Maret 10, 2022

MENGEMBANGKAN IDE ISNIS PENJUALAN SPAREPART KENDARAAN VIA E-COMMERCE

MENGEMBANGKAN IDE BISNIS PENJUALAN SPAREPART KENDARAAN VIA E-COMMERCE




I. Abstrak

Dalam satu dekade ini, Spare Part kendaraan original dealer banyak dicari oleh pemilik kendaraan tersebut. Ditinjau dari semakin merebaknya Spare Part yang dicari,  banyak juga orang mencari Spare Part di marketplace dan E-Commmerce , bisa dilihat bahwa banyak masyarakat sangat membutuhkan Spare Part tertentu.

Keadaan pandemi saat ini mengakibatkan stock barang pada dealer resmi menipis dikarnakan barang harus indent sedangkan permintaan pasar untuk kesediaan barang tersebut tinggi, oleh sebab itu solisinya  menyediakan barang tersebut dengan kaadan ready stock tanpa harus menunggu. Dizaman pandemi seperti ini juga orang malas untuk keluar rumah oleh karena itu E-coommerce menjadi salah satu cara untuk melakukan pemasaran ke pelanggan tanpa  harus keluar rumah. Langkah ini juga sangat efisien untuk tidak mengeluarkan sewa gedung untuk menaruh Spare Part dan bisa mengasih harga yang sangat bersaing dipasar, ini menguntukan pihak penjual dan pembeli dimana penjual tidak mengeluarkan kos sangat yang besar untuk keperluan gedung dan pembeli mendapatkan harga yang bersaing di pasar dengan kualitas Spare Part original tanpa indent.

II.             PENDAHULUAN

Latar Belakang

Padatnya kendaraan tentu memberi dampak positif bagi sebagian orang. Peluang usaha baru imbas dari naiknya jumlah kendaraan roda dua ini bisa dilihat dengan jelas. Banyak pengusaha beralih untuk memilih usaha bengkel motor sebagai usaha yang dianggap sangat prospektif. Disamping itu usaha toko sparepart dan aksesoris sepeda motor juga menjadi trend yang terus meningkat karena tingginya permintaan pasar.

Peluang usaha yang masih terbuka lebar karena pasar yang begitu luas, sebab setiap tahun terus mengalami peningkatan. Hal ini jugalah membuat pelaku usaha baru mulai melirik usaha bengkel atau toko Aksesoris dan Sparepart motor, karena peluang dan prospek omzet yang begitu besar.

 

Usaha bengkel motor bisa jadi langkah yang tepat bagi kamu yang ingin memulai usaha di bidang otomotif. Tiap tahunnya, populasi motor di Jakarta terus mengalami pertumbuhan sekitar 12 perse

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah motor di Jakarta mencapai 8.194.590 unit. Jumlah besar ini bisa jadi peluang bagi kamu yang berniat buka usaha bengkel motor.Salah satu yang bisa kamu contek adalah usaha bengkel motor Arie Perkasa yang bermodal Rp3 juta. Kini, bengkel milik lelaki berusia 32 tahun di bilangan Depok, Jawa Barat, itu memiliki omzet ratusan juta per bulan. Memiliki motor tentunya penting untuk memikirkan keaslian onderdil atau sparepart, tapi yang tidak kalah penting adalah mengasuransikan kendaraan roda duamu itu. Dengan asuransi motor, kendaraanmu akan terlindungi dari kerusakan ringan hingga berat. Miliki polisnya hanya di Lifepal. Volume servis motor biasanya meningkat hingga 10 persen jelang Hari Raya Idul Fitri dan Tahun Baru. Momentum ini digunakan banyak masyarakat Indonesia untuk servis karena akan menggunakan motornya untuk keluar kota.

 

III . PEMBAHASAN

Spare Part adalah suatu barang yang terdiri dari beberapa komponen yang membentuk satu kesatuan dan mempunyai fungsi tertentu. Setiap alat berat terdiri dari banyak komponen, namun yang akan dibahas komponen yang sering mengalami kerusakan dan penggantian. Ada beberapa komponen yang juga terdapat didalamnya beberapa komponen kecil, misalkan engine yang mempunyai komponen didalamnya yaitu fuel injection pump, water pump, starting motor, alternator, oil pump, compressor, power steering pump, turbocharger, dan lain-lain..

 

III.1.Pengertian dan Alur Sistem bisnis Sparepart online




  1. Penentuan Target Pasar

       Individu: Seseorang yang melakukan service Spare Part kendaraannya pribadi.

       Rental motor dan mobil : Rental biasanya melakukan perbaikan kendaraannya saat sudah selesai dipakai sewa apalagi kendaraan tersebut menempuh jarak yang jauh mengakibatkan kerusakan pada komponen dan pergantian oli.

 

  1. Mencari tahu pemasok suku cadang (Distributor)

Langkah selanjutnya dalam mengawali usaha bengkel motor adalah mencari tahu pemasok suku cadang. Berikut caranya:

       Mendapatkan pemasok yang cocok sangat penting, mengingat bengkel motor tidak hanya untuk reparasi tetapi juga menjual suku cadang.

       Pilihlah pemasok dengan margin kompetitif dan kualitas yang baik, sehingga kita bisa mendapatkan banyak keuntungan dan tetap dipercaya konsumen.

       Hindari memilih reseller, karena biasanya harga dari reseller lebih tinggi dibandingkan dari pemasok suku cadang tangan pertama.

 

  1. Penyiapan Tempat dan izin usaha

 

Lokasi usaha sedikit banyak bakal mempengaruhi keberhasilan jangka pendek dari usaha bengkel atau toko Aksesoris dan Sparepart motor ini, sob. Hal ini dibutuhkan analisa dan langkah pengambilan keputusan yang tepat. Lokasi yang cocok untuk usaha ini adalah yang memiliki letak strategis secara ekonomi, yakni :

 

Lokasi usaha bengkel kalian harus mudah dijangkau, seperti di pinggir jalan raya dekat dengan daerah tinggal yang kebanyakan penduduknya adalah pekerja. Mereka akan cenderung ke bengkel dengan sedikit mempermasalahkan biaya.

Dan pastikan juga, bengkel kalian nantinya berada di daerah dengan jalan raya yang terdapat dua arah dan tanpa ada batas jalan di tengahnya, alias separator. Entah kalian sendiri merasa atau nggak, lebih pilih menyebrang daripada putar balik.

Dekat dengan pusat keramaian seperti pasar, Kampus, Perkantoran, Sekolah dll.

Tempat merupakan poin penting yang harus diperhatikan sebelum membuka usaha sparepart. Pilihlah lokasi yang berada di tempat yang sering dilalui masyarakat. Dan mempunyai luas yang sesuai Memang ada pertimbangan biaya sewa. Tetapi bagi pemula, usaha bengkel motor harus berada di lokasi strategis untuk menarik konsumen.

 

  1. Pemasaran dan Optimalisasi periklanan

Hal yang sangat penting ini adalah pemasaran dan menyiapkan strategi yang tepat, banyak pemula belum berhasil dalam menjalankan usaha karena strategi pemasaran yang buruk. Padahal dalam usaha atau bisnis itu ibarat perang yang membutuhkan strategi yang tepat agar bisa memenangkan peperangan itu. Banyak sekali pemasaran yang bisa dilakukan untuk toko atau bengkel kelian baik dengan internet atau melalui media konvensional. Lakukan promosi pada teman atau kerabat terdekat lebih dulu, setidaknya mereka lah yang akan membantu kalian untuk menyebarkan “berita” tersebut. Pemasaran juga salah satu poin yang penting dan terkoneksi antara lain, dikarenakan pemasaran ialah eksekusi dari rancangan poin sebelumnya dan, pemasaran mempunyai jangkauan dan model yang luas dan bisa dengan sarana yang tidak terbatas, oleh karena itu dalam toko thrifting harus mempunyai metode dalam pemasaran yang baik dan menjangkau masyarakat luas, dalam online shop ini menggunakan sarana online marketplace seperti Shopee,Tokopedia, dll. Untuk pengoptimasiannya bisa menggunakan FB Ads, Google ads, IG ads dan masih banyak lagi. Pemasaran bisa diartikan luas namun tujuan pemasaran ialah produk yang dijual dapat menjangkau masyarakat dan mendapatkan insight yang luas dan menaikkan penjualan produk. Untuk Poin ini tidak cukup hanya memasarkan namun harus menjaga ekosistem pasar dan interpretasinya.

 

III.BKELEBIHAN DAN KEKURANGAN PENJUALAN SPAREPART

 

  1. Kelebihan menjual Spare Part ready stock

Kelebihan:

       Pembeli akan lebih nyaman dengan efisiennya waktu pengerjaan yang cepat dan kepuasan pelanggan akan lebih baik karena tidak menunggu lama untuk barang yang tersedia maupun perbaikan yang dikerjakan.

 

Kekurangan

       Spare Part yang distock belum tentu dicari konsumen.

       Budget lebih karena melengkapi ketersediaan semua Spare Part.

 

  1. Hasil

Seperti yang dibahas di atas, Spare Part ready stock sangat berpeluang besar ditengah pasar yang banyak membutuhkan ketersediaan Spare Part tersebut, karena pandemi membuat pengiriman Spare Part ke dealer menjadi terhambat dan memakan waktu banyak. Penjualan di E-Commerce juga salah satu peluang besar dimana kita menjual produk Spare Part dengan gratis tanpa biaya gedung dan juga perawatannya.

 

 

 

Daftar Pustaka

 

Wiratno, S. (2012). Pelaksanaan pendidikan kewirausahaan di pendidikan tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(4), 454-466.

 

Wiratno, S. (2012). Pelaksanaan pendidikan kewirausahaan di pendidikan tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan18(4), 454-466.

 

Purnomo, M. (2015). Dinamika pendidikan kewirausahaan: pemetaan sistematis terhadap pendidikan, pengajaran dan pembelajaran kewirausahaan. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen)6(1).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.