Maret 15, 2022

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM KEWIRAUSAHAAN

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM KEWIRAUSAHAAN

Oleh : MUHAMMAD IQBAL (@U29-IQBAL)



A.   PENDAHULUAN

     Seiring perkembangan dan pesatnya persaingan dalam berwirausaha menuntut wirausahawan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan produk atau jasa yang dimilikinya dalam rangka menyelaraskan kebutuhan konsumen yang semakin beragam dan tanpa batas. Kreatif dan inovatif merupakan dua pengertian yang berbeda dalam definisinya namun kedua saling mempunyai hubungan. Kreatif tanpa inovatif tidak bisa berjalan dan begitu pula inovatif tanpa tanpa kreatif juga tidak bisa terealisasi. Jadi kreatif yaitu sebuah ide untuk menghasilkan sesuatu yang baru sedangkan inovasi itu bagaimana cara merealisasikan ide dari kreativitas tersebut. Jadi, bagi seorang wirausaha harus selalu mempunyai kreativitas dan inovasi untuk mengembangkan usaha yang di embanya. Karena jika sebuah usaha yang tidak disertai dengan kreativitas dan inovasi maka usahanya tidak akan pernah maju. Dikarenakan usaha mereka tertinggal dengan para pesaingnya. Maka, disini kami akan menjelaskan dan memaparkan apa itu kreativitas dan apa itu inovasi dan juga bagaimana kita bisa menjadi orang yang selalu mempunyai ide-ide baru.

PEMBAHASAN

B.   Pengertian Kreatif dan Inovasi

     Kreatif adalah kemampuan mengembangkan atau menciptakan ide dan cara baru yang berbeda dari sebelumnya. Sedangkan Pengertian Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan hal baru, barik berupa gagasan, karya nyata, dalam bentuk aptitude atau non aptitude, kombinasi dari hal yang telah ada atau relatif berbeda dari yang telah ada sebelumnya. Kreativitas merupakan naluri yang ada sejak lahir namun, kreativitas tidak dapat berkembang dengan sendirinya, tetapi membutuhkan rangsangan dari lingkungannya.

Ciri-Ciri Kreativitas

Terdapat beberapa ciri-ciri kreativitas antara lain sebagai berikut:

·         Memiliki rasa ingin tahu yang luas dan mendalam

·         Memiliki daya imajinasi yang tinggi

·         Selalu memberikan gagasan atau usulan terhadap suatu masalah

·         Melihat suatu masalah dalam berbagai sudut pandang Orisinal dalam ungkapan gagasan dan dalam pemecahan masalah

Inovasi adalah proses pembaharuan,pemanfaatan atau pengembangan dengan menciptakan hal baru yang berbeda dengan sebelumnya. Inovasi juga dapat diartikan penemuan baru dalam teknologi atau kemampuan dalam memperkenalkan temuan baru yang berbeda dari yang telah ada sebelumnya. Orang yang melakukan inovasi disebut dengan inovator. Inovasi harus lah bermanfaat bagi sang inovator atau orang lain.

Ciri-Ciri Inovasi
Terdapat 4 ciri-ciri inovasi antara lain sebagai berikut:

·         Memiliki ciri khusus

·         Memiliki unsur pembaharuan

·         Program inovasi melalui program yang terencana

·         Memiliki tujuan

 

 

C.   Cara mengembangkan kreativitas dengan inovasi wirausaha

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas. Berikut ini adalah hal yang dapat membantu mengembangkan kemampuan pribadi dalam program peningkatan kreativitas sebagaimana dikemukakan oleh James L.Adams (1986).

 

 

1.      Mengenali hubungan

Banyak penemuan dan inovasi lahir sebagai cara pandang terhadap suatu hubungan yang baru dan berbeda antar obyek, proses, bahan, teknologi dan orang. Seperti mencampurkan aroma bunga melati dengan air the kemudian dibotolkan menjadi the botol yang harum dan segar rasanya. Untuk membantu meningkatkan kreativitas, kita dapat melakukan cara pandang kita yang statis terhadap hubungan orang dan lingkungan yang telah ada. Di sini kita coba melihat mereka dengan cara pandang yang baru dan berbeda. Orang yang kreatif akan memiliki hubungan intuisi tertentu untuk dapat mengembangkan dan mengenali hubungan yang baru dan berbeda dari fenomena tersebut. Hubungan ini nantinya dapat memperlihatkan ide produk dan jasa yang baru. Sebagai contoh kita melakukan latihan dengan melihat hubungan antara kue coklat dan es krim vanili, atlet dan pelatih serta manajer dengan buruh.

2.      Mengembangkan perspektif fungsional.

Jika dikembangkan lebih lanjut, kita dapat melihat adanya suatu perspektif yang fungsional dari benda dan orang. Seorang yang kreatif akan dapat melihat orang lain sebagai alat untuk memenuhi keinginannya dan membantu menyelesaikan suatu pekerjaan. Misalnya sering secara tidak sadar kita menggunakan pisau dapur untuk memasang baut gara-gara palu yang kita cari tidak ditemukan. Cara lain kita harus memulainya dari cara pandang yang non konvenional dan dari perspektif yang berbeda. Sebagai contoh: cobalah sebutkan fungsi lain dari sebuah kursi, buku yang kita pegang dan lain-lain.

3.      Gunakan akal

Penelitian terhadap penggunaan fungsi otak pada bagian yang terpisah antara kiri dan kanan telah dilakukan sejak tahun 1950-an dan tahun 1960-an. Otak bagian kanan dipakai untuk hal seperti analogi, imajinasi dan lain-lain. Sedangkan otak bagian kiri dipakai untuk kerja seperti analisis, melakukan pendekatan yang rasional terhadap pemecahan masalah dan lain-lain. Meski secara fungsi ia berbeda, tetapi dalam pekerjaannya ia harus saling berhubungan. Proses kreativitas meliputi pemikiran logis dan analitis terhadap pengetahuan, evaluasi dan tahap implementasi. Jadi bila kita ingin lebih kreatif, kita harus melatih dan mengembangkan kemampuan kedua otak kita tersebut. Contoh latihan dapat kita buat sesuai dengan fungsi belahan otak.

4.      Hapus perasaan ragu-ragu

Banyak kebiaaan mental yang membatasi dan menghambat pemikiran kreatif. Sebuah studi menemukan bahwa orang dewasa hanya menggunakan 2-10 persen potensi kreativitas yang dimilikinya. Contoh : banyak orang memiliki kecenderungan membuat penilaian yang cepat terhadap sesuatu orang ataupun ide-ide.

D.   Penghambat kreativitas wirausaha

Menurut Kao(1989), ada beberapa hal yang dapat merintangi atau menghambat pemikiran kreativitas dilihat dari perilaku seorang wirausaha yaitu:

a)      Menganggungkan tradisi dan budaya yang dibuat

b)      Memperkecil ketersediaan sumber sumber yang dibutuhkan

c)      Lebih menekankan pada perilaku struktur birokrasi

d)     Menekankan pada nilai yang menghalangi pengambilan resiko

e)      Lebih menyukai spesialisasi

f)       Komunikasi yang lemah

g)      Mematikan sesuatu contoh

h)      System pengendalian yang kuat atau tidak lentur

i)        Menekankan denda atau hukuman atas kegagalan atau kesalahan

j)        Mengawasi aktivitas kreativitas

k)      Menekankan batas waktu

 

Melatih pemikiran kreatif melalui kegiatan

Menurut H.Ating Tedjasutisna(2004),cara melatih pemikiran kreatif adalah sebagai berikut:

a)      Membuat bungkus kado yang menarik dengan penuh hiasan baru dan model baru

b)      Membuat kue atau masakan dengan resep baru sebagai hasil eksperimen

c)      Menyusun batang korek api menjadi Gedung, piramida,mobil,motor dan sebagainya

d)     Membuat sepatu roda, yaitu gabungan sepatu dan roda

e)      Membuat patung burung garuda dari kayu bekas atau kayu yang sudah tidak terpakai

 

E.    KESIMPULAN

Dalam berwirausaha dibutuhkan duet atau kombinasi utama dari Kreativitas dan Inovasi guna menjadi pihak yang berbeda serta berciri khas demi bersaing dengan para kompetitor. Hasil dari hal tersebut ialah sebuah pemikiran "One Step Ahead" atau satu langkah didepan dari para pesaing. Hal ini tentu menjadi sebuah pedoman dan keseharusan bagi para wirausahawan agar Usaha yang dijalankan menjadi sukses dan terbranding dimata masyarakat.

Aktivitas bisnis sangat memerlukan orang-orang yang inovatif, kreatif dan cepat tanggap terhadap setiap perubahan. Para peneliti telah mengatakan bahwa kreativitas menyangkut keputusan-keputusan Anda tentang apa yang Anda inginkan dan bagaimana Anda melakukanmya dengan lebih baik. Jadi, urutan tersebut melibatkan sebuah proses, bukan hanya melihat hasil akhir yang diharapkan, sehingga kita tidak perlu merasa sangat terbebani untuk menjadi kreatif.

 

REFERENSI :

MODUL 2 KEWIRAUSAHAAN

https://ditawahyupermata.wordpress.com/ekonomi-pembangunan/inovasi-dan-kewirausahaan/mengembangkan-kreativitas-dan-inovasi/

https://himaprodiesystais.wordpress.com/2018/11/17/kreativitas-dan-inovasi-makalah/

https://www.academia.edu/36259319/MAKALAH_KREATIVITAS_DAN_INOVASI_DALAM_KEWIRAUSAHAAN

 

 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.