Maret 14, 2022

Mengembangkan SDM untuk mengembangkan Organisasi

 

Oleh : Pasca Fitri Pratama (@T19-Pasca)

Pendahuluan

Manusia merupakan asset yang berharga dalam sebuah organisasi. Mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aspek yang sangat penting dalam organisasi, oleh sebab itu manusia yang merupakan asset dalam organisasi harus diatur dan mengevaluasi agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan organisasi.

Salah satu cara agar perusahaan dapat berkembang adalah dengan mengembangkan SDM agar dapat terus menerus dapat menghasilkan SDM yang berkualitas dan kompeten dalam mengikuti perkembangan perusahaan, perkebangan teknologi dan perkembangan zaman.

Pengelolaan sumber daya manusia adalah sebuah proses perencanaan, pengendalian, pengarahan dan sebagai organisasi, pengembangan integrasi dengan maksud mencapai tujuan individu ataupun organisasi.

Pengembangan SDM adalah bukti dari usaha yang dilakukan untuk membentuk atau menghasilkan manusia yang berkualitas yang memiliki kemampuan, kompeten, terampil dan loyal terhadap organisasi.

Pembahasan



-       Manajemen SDM

Manajemen sumber daya manusia merupakan strategi pengelolaan tenaga kerja atau manusia itu sendiri yang berfungsi sebagai asset dalam organisasi untuk mencapai sebuah tujuan. Oleh sebab itu, Human Resource, Human Capital, atau Human Resouce & Development adalah departemen dalam sebuah organisasi (perusahaan) yang mendapatkan tugas untuk mengelola SDM tersebut.

Manajemen sumber daya manusia adalah salah satu fungsi manajemen yang memiliki focus pada potensi yang ada pada tiap-tiap manusia, sehingga potensi yang ada akan dimanfaatkan dan dikembangkan untuk mencapai tujuan organisasi.

Tujuan dari majemen SDM dalam organisasi adalah tak lain sebagai langkah selanjutnya ketika sudah mendapatkan tenaga kerja yang sudah memenuhi kualifikasi dalam suatu organisasi agar dapat terus mengejar dan lebih spesifik terampil, kompeten pada organisasi tersebut. Tidak ada yang instan dalam membentuk SDM yang berkualitas, terampil, kompeten, loyal, berdedikasi dan konsisten dalam pekerjaan serta dapat memberikan kontribusi lebih yang nyata bagi organisasi jika tidak dikembangkan.

.

-       Mengembangkan SDM

Rekrutmen, bermaksud untuk mencari manusia atau asset yang dinilai memenuhi syarat atau kualifikasi yang dibutuhkan oleh organisasi. Sehinga dapat mengisi posisi yang ada dan tepat dalam organisasi tersebut. Proses rekrutmen ini juga sebagai langkah penyeimbang dalam organisasi yang tentu terdapat beberapa manusia dengan karakter yang berbeda beda.

Seleksi, ketika sudah memiliki kandidat yang dinilai memiliki kualifikasi yang dibutuhkan, maka proses seleksi akan menentukan sesuai atau tidaknya, berhasil atau tidaknya seseorang dalam organisasi tersebut. Semisal seseorang dengan kualifikasi baik namun memiliki kekurangan di lain sisi maka statusnya akan dipertimbangkan.

Selain dengan rekrutmen dan seleksi, pengembangan SDM juga dapat melalui beberapa strategi lain yaitu :

1.    Pelatihan dan pembinaan . Pelatihan bertujuan untuk mengembangkan individu dalam keterampilan yang dimiliki, serta menggali potensi dan membentuk sikap yang sesuai dengan seorang professional, serta menambah wawasan dan pengetahuan manusia tersebut.

2.    Pendidikan. Dengan pendidikan, wawasan akan lebih terbuka dan manusia akan menjadi lebih siap menerima hal baru. Pendidikan memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan professional seseorang, dengan maksud pengembangan formal atau karir.

3.    Perubahan struktur atau sistem organisasi. Perubahan dimaksudkan untuk menyesuaiklan sistem dan prosedur organisasi untuk menghadapi ancaman ataupun adanya faktor eksternal.

Selain dengan hal tersebut diatas, pengembangan SDM juga dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

o   Memberikan kesempatan pada pegawai untuk mengutarakan ide atau pendapat, gagasan, masukan yang berhubungan dengan pengembangan organisasi.

o   Memberikan penghargaan kepada pegawai yang berprestasi atau berhasil merealisasikan idenya. Penghargaan merupakan salah satu bentuk apresiasi yang dapat meningkatkan moral seorang manusia (pegawai) baik si penerima penghargaan ataupun pegawai lain agar termotivasi, sehingga secara tidak langsung juga sebagai salah satu strategi pengembangan SDM.

 

-       Seberapa penting pengembangan SDM dalam mengembangkan organisasi?

Perusahan atau organisasi yang besar adalah organisasi yang berisi orang-orang yang kompeten dan terampil dalam bidangnya. Meskipun sebuah perusahaan atau organisasi dibekali dengan teknologi, alat-alat, sarana yang canggih namun jika SDM nya tidak berkompeten maka perusahaan tersebut tidak akan bergerak semestinya.

Pentingnya pengembangan SDM untuk mendukung organisasi dalam menghadapi perkembangan teknologi, persaingan yang semakin ketat menjadikan organisasi juga berlomba-lomba untuk membentuk SDM yang loyal terhadap organisasi tersebut.

Oleh sebab itu, pengembangan SDM sangat diperlukan untuk mengembangkan organisasi sehingga akan terus ada manusia yang kompeten dalam organisasi tersebut hingga akhir.

 

https://employers.glints.id/resources/6-model-manajemen-sumber-daya-manusia-sdm/

https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/peran-sdm-msdm-fungsi-manajemen-sumber-daya-manusia-adalah/

http://www.protenziaconsulting.com/news/bagaimana-sdm-menjadi-keunggulan-kompetitif-bagi-sebuah-organisasi/

https://www.kompasiana.com/ida66941/61bff4517a6d8805a94e4644/peran-manajemen-sumber-daya-manusia-dalam-organisasi

https://realitasonline.id/artikel/pentingnya-pengelolaan-msdm-pada-organisasi/

https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/peran-sdm-msdm-fungsi-manajemen-sumber-daya-manusia-adalah/#:~:text=Manajemen%20SDM%20bertugas%20mengevaluasi%20performa,pengadaan%20SDM%20pada%20suatu%20perusahaan.

https://pakarkinerja.com/cara-membuat-strategi-pengembangan-sdm/#:~:text=Pengembangan%20SDM%20merupakan%20usaha%20yang,tidak%20memenuhi%20kualifikasi%20yang%20dimaksud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.