Maret 31, 2022

MERINTIS BISNIS DIGITAL DI KONTEN KREATOR

 OLEH : RIUSMAWATI PUTRI M (@T21-PUTRI)

 

Content creator adalah orang yang berprofesi membuat konten, termasuk konten untuk tujuan promosi bisnis.

Konten yang dihasilkan oleh seorang content creator bisa dalam bentuk artikel, video, ebook, infografik, foto, dan lain lain. Anda bisa menggunakan konten tersebut untuk diposting di beberapa media seperti blog, email, media sosial, YouTube, dan TikTok.

Seorang content creator akan membuat konten sesuai dengan tujuan pembuatan konten. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menjelaskan strategi pemasaran yang akan Anda lakukan dan konten yang ingin diciptakan. Katakanlah, Anda ingin meningkatkan brand awareness di media sosial. Jadi, konten yang dibuat sebaiknya sesuai tujuan yaitu berisi berbagai informasi menarik tapi relevan. 

Dengan keahlian yang dimiliki, seorang content creator dapat membantu Anda dalam menjalankan strategi digital marketing. Sebab, dengan konten berkualitas yang tepat sasaran akan lebih mudah untuk memasarkan suatu produk. 

Ada beberapa alasan mengapa Anda membutuhkan content creator untuk keperluan promosi bisnis. Terutama buat Anda yang mengandalkan strategi content marketing. Simak penjelasannya berikut ini!

1. Memudahkan Membuat Konten Menarik

Dalam menjalankan strategi content marketing, Anda membutuhkan konten yang menarik dan berkualitas. Konten juga perlu memenuhi beberapa aspek, seperti SEO, target audiens, dan lainnya. Tak heran, faktanya 65% perusahaan mengatakan kesulitan dalam memproduksi konten yang menarik. 

Namun, dengan bantuan peran content creator, Anda dapat memproduksi konten menarik secara konsisten. 

2. Membangun Konsistensi Branding

Seorang content creator mampu merealisasikan strategi dalam bentuk karya-karya yang unik dan menarik. Misalnya, dalam penggunaan font, warna, dan tone yang tepat sesuai dengan brand image Anda.  

Salah satu contohnya adalah konten promosi jam tangan Rolex. Mereka memposting foto tiga pemain golf tahun 1967 yang menjadi partner sponsornya. Di tengah gempuran hal-hal yang serba modern, mereka memilih tetap mempertahankan citra klasiknya. 

Di postingan foto lainnya, foto memiliki kesan simple dan minimalis.Mereka juga menghindari kesan gaya yang terlalu modern untuk mempertahankan brand image yang mereka miliki. 

Dari situ, seorang content creator sangat berperan penting untuk menciptakan dan mempertahankan branding yang dimiliki sebuah bisnis. 

3. Membantu Anda Tampil sebagai Expert

Konten yang relevan dan bermanfaat dapat membantu pelanggan mengenal Anda sebagai ahli di bidangnya. Dengan konten-konten tersebut, bisnis Anda pun semakin dipercaya oleh pelanggan. 

Dalam hal ini, peran content creator akan sangat membantu Anda menciptakan konten yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 

Tak hanya itu, mereka juga dapat membantu Anda untuk menanggapi atau menjawab pertanyaan dan ulasan pelanggan pada channel marketing Anda dengan tepat. 

4. Mengelola dan Membuat Strategi Konten

Membangun konten yang konsisten membutuhkan strategi dan perencanaan yang tepat. Ada beberapa langkah dalam membangun konten yang baik. 

Anda perlu mengetahui siapa target pasar Anda, apa kebutuhan target pasar Anda, serta kapan mempublish konten tertentu. Sebagai contoh, target pasar Anda seorang pemula yang ingin belajar bisnis online, maka konten perlu dibuat mudah dipahami dan dipelajari. 

Nah, content creator dapat memudahkan Anda dalam melakukan proses ini. Anda jadi mudah mencapai tujuan pemasaran karena pembuatan konten sesuai dengan perencanaan yang tepat. 

5. Membantu Konten Anda Lebih Mudah Ditemukan 

Untuk mencapai tujuan content marketing, Anda membutuhkan beberapa strategi SEO, seperti penggunaan kata kunci, kualitas konten yang baik, dan lainnya. Jadi, selain membuat konten yang menarik, Anda juga perlu menerapkan optimasi SEO pada konten Anda.

Untungnya, peran content creator dapat membantu Anda membuat konten yang tak hanya menarik tetapi juga SEO friendly. Jadi, konten Anda bisa lebih mudah muncul di ranking satu pencarian Google. 


5 Kriteria Content Creator yang Baik 

Sebelum bekerja sama dengan content creator, Anda perlu mengetahui beberapa kriteria untuk memilih mereka sebagai rekan bisnis yang baik. Simak penjelasannya berikut ini. 

1. Memiliki Ide-Ide yang Kreatif 

Konten menarik dan orisinil biasanya lahir dari ide-ide kreatif. Tak hanya menarik, konten juga perlu sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Dengan begitu promosi konten yang Anda buat bisa sukses sesuai target.  

Untuk itu, penting sekali seorang content creator perlu memiliki kreativitas yang baik. 

2. Mempunyai Kemampuan Riset yang Baik 

Hasil konten yang baik bisa didapatkan melalui banyak cara, salah satunya dengan melakukan riset. Langkah ini akan membuat konten Anda sesuai dengan yang dibutuhkan target pembaca. 

Oleh sebab itu, seorang content creator perlu memiliki kemampuan riset yang baik. 

Ada banyak cara untuk bisa melakukan riset. Salah satunya melalui tools Google seperti Google Trends, Google Analytics, dan lainnya. 

3. Menguasai Tools Pendukung

Skill dan pemahaman yang baik perlu didukung oleh tools pendukung agar hasil karya lebih maksimal. Misalnya, dalam pembuatan video marketing, dibutuhkan penguasaan tools editing video untuk menghasilkan video yang baik. 

Seorang content creator setidaknya juga mampu menguasai beberapa tools analytics seperti Google Analytics untuk memantau, mengevaluasi, dan memaksimalkan kinerja konten. 

4. Kemampuan Komunikasi Baik 

Selain kemampuan membuat konten, seorang content creator juga perlu kemampuan berkomunikasi yang baik. Skill ini penting supaya tidak terjadi miskomunikasi dalam berkoordinasi dengan Anda. Jadi, project yang Anda jalankan bisa berjalan dengan baik. 

5. Memahami SEO 

Seorang content creator juga harus memahami teknik SEO supaya strategi content marketing berjalan maksimal. Teknik SEO dapat membantu konten lebih mudah dijangkau oleh banyak orang. 

Peran content creator sangat dibutuhkan dalam strategi marketing bisnis Anda. Mulai dari membantu Anda menghasilkan konten yang menarik, membangun konsistensi branding, hingga membuat konten lebih mudah ditemukan. 

Sebagai pembuat konten, tentu perlu memiliki kemampuan menghasilkan konten yang baik, komunikasi yang baik, hingga pemahaman SEO yang baik supaya tujuan digital marketing Anda sukses. Semua ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan kesuksesan bisnis.

 

https://www.niagahoster.co.id/blog/content-creator-adalah/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar