Maret 31, 2022

Mengembangkan Kreatifitas dan Proses Kreatif

                            “Mengembangkan Kreatifitas dan Proses Kreatif”

                                     Oleh : Hendri Noviansyah Hadi (@U03-HENDRI)


Kreativitas bukanlah hal yang dibutuhkan oleh para pekerja seni saja. Semua orang sangatlah baik untuk menjadi kreatif untuk mengelola dan menjaga keseimbangan hidupnya.


Meningkatkan kreativitas juga diperlukan agar hidup semakin mudah dan juga membantu dalam menyelesaikan masalah baik dalam bekerja ataupun menjalankan hidup. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kreativitas tanpa batas!


1. Bergaul dengan Orang-Orang Kreatif


Bergaul dengan orang-orang yang kreatif bisa menjadi sarana yang baik untuk meningkatkan kreativitas. Anda bisa bergaul dengan orang-orang kreatif melalui komunitas-komunitas yang ada ataupun dengan orang di sekitar Anda. Manfaatkanlah waktu bersama orang-orang kreatif dengan menuangkan ide, bertukar pikiran, meminta saran maupun kritik untuk mendapat inspirasi-inspirasi dan gagasan yang baru.


2. Banyak Membaca


Membaca buku dipercaya menjadi aktivitas yang mampu meningkatkan kinerja otak. Dengan membaca, Anda akan memiliki kesempatan memperoleh informasi dan pengetahuan yang bermanfaat. Buku juga bisa menjadi gudang imajinasi dan inspirasi.


Ada banyak hal yang bisa Anda jadikan pelajaran ataupun inspirasi untuk berkarya. Otak juga dilatih untuk mengimajinasikan kata demi kata yang tertulis dalam buku. Selain itu, membaca juga melatih otak untuk lebih berpikir dan memecahkan masalah yang diberikan, terutama membaca cerita pada buku jenis novel ataupun cerita misteri.


3. Siap Sedia Notebook


Ide-ide kreatif bisa datang dan menghampiri kapan saja, tanpa mengenal waktu dan tempat. Anda tidak pernah tahu saat kapan ide-ide tersebut akan muncul dan mendatangi pikiran. Bisa saja saat bekerja, melamun, berbelanja, atau hadir dalam mimpi sekalipun. Untuk menampung ide-ide kreatif yang bisa datang kapan saja, sebaiknya selalu siap sedia buku catatan di dekat Anda.


Dengan menulis ataupun menggambarkan ide-ide kreatif secara tertulis tentunya akan memudahkan Anda untuk mengembangkannya di kemudian hari dan untuk mengantisipasi jika lupa akan ide yang muncul tersebut. 


4. Peka Terhadap Sekitar


Meningkatkan kreativitas bisa juga diperoleh dengan memperhatikan sekeliling Anda. Mulai sekarang, biasakan untuk peka terhadap apa yang terjadi di sekitar Anda. Jadilah orang yang peduli terhadap lingkungan dan lihatlah secara detail kejadian-kejadian di sekitar.


Belajarlah di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Jadikan segala yang dilihat dan dengar sebagai pelajaran dan inspirasi untuk mengembangkan kreativitas dalam diri. Lingkungan sekitar juga bisa menjadi guru yang baik untuk meningkatkan kreativitas. So, jangan batasi diri dan mulailah peduli dengan sekeliling Anda.


5. Have Fun! (Bersenang – Senang)


Otak tentunya akan bekerja lebih maksimal dalam suasana yang menyenangkan. Jika ingin kreativitas meningkat, usahakanlah untuk selalu senang dan bahagia. Kuasai diri Anda agar terhindar dari stres ataupun pengaruh-pengaruh negatif agar otak mampu bekerja secara maksimal.


Meningkatkan kreativitas tentunya sangatlah penting, terutama jika sering merasa kesulitan dalam menghadapi permasalahan saat bekerja ataupun dalam hidup sehari-hari. Cara-cara di atas bisa diterapkan untuk membantu meningkatkan kreativitas tanpa batas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar