Maret 10, 2022

Peluang Generasi Muda Dalam Menjalankan Kewirausahaan

 Peluang Generasi Muda Dalam Menjalankan Kewirausahaan

Oleh: Jess Gian Aristo (@U10-Gian)

ABSTRAKSI  

Era digital telah memberikan dampak bagi perkembangan kehidupan, diantaranya adalah kehidupan dunia usaha (bis nis). Tanpa modal besar dan tempatpun orang bisa menjalankan usaha dengan memanfaatkan teknologi melalui medi a sosial. Market place akan terbentuk dengan mudah melalui pemanfaatan teknologi tersebut. Fenomena ini disikapi  dengan maraknya orang berbisnis online, tidak terkecuali di kalangan generasi muda. Jika di rumah saja dengan berb isnis online mereka dapat menghasilkan income, maka ini akan menjadikan mereka tidak akan berpikir untuk berbur u menjadi PNS maupun urban ke kota atau ke luar negeri untuk mengais rejeki. Tentu saja ini berdampak pada terangkatnya perekonomian. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji strategi menguatkan perekonomian melalui peran tekn ologi digital dalam menciptakan peluang bisnis bagi generasi muda untuk berwirausaha.  

PENDAHULUAN  

Dampak era digital telah memberikan perubahan pula pada dinamika kehidupan, diantaranya adalah dinamika kehid upan dunia usaha (bisnis). Ini tak dapat dipungkiri karena era tersebut membuat akses peluang usaha akan lebih mud ah dan cepat. Tanpa modal besar dan tempatpun orang bisa menjalankan usaha dengan memanfaatkan teknologi digi tal baik melalui facebook, instagram, website maupun media sosial lainnya. Market place akan terbentuk dengan lebih mudah melalui pemanfaatan teknologi tersebut.Jika sebelumnya untuk meraih pangsa pasar para pelaku bisnis harus jemput bola menggunakan berbagai strategi pe masaran yang efektif, kali ini hanya berbekal alat digital saja mudah meraih pasar.  

PEMBAHASAN :  

ERA DIGITAL DAN PELUANG BISNIS  

Era digital tidak dapat dilepaskan dari era perubahan, karena menurut Hussey (2000:6) terdapat 6 faktor yang menja di pendorong bagi kebutuhan akan perubahan, yaitu:  

1. Perubahan teknologi terus meningkat  

Sebagai akibat perubahan teknologi yang terus meningkat, kecepatan penyusutan teknologi menjadi semakin mening kat pula. Perkembangan baru ini mengakibatkan perubahan ketrampilan, pekerjaan, struktur dan seringkali juga buda ya. Dengan demikian sumber daya manusia harus selalu mengikuti perkembangan teknologi agar tidak tertinggal. Su mber daya manusia tidak boleh gagap teknologi.  

2. Persaingan semakin intensif dan menjadi lebih global  

Dalam dunia yang semakin terbuka terjadi persaingan yang semakin tajam dengan cakupan lintas Negara.  

3. Pelanggan semakin banyak tuntutan Dalam hal ini pelanggan tidak mau menerima layanan yang jelek atau kualita snya rendah.  

4. Profil demografis negara berubah Perkembangan demografis akan sangat berpengaruh terhadap pola kebutuhan m asyarakat. Oleh karena itu dunia usaha harus mampu menangkap kecenderungan tersebut.  

5. Privatisasi bisnis milik masyarakat berlanjut  

Privatisasi bisnis semakin luas dimana monopoli yang dimiliki sekelompok masyarakat tertentu menjadi hilang.  

6. Pemegang saham minta lebih banyak nilai  

Pengaruh pasar uang pada tuntutan terhadap kinerja korporat menciptakan tekanan untuk dilakukan perbaikan secara terus menerus pada pertumbuhan kapital dan pendapatan korporat.  

GENERASI MUDA YANG BERWIRAUSAHA  

Tidak dapat dipungkiri generasi muda adalah generasi masa depan bangsa. Generasi yang diharapkan sebagai agent  of change bagi suatu negara menuju negara yang kompetitif. Tentu saja menghadapi era perubahan saat ini dituntut p eran sumber daya manusia yang mampu menghadapi dinamika persaingan. Generasi muda sudah sepatutnya turut an dil menangkap peluang bisnis dari era perubahan tersebut. Sebagai generasi yang produktif tentunya hal mudah bagi  generasi muda dalam mengakses era teknologi dan itu merupakan kesempatan emas untuk menjadi wirausaha. 


PENUTUPAN  

Teknologi digital telah memberikan peluang bagi terbangunnya wirausaha pada generasi muda. Dengan

memanfaatk an media sosial mereka dapat menjalankan bisnis dan mempunyai penghasilan sehingga dapat mencukupi kebutuhan mereka sendiri. Generasi muda yang menjadi entrepreneur menunjukkan turut andilnya mereka dalam pencapaian p erekonomian yang tangguh. Penelitian ini memberikan rekomendasi, agar perekonomian masyarakat terangkat sebaiknya ada program pelatihan melek teknologi pada generasi muda khususnya di pedesaan. Tujuannya agar generasi m uda pedesaan juga melek teknologi yang dampaknya pada semakin banyaknya wirausaha, perekonomian juga terangkat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.