Maret 24, 2022

MENGGALI POTENSI DIRI UNTUK MERAIH KEUNGULAN DAN KESUKSESAN DALAM KEWIRAUSAHAAN

 Oleh : Dikar Ardiyanto  - 41421010035 (@U50-DIKAR)


ABSTRAK :

                Potensi diri didefinisikan dengan kata sendiri , Oscar Wilde pernah mengatakan jadilah diri sendiri, karna diri orang lain sudah di ambil, walaupun seperti lelucon namun itu benar adanya. Menjadi diri sendiri itu sangat perlu dan menerima diri sendiri agar kita tahu potensi diri yag kita miliki, Sebagai bagian dari proses ini, renungkan juga hidup dan pilihan diri sendiri. Cobalah memikirkan hal-hal yang ingin dan tidak ingin dilakukan, dan sikapi sesuai dengan panduan. Belajar dari kesalahan akan membantu lebih dari yang mungkin telah diperkirakan sebelumnya. Keinginan menjadi “diri sendiri" adalah kalimat yang sering didengar atau bahkan diucapkan karena merasa hal yang kita lakukan sangat tidak nyaman, tetapi apakah sebenarnya arti dari kalimat ini?, arti kalimat ini adalah penjabaran tentang opini yang bisa membuka perbandingan diri tentang makna dari kalimat tersebut, Diri sendiri merupakan arti alamiah dan konseptual.

PEMBAHASAN :

Menggali potensi diri dapat Menemukan Jati Diri  dan definisikan dengan kata- kata diri sendiri. Jangan pernah berhenti mencari kelebihan diri. Kelebihan bisa berubah mengikuti waktu, dan dengan demikian definisi diri sendiri tentang diri sendiri pun berubah, tetapi jangan pernah berhenti mencari. Kelebihan bukan hanya untuk menyeimbangkan kekurangan, tetapi alasan utama untuk tidak membandingkan diri sendiri dengan diri mereka, bahwa mereka tidak bisa menerima ide baru, belajar dari orang lain, atau berkembang. Berkembang, seiring usia dan tahap kehidupan adalah bagian penting untuk menjadi diri sendiri dan sehat secara emosional dan keseluruhan. Dan merupakan kerangka acuan yang mempengaruhi manajemen diri terhadap situasi dan hubungan seseorang dengan orang lain. Rileks, jangan selalu mengkhawatirkan hal terburuk, khususnya di depan publik. Mereka akan tahu bahwa diri sendiri tidak sempurna dan ini juga membuat diri sendiri lebih tenang. Mampu menertawakan diri sendiri dan bersikap santai juga merupakan kualitas menarik.

Cara Menjadi Diri Sendiri Apa Adanya Apa yang dirasakan ketika berpura-pura menjadi orang lain? Mungkin kita merasa aneh, tidak santai, tidak bahagia, atau tidak menikmati hidup. Bukan tidak mungkin juga tidak memiliki banyak teman.Tentu saja, perasaan dan kondisi tersebut berkebalikan jika menjadi diri sendiri apa adanya. Sayangnya, merasa menjadi diri sendiri itu bukanlah hal gampang. Terlebih, tidak tahu harus dari mana memulainya. Jangan khawatir, kita bisa menjadi diri sendiri sehingga lebih bahagia dan lebih menikmati hidup. 

sumber : https://www.quipper.com

berikut 6 cara mengali potensi diri yang bisa dterapkan dalam kewirausahaan : 

  1. Terima diri sendiri apa adanya Jika Di selama ini berpura-pura menjadi orang lain karena menganggap diri banyak kekurangan, hentikan sekarang juga. Tarik nafas dalam-dalam, dan terima semua kekurangan tersebut sebagai bagian dari diri sendiri. Jangan mengeluh. Jangan marah. Jangan malu. Ingatlah, Tuhan menciptakan dengan segala.
  2. Kenali diri sendiri menerima segala kekurangan yang dimiliki mungkin menjadikan diri sendiri mampu mengenali diri sendiri. Jika sebaliknya, tidak masalah. Beberapa pertanyaan di bawah ini bisa membantu mengenali diri sendiri:
                    a.Apa kekuatan dan kelemahan diri sendiri? 
                    b.Apa yang disukai dan tidak sukai?
                    c.Bagaimana cara berinteraksi dengan orang lain? 
                    d.Apakah diri sendiri bahagia karena uang? 
         e.Hidup seperti apa yang benar-benar diinginkan? 
  3. Jadikan kekuatan diri sebagai identitas diri Dari menjawab beberapa pertanyaan di atas, besar kemungkinan akan tahu kekuatan diri sendiri. Nah, jadikan kekuatan tersebut sebagai identitas diri sendiri.
  4.  Fokus pada sasaran diri sendiri Cara lain untuk menjadi diri sendiri adalah berfokus pada sasaran diri sendiri.
  5. Cintai apa yang dikerjakan Saat berfokus mengejar sasaran, bisa saja dihinggai keraguan sehingga ingin kembali menjadi seperti orang lain. Hilangkan keraguan tersebut dengan mencintai apa yang di kerjakan.
  6. Jangan bandingkan diri sendiri dengan orang lain Seiring berjalannya waktu, diri kita akan meraih kesuksesan, entah itu kesuksesan kecil maupun kesuksesan besar. Syukuri kesuksesan tersebut, dan jangan bandingkan dengan kesuksesan orang lain. 

Dan Adapun beberapa Langkah mengambil keputusan dalam bisnis yang tepat agar tidak salah Langkah : 

  • Pahami Konteks Masalahnya 
Agar bisa mengambil keputusan yang tepat, pertama harus mampu memahami konteks masalahnya terlebih dahulu. Tentunya, keputusan dibuat saat ada perkara tertentu, kan? Nah, coba memahami perkara tersebut secara mendalam. Pikirkan dampak positif dan negatifnya, serta berbagai risiko yang mungkin terjadi.
  • Kumpulkan Data dan Lakukan Analisis bisnis

Jika ingin mengambil keputusan yang tepat, pastinya tidak boleh asal-asalan. Apalagi hanya menuruti ego semata. Wah, itu bisa membahayakan! Bisa-bisa menyesal karena tidak memikirkannya. Sebaiknya sebelum mengambil keputusan, kumpulkan data-data dulu yang mendukung permasalahan yang sedang hadapi.

  • Ambil Keputusan dengan Kepala Dingin, Bukan Secara Emosional

Untuk mengambil keputusan yang tepat, tidak bisa dilakukan secara emosional. Harus berada dalam kondisi tenang sehingga dapat berpikir logis. Oleh karenanya, sebisa mungkin hindari memutuskan sesuatu ketika sedang marah atau sedih. Itu membuat keputusan tidak rasional. Sebaiknya, tunggu hingga merasa baikan. Bila sudah tidak emosi, barulah ambil keputusan dengan kepala dingin. Dengan begitu, bisa berpikir secara jernih. Dalam mengambil keputusan yang didasari ego semata hanya akan menimbulkan penyesalan.

  • Pikirkan Risiko dan Keuntungannya 

Poin penting selanjutnya yang harus diperhatikan saat mengambil keputusan, yakni pikirkan antara risiko dan keuntungannya. Kira[1]kira jika mengambil keputusan itu, berapa persen risikonya dan berapa persen keuntungannya. Coba perkirakan lebih besar mana persentasenya. Apabila keuntungan lebih dominan daripada risiko, maka segeralah mengambil keputusan.Bertanggung Jawab atas Keputusan yang dibuat 

  • Bertanggung Jawab atas Keputusan yang dibuat

Ketika sudah membuat keputusan, maka harus berkomitmen dan bertanggung jawab atas keputusan tersebut. Bagaimanapun kondisinya, walau ternyata keputusan itu penuh risiko, jangan lari. Hadapilah! Tak perlu menatap ke belakang. Apa yang sudah terjadi ya harus dijalani. Yakinlah bahwa itu jalan yang terbaik untuk diri sendiri. 

 Hal penting yang harus diciptakan, untuk lebih percaya diri menjalani sebuah usaha, kita harus terus mengembangkan sikap-sikap positif wirausaha yang menunjang pertumbuhan bisnis kita, diantaranya selalu istiqomah dalam nilai-nilai kejujuran, keorisinilan, kesungguhan dan keunggulan diri yang akan memberi penguatan langsung pada karakter wirausaha yang diharapkan menjadi modal utama sebagai pelaku bisnis yang handal.. Disamping itu, keyakinan dan keteguhan pemikiran akan keberhasilan/sukses sebuah unit usaha yang dibangun akan memberikan panduan untuk mengiringi perjalanan sukses kita kedepan. Untuk menunjang keyakinan itulah, kita upayakan, pada saat merintis usaha, terutama pada saat menyusun konsep bisnis dan perencanaan usaha, sebaiknya dibuat perncanaan dan konsep yang jelas dan melakukan pendalaman konten produk/jasa yang benar-benar telah kita analisis dan telah dibuat perhitungan yang matang untuk menghurang resiko-resiko yang dapat mempengaruhi proses operasional usaha yang dijalani.

Kesimpulan :

Dalam menggali potensi diri tentunya kita harus mengenal diri kita sendiri agar kedepannya kita tahu harus berbuat apa, jadilah diri sendiri jangan keterkaitan pada orang lain jangan dengarkan kata orang lain karna mungkin itu juga yang bisa membuatmu tidak bisa me potensi dirimu bertindaklah sesuai kata hatimu bukan kata orang lain. untuk mengenali kelebihan dan kekurangan adalah kita harus mengintropeksi diri sendiri, tidak menganggap rendah orang lain, tidak menganggap dirinya paling hebat. Dengan cara untuk melakukan intropeksi diri, dan harus menerima semua kritikan yang bisa membangun kelebihan yang kita miliki. Wirausahawan yang sukses tidak bisa di capai dalam waktu yang singkat. Terdapat tahapan dan langkah untuk mencapainya.

Referensi : 

https://www.scribd.com/document/355777835/Potensi-Diri-Dalam-Kewirausahaan

https://entrepreneurcamp.id/cara-mengembangkan-potensi-diri-dalam-berbisnis/

https://opop.jabarprov.go.id/menggali-potensi-diri-untuk-lebih-percaya-diri-menjadi-wirausaha/

https://media.neliti.com/media/publications/22925-ID-pentingnya-penilaian-potensi-diri-wirausaha-sebagai-pondasi-untuk-mensukseskan-p.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.