adalah disiplin dalam hal apapun itu, seperti disiplin terhadap waktu,  disiplin terhadap target yang telah dibuat, dan sebagainya. 

3. Percaya diri 

Selanjutnya ada percaya diri, mengapa percaya diri harus dimiliki? Karena  setiap pengusaha atau pebisnis harus memiliki rasa percaya diri untuk  menjalankan dan mengembangkan usahanya agar dapat diterima di pasar  dan investor. 

4. Pantang menyerah 

Seorang pebisnis atau pengusaha harus memiliki karakter yang pantang  menyerah terhadap setiap segala ujian yang menimpanya. Dimana jika ia  gagal dan terpuruk, makai a harus bangkit Kembali dan berusaha  membenahi kesalahan ia yang sebelumnya. 

5. Memiliki kreativitas tanpa batas 

Setiap pebisnis atau pengusaha harus memiliki kreativitas terhadap usaha  atau bisnis nya, agar mampu bersaing dalam pasar lokal maupun hingga  internasional. Serta agar tetap menjadi incaran para investor 

6. Berani mengambil resiko

Berani mengambil resiko bukan tanpa strategi dan rencana, akan tetapi  harus berani mengambil sikap agar bisnis/usaha milik kita mampu bertahan  dan berani menciptakan suatu hal yang baru atau memodifikasinya 

7. Kemampuan sebagai pengorganisasi dan administrator 

Hal ini juga yang terpenting dalam menjalankan bisnis/usaha yang kita  bangun, seorang pengusaha harus mampu mengoordinasikan usahanya agar  dapat berjalan semestinya dan seharusnya. Serta juga harus paham dalam  segala urusan administrasi untuk mempermudah pembukuan dan  pengelolaan dalam usaha yang dibangun. 

Kesimpulan 

Dari materi yang saya jabarkan diatas, dapat saya simpulkan bahwa. Setiap orang  bahkan mahasiswa yang ingin merintis usaha/bisnis-Nya, harus memiliki motivasi dan niat  yang tinggi, serta mampu memanajemen aktivitas-Nya dengan menggunkan skala prioritas.  Serta juga harus memiliki kreativitas yang tinggi agar mempu bersaing dalam pasar dan  mampu mendapatkan suntikan dana dari para investor agar bisnis/usaha kitab isa berkembang.  

Serta kita juga sebagai mahasiswa tidak boleh melupakan identitas kita sebagai  mahasiswa yang memiliki kewajiban belajar. Serta kita dapat belajar atau mencontoh dari  orang – orang yang telah sukses di bidang usahanya


Daftar Pustaka 

https://www.maxmanroe.com/carline 

darjanto.html#:~:text=Pasalnya%20semenjak%20menyelesaikan%20sekolah%20men engah,Ink%20di%20akhir%20November%202008

https://infotangerang.co.id/10-mahasiswa-indonesia-yang-sukses-menjadi entrepreneur/ 

https://edukasi.kompas.com/read/2021/04/11/172453671/mahasiswa-ingin-jadi pengusaha-muda-ini-6-tipsnya?page=all 

https://entrepreneur.bisnis.com/read/20190909/265/1146044/20-tokoh-bisnis-dunia yang-sukses-meski-tanpa-gelar-akademis 

https://www.youtube.com/watch?v=mh2v-iKvkB0&t=9s 

Akhmad Syarif Hidayat,2018. “Mahasiswa Berwirausaha : Latar Belakang, Karakter  dan Proses Menciptakan Usaha” . Skripsi. Yogyakarta: UII


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.